Cara Menjadi Artis Remaja Indonesia dan Artis Korea

Amanda Manopo, Ayu Ting Ting dan Arya Saloka
Sumber :
  • IG @ayutingting92

VIVA – Artis atau publik figur merupakan orang yang bekerja dalam dunia entertainment. Artis menjadi sorotan utama bagi masyarakat.

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

Banyak di antara kita yang menginginkan menjadi artis, namun tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan. Cara menjadi artis sangatlah butuh proses yang panjang. Jika ada yang menjadi artis dadakan, biasanya ketenarannya hanya sesaat.

Lantas, enak enggak sih jadi artis? Bagaimana proses dan cara menjadi artis?

Terungkap Kelakuan Ayu Dewi di Rumah, Ternyata Aslinya Begini

Sebelum membahas tentang cara menjadi artis, kamu harus tahu terlebih dahulu arti atau makna dari artis. Kata artis diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu ‘artist’ yang berarti seniman.

Namun, kata artis sudah melekat pada masyarakat Indonesia, bukan seniman. Kata lain dari artis, yaitu selebriti. Artis dan selebriti memiliki makna yang sama, yaitu seorang figur publik yang bekerja sebagai seniman yang kerap muncul di layar kaca televisi.

Heboh Kasus Korupsi Rp3.000 T dari Rafael Alun yang Mengalir ke 25 Artis, Begini Faktanya

Menjadi artis tidaklah mudah seperti yang banyak orang bayangkan. Kemampuan yang dimiliki juga perlu diadu oleh calon artis lainnya. Seperti casting film, banyak orang-orang berbakat beradu akting di sana.

Seorang artis juga harus memiliki karakteristik agar mudah dikenal oleh masyarakat. Tidak harus cantik dan tampan saja, namun ia harus memiliki karakter dan kemampuan lain untuk bisa memikat hati pemirsa.

Sebutan artis tidak hanya untuk pemain film, ftv atau sinetron. Seorang penyanyi juga bisa disebut artis, karena mereka menampilkan suara indah yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Secara garis besar, artis identik dengan orang yang percaya diri, memiliki kemampuan, karakter yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Karena tugas seorang artis adalah menghibur audiens.

Cara menjadi artis remaja Indonesia

Mereka yang berbakat, memiliki tingkat percaya diri yang tinggi, berkeinginan untuk menjadi seorang artis. Menjadi artis remaja mungkin sebagian mimpi dari para remaja yang ingin menunjukkan bakatnya seperti akting, nyanyi atau pun modelling.

Tidak hanya gelar sebagai artis saja, namun pekerjaan artis akan berdampak positif untuk perekonomian dan juga ruang lingkup masyarakat. Tidak sedikit juga dari mereka yang ingin menjadi artis ingin menunjukkan kepada mereka yang meremehkan kemampuan yang ia miliki.

1. Daftar agensi

Photo :
  • Pixabay.com

Tidak hanya anak saja yang ingin menjadi artis, namun para orangtua juga ikut andil dalam menentukan masa depan anaknya dengan mendaftarkan anaknya khursus akting, dance atau menyanyi.

Biasanya di tempat kursus tersebut juga menyediakan agensi artis agar lebih mudah untuk mengikuti casting. Dengan mendaftarkan di manajemen artis, maka akan dipermudah untuk mendaftarkan berbagai kompetisi, casting untuk menuju menjadi artis.

Mendaftar di manajemen artis juga memerlukan uang cukup karena tidak semata gratis.

2. Terima peran figuran

Photo :
  • Instagram

Jangan pernah memandang rendah pemeran figuran. Karena kesuksesan berawal dari proses yang panjang dan juga hoki. Siapa yang tidak mengenal pemain sinetron yang sangat digandrungi para kaum hawa yang satu ini, Arya Saloka?

Siapa sangka, Arya Saloka merintis awal kariernya sebagai seorang pemeran figuran. Namun, kini ia patut berpuas diri karena telah dikenal masyarakat luas dan mendapatkan pemeran utama di sebuah sinetron Indonesia yang sukses.

3. Magang bersama artis

Jika kamu seseorang yang percaya diri dan pekerja keras, kamu boleh mengajukan sebagai asisten artis. Kamu bisa cari informasi artis tersebut lewat media sosial atau pun lewat manajemen artis.

Hal ini supaya kamu terbiasa dengan dunia artis. Kalau kamu mendapatkan artis yang humble, maka impian menjadi artis akan semakin dekat. 

4. Jadi penonton bayaran

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Ada yang bilang penonton bayaran itu alay, ngapain sih? Jangan salah, penonton bayaran juga bisa jadi artis loh. Mpok Elly Sugigi dulunya juga seorang penonton bayaran, namun kini ia sering terlihat di layar kaca.

5. Audisi

Photo :
  • Tangkapan layar/https://www.instagram.com/indonesianidolid/

Buat para remaja yang memiliki kemampuan dan karakter, namun tidak memiliki uang yang cukup untuk mendaftar di manajemen artis, cara ini cukup mudah diikuti dan tidak membutuhkan biaya.

Hanya perlu bermodalkan niat dan ongkos menuju lokasi audisi. Audisi yang sering digelar yaitu audisi pencarian bakat seperti menyanyi, stand up comedy, boyband atau girlband dan modelling.

Jika kamu mempunyai ketertarikan mengikuti audisi, kamu wajib melihat program dan televisi mana yang menyelenggarakan audisi. Biasanya audisi ini diikuti oleh ribuan peserta. Dan kamu akan mendapatkan teman dan pengalaman baru.

6. Aktif di media sosial

Photo :
  • instagram.com/rahmawatikekeyiputricantikka23/

Sekarang ini media sosial sangat menjanjikan dan bisa mendapatkan cuan hanya dengan aktif menjadi penggunanya. Tidak hanya mendapatkan uang dari endorse, namun juga dikenal masyarakat luas.

Itu karena cakupan media sosial sangat luas sehingga akan cepat tersebar. Banyak figur publik yang namanya melambung karena aksi di media sosial, seperti Awkarin, Kekeyi, Keanu dan masih banyak lagi.

Media sosial menjadi salah satu tempat untuk content creator muda yang memiliki kemampuan untuk memikat audiens. Platform yang biasa digunakan untuk para content creator menyalurkan bakatnya atau pun memberikan sebuah motivasi kepada audiens yaitu YouTube, Instagram dan TikTok.

Namun, dalam pembuatan konten harus rajin-rajin mengunggah karya. Jangan bermalas-malasan agar karier mengejar kamu.

7. Model

Photo :
  • istimewa

Buat kamu yang suka modelling, mulai dari sekarang tekuni bakat ini. Karena seorang model bisa mengantarkan kamu menjadi seorang artis papan atas.

Namun, untuk menjadi seorang model harus memiliki syarat-syarat tertentu, seperti postur tubuh ideal dan memiliki wajah yang rupawan.

8. Portofolio

Photo :
  • Pixabay.com

Yang satu ini bisa digunakan untuk melamar langsung ke agensi atau manajemen artis. Lamaran ini berbentuk portofolio berisi jejak digital dunia seni dan juga biodata diri secara lengkap.

Biasanya lamaran tersebut berbentuk potongan-potongan portofolio video. Tampilkan kemampuan terbaik kamu jika ingin melamar lewat agensi.

Cara menjadi artis Korea

Photo :
  • VINE Entertainment

Untuk menjadi artis tidaklah gampang. Butuh proses dan kesabaran untuk meraih sebuah impian. Dengan kerja keras dan tekad yang tinggi, akan membuahkan hasil yang maksimal.

Orang Indonesia yang berhasil menjadi artis Korea atau anggota girlband Secret Number adalah Dita Karang (Anak Agung Ayu Puspita Aditya Karang). Wanita Kelahiran Yogyakarta 25 Desember 1996 ini berhasil mewujudkan cita-citanya sebagai seorang dancer sekaligus penyanyi di Korea Selatan.

Sebelum tergabung dalam girlband Secret Number, ia menjadi trainee VINE Entertainment di Negeri Ginseng. Lalu, bagaimana caranya agar bisa menjadi artis korea?

1. Kembangkan keterampilan

Korea terkenal dengan musik K-pop-nya. Jika kamu suka menari dan menyanyi, kamu perlu ikut kursus untuk mengasah bakatmu lebih dalam lagi.

Pelajari berbagai macam jenis tarian, terutama tarian hip hop dan urban. Pelajari pada saat di kelas, lalu aplikasikan di rumah. Jangan lupa untuk terus latihan setiap hari.

2. Cari guru les musik

Meski kamu sudah mahir menyanyi, tapi masih banyak hal baru yang perlu kamu pelajari dari pelatih vokal. Tidak hanya teknik menyanyi saja yang perlu dipelajari, namun pengaturan napas juga perlu dilatih.

3. Belajar menyanyi rap

Sebagai seorang entertainer apalagi dalam girlband atau boyband Korea, kamu harus memiliki banyak genre musik dalam menyanyi. Menyanyi rap merupakan aspek penting dalam gaya hidup K-pop.

Dengarkan lagu-lagu rap untuk mengenal ritmenya dan pelajari teknik vokal dan gaya bernyanyinya. Jika kesulitan mengucapkan lirik lagu Korea, lakukan tongue twister.

4. Belajar menulis lagu dan menyanyikan lagu Korea

Saat audisi, kamu harus menyanyikan lagu populer yang berbahasa korea, agar produser mengenal lagunya. Tetapi saat menjadi trainee, kamu juga diwajibkan untuk belajar menulis lagu dan membuat koreografi tarian.

5. Pelajari norma dan standar kecantikan sesuai dengan budaya Korea

Meskipun trainee tidak hanya warga Korea saja, namun sebagian besar audiens-nya adalah orang Korea. Pelajari kebudayaan Korea agar kamu mengetahui banyak hal tentang kebudayaannya.

6. Pelajari bahasa Korea

Kamu diwajibkan untuk bisa dan fasih berbahasa Korea, karena nantinya kamu agar berhadapan dengan banyak orang dan menggunakan bahasa Korea.

7. Pertahankan berat badan ideal dan jaga kebugaran tubuh

Terlihat dari banyaknya penyanyi Korea, girlband maupun boyband memiliki badan yang ramping. Beberapa produser merekrut personel yang sangat langsing, namun ada juga beberapa dari produser menerima trainee yang tidak begitu langsing. Yang terpenting tetap menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.

8. Ikut audisi untuk jadi trainee

Tips yang terakhir yaitu mengikuti audisi. Cari Informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang mengadakan audisi. Jangan pernah menyerah jika gagal audisi. Karena kesuksesan berawal dari kegagalan.

Itulah beberapa tips dan cara untuk menjadi artis remaja, dan cara menjadi artis Korea. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu yang ingin menjadi seorang figur publik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya