Sosok Wan Abud, Dari Pengejar Putri Duyung sampai Semboyan Khas

Wan Abud.
Sumber :
  • Twitter @Generasi90an

VIVA – Kabar duka datang dari dunia selebriti Tanah Air. Fuad Alkhar atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Wan Abud meninggal dunia pada Jumat, 18 Juni 2021. Kabar tersebut tersebar di aplikasi pesan kalangan peliput.

Ibunda Tangmo Nida Yakin Kematian Putrinya Penuh Kejanggalan

"Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Kembali kehilangan komedian Dan Turut belasungkawa atas Wafatnya alm  Wan Abud (Fuad Alkhar) Umur 62 Thn," tulis pesan tersebut.

Ayu Azhari sebagai yang pernah beradu peran dengan Wan Abud mengaku sedih saat menerima kabar tersebut. Seperti diketahui, keduanya pernah beradu akting dalam sinetron Putri Duyung Season 1 dan 2. 

Kerabat: Dorce Gamalama Divonis COVID, Sejak 3 Minggu Lalu

Sinetron tersebut sangat akrab di generasi 90-an. Bercerita mengenai sosok Putri Duyung yang diperankan Ayu Azhari dan selalu diburu oleh Wan Abud demi mengincar harta.

Sinetron itu pula yang melambungkan nama Fuad Alkhar hingga dikenal sebagai Wan Abud. Sebenarnya, Fuad sudah muncul di sinetron sejak 1993 lewat Ada Ada Saja. F

BREAKING NEWS: Dorce Gamalama Meninggal Dunia

uad telah memerankan tokoh bernama Abud dalam sinetron yang juga dibintangi oleh Rudy Salam, Nurul Arifin dan bintang lainnya tersebut.

Lalu Fuad Alkhar muncul di Si Doel 6, Putri Salju dan terakhir di sinetron Jodoh Pengantar Jenazah pada 2017. Selain sinetron, Wan Abud banyak berakting di layar lebar. 

Pertama kali, Fuad Alkhar muncul di Nona Manis pada 1990. Film itu dibintangi Ray Sahetapy dan Meriam Bellina. Lalu banyak judul yang bergenre komedi diperankan oleh Fuad Alkhar alias Wan Abud.

Ia juga pernah muncul di salah satu film Rhoma Irama, yakni Nada dan Dakwah. Terakhir, Wan Abud tercatat membintangi film Harim di Tanah Haram (2015). Fuad Alkhar juga dikenal dengan semboyan Bahlul Ente. Ia punya nada bicara yang khas sehingga mudah diingat.

Kabarnya, setelah jarang terlihat di layar kaca, Wan Abud memiliki bisnis wedding organizer. Jenazah Wan Abud disemayamkan di Beji Timur, Depok. Sampai saat ini belum ada keterangan kapan dan di mana jenazah akan dikebumikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya