Kisah Raditya Oloan, Bangkit dari Pencandu Narkoba Jadi Pendeta

Joanna Alexandra dan Raditya Oloan.
Sumber :
  • Instagram @joannaalexandra

VIVA –  Suami dari aktris Joanna Alexandra, Raditya Oloan meninggal dunia pada hari Kamis, 6 Mei 2021. Radit meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit yang diidapnya. 

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Semasa hidup, Radit dikenal sebagai seorang pendeta yang selalu memberi motivasi dan hal-hal baik kepada banyak orang. Tak jarang, Radit mengunggah video yang berisi nasihat-nasihat baik ke Instagram pribadinya.

Baca: Sebelum Meninggal Dunia, Kondisi Raditya Oloan Memprihatinkan

Salah satunya adalah dalam video yang diunggah Radit pada tanggal 1 April 2021. Dalam video itu, Radit bercerita mengenai kehidupan masa lalunya yang sempat menjadi seorang pecandu. 

Pendeta Gilbert Lumoindong Kembali Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Penistaan Agama

Ketika hidupnya sedang berada di bawah, Radit merasa bersyukur karena ada orang-orang yang memberi harapan positif, sehingga ia mampu berubah menjadi orang yang lebih baik.

“Jangan kasih titik, kalau Tuhan mau kasih koma. Lu lihat orang ini (dirinya yang dulu seorang pecandu) sama orang ini (dirinya saat ini seorang pendeta) adalah orang yang sama. Tetapi ketika hidup gua lagi hancur, ada orang-orang yang gak kasih titik di hidup gua dengan bilang ‘ini gak punya masa depan, ini gak layak, ini sampah,” kata Radit dikutip VIVA, Jumat, 7 Mei 2021.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

“Tapi ada orang-orang yang kasih koma, ‘walapun kamu lagi hancur, walapun kamu lagi gagal, tapi aku percaya sama kamu, aku bangga sama kamu, aku yakin sama kamu, kamu bukan sampah’. Sering kali kita kasih titik sama hidup orang tapi Tuhan mau kasih koma, jadi yang bikin orang mati sering kali bukan Tuhan, tapi kita yang gak mau terima mereka apa adanya,” kata Radit menambahkan.

Radit berterima kasih kepada orang-orang yang telah memberinya harapan positif, keyakinan, dan cinta kasih. Sehingga ia mampu menjadi orang yang lebih baik.

“Gua bersyukur banget ada orang-orang yang kasih koma, dan setelah koma mereka kasih keyakinan, penerimaan, dan cinta kasih, sehingga gua ada hari ini, thank you banget,” kata Radit.

Kemudian, di tanggal 31 Maret, Radit juga mengunggah video yang menampilkan dirinya tengah memberi pesan positif. Berkaca dari pengalamannya, Radit mengajak orang-orang untuk menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

“Buat lo yang masih mikir bahwa lo gak pernah bisa berubah, buat lo yang mikir kayak ‘sudah lah, hidup gua sudah kayak sampah’. Nih lu lihat ya (memperlihatkan potret kehidupan Radit di masa lalu. Lalu memperlihatkan potret kehidupan Radit di masa sekarang yang bahagia),” kata Radit.

Radit mengaku bahwa dulu dirinya juga sempat berpikir tidak akan pernah bisa berubah. Namun ternyata, pemikiran tersebut salah, Radit akhirnya bisa bangkit dan menjalani hidup dengan lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya