Pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry Dianggap Tidak Sah?

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Sumber :
  • Youtube The Royal Family

VIVA – Meski telah dikaruniai anak, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle ternyata kini menjadi sorotan. Pernikahan keduanya dianggap tak resmi. Bahkan, Harry dan Meghan mengaku melangsungkan pernikahan rahasia. 

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?

Menurut sumber, pernikahan yang dilakukan Pangeran Harry dan Duchess of Sussex dianggap hanya pertukaran sumpah dan bukan upacara pernikahan yang sah secara hukum seperti yang mereka bicarakan. 

Pangeran Harry dan Meghan menyarankan agar mereka dinikahkan di taman belakang oleh Uskup Agung Canterbury tiga hari sebelum pernikahan dongeng mereka yang di perlihatkan oleh banyak orang. Dalam wawancaranya dengan pembawa acara bincang-bincang Oprah Winfrey, Meghan mengatakan bahwa pernikahan di Kapel St George di Kastil Windsor pada 19 Mei 2018, adalah "tontonan bagi dunia".

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Namun, pasangan tersebut mengklaim bahwa mereka memutuskan untuk memiliki momen pribadi mereka sendiri dan menikah di taman privat mereka beberapa hari sebelumnya.

“Tiga hari sebelum pernikahan, kami menikah. Sumpah yang telah kami buat, Kami menelepon Uskup Agung, dan kami hanya berkata, 'Lihat, benda ini, tontonan ini untuk dunia, tapi kami ingin persatuan di antara kami. Upacara itu hanya kami berdua di halaman belakang kami dengan Uskup Agung Canterbury," kata Meghan. Selengkapnya soal pernikahan Harry dan Meghan di halaman berikut.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Klaim The Duchess itu menimbulkan pertanyaan tentang legalitas pernikahan mereka yang sebenarnya di Kapel St George, yang digambarkan kepada dunia sebagai upacara resmi.

Menyusul siaran wawancara di jaringan Amerika CBS pada Minggu malam, sumber di Gereja Inggris dan mereka yang bekerja untuk Meghan bergerak untuk mengklarifikasi bahwa sumpah yang dipimpin oleh Pendeta Justin Welby di taman bukan merupakan pernikahan yang sah. Sebaliknya, pernikahan hanyalah pertukaran sumpah pribadi antara pasangan saja. Mereka hanya ingin menandai momen itu dengan upacara intim mereka sendiri, jauh dari mata dunia.

Sumpah antar pribadi itu terjadi di sebuah taman kecil di Nottingham Cottage, properti dengan dua kamar tidur di halaman Istana Kensington tempat keluarga Sussex tinggal pada saat itu.

"Itu adalah hal kecil tapi sesuatu yang ingin mereka lakukan di antara mereka sendiri," kata salah satu sumber seperti dikutip laman SMH.  "Mereka bertukar sumpah di hadapan Uskup Agung dalam upacara pribadi dan intim, tetapi pernikahan resmi mereka dilakukan pada hari pernikahan kerajaan." Seperti apa syarat pernikahan yah sah? Cek di halaman berikutnya.

Sesuai dengan aturan Church of England, bahwa pernikahan harus dilangsungkan oleh seorang anggota klerus di gereja, atau di tempat yang ditentukan dalam izin khusus, seperti katedral, kapel, atau rumah sakit, dan dihadiri oleh dua orang saksi. 

Namun, sumber lain meragukan apa yang dibicarakan pasangan itu. Mengadakan pernikahan rahasia hanya beberapa hari sebelum mereka bertukar sumpah di televisi langsung kepada penonton di seluruh dunia, mengatakan bahwa Uskup Agung mungkin hanya berdoa bersama mereka.

Uskup Agung tidak mengomentari masalah pribadi atau pastoral, dan selalu menjaga kepercayaan Duke dan Duchess of Sussex.

Lebih dari 17 juta orang Amerika telah menonton wawancara dalam YouTube Oprah Winfrey dengan Pangeran Harry dan Meghan.

Laporan: Aufa Prasya Namyra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya