7 Fakta Kang the Conqueror, Tokoh Penjahat Baru MCU

Jonathan Majors, pemeran Kang the Conqueror.
Sumber :
  • Geek Feed

VIVA – Serial Marvel Studios, Loki yang baru saja selesai musim pertamanya, telah memperkenalkan konsep 'varian', versi alternatif seorang karakter di Marvel Cinematic Universe (MCU).

Marvel Rilis Teaser Film Deadpool & Wolverine, Bertemunya 2 Superhero Idaman MCU

Konsep ini mungkin masih membingungkan sebagian penonton. Namun, semuanya akan sangat relevan ketika nanti Kang the Conqueror (Jonathan Majors) diperkenalkan sebagai villain atau penjahat di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

PERINGATAN: Konten di bawah ini mengandung spoiler Loki episode 6.

Gagal, Robert Downey Jr Dipastikan Tidak Jadi Kembali ke MCU Sebagai Iron Man

Episode 6 sekaligus terakhir serial Loki memperkenalkan varian Kang yang dijuluki He Who Remains dan tentu saja diperankan oleh Jonathan Majors.

Review Serial Loki Season 2, Terancamnya Dunia Karena Gangguan Time Loom

He Who Remains dibunuh oleh Sylvie di ending serial Loki. Karenanya, timeline pun bercabang, kemungkinan disebabkan oleh kembalinya varian-varian He Who Remains di seluruh Multiverse, seperti terlihat di episode 1 serial Loki.

Untuk mengetahui siapa Kang the Conqueror, simak fakta-faktanya berikut ini, dilansir dari laman Games Radar, Sabtu, 17 Juli 2021.

1. Siapa Kang the Conqueror?

Merupakan salah satu penjahat tertua Marvel Comics, Kang the Conqueror memulai debutnya di Avengers #8 1964. Di komik Marvel, ia adalah penguasa ruang dan waktu, serta penakluk berbagai era dan dunia di Multiverse.

Kang awalnya adalah seorang ilmuwan abad ke-31 bernama Nathaniel Richards, keturunan dari Reed Richards dan Doctor Doom.

Kang telah mengambil banyak identitas sepanjang sejarahnya, sering berinteraksi dengan superhero Marvel sebagai berbagai penjahat. Beberapa di antaranya bahkan muncul secara bersamaan.

Meskipun tidak mungkin untuk segera menghilang setiap kali Kang muncul atau untuk membuat garis waktu yang sebenarnya dari penampilannya, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang karakter ini yang kemungkinan akan mengungkap perannya nanti di MCU.

2. Keturunan Mr. Fantastic

Kang dimulai sebagai Nathaniel Richards, keturunan dari Reed Richards alias Mr. Fantastic dari Fantastic Four, dan musuh bebuyutannya, Victor Von Doom.

Kang (saat itu masih bernama Nathanial Richards) pertama kali menemukan perjalanan waktu melalui kekuatan platform waktu nenek moyangnya Doom, menggunakan teknologi untuk melakukan perjalanan ke Mesir kuno dan menjadi firaun Rama-Tut, seorang penjahat yang dikalahkan oleh Fantastic Four yang berpindah waktu, yang mengatur timeline dengan benar dan mengirim Nathaniel Richards jauh ke masa depan.

3. Berbagai identitas Kang

Sesampainya ratusan tahun di masa depan timeline-nya sendiri, Nathaniel menggunakan pengetahuannya tentang perjalanan waktu dan teknologi dari berbagai era untuk menaklukkan dunia masa depan ini.

Ia mengambil nama Kang, dan bersumpah untuk menaklukkan era lain juga, dengan tujuan akhirnya untuk menguasai keseluruhan sejarah sekaligus.

Kang telah menantang Avengers berkali-kali dan selalu berusaha untuk mengalahkan mereka dan menaklukkan Bumi. Dan dia menggunakan banyak identitas untuk melakukannya.

Faktanya, Kang memiliki begitu banyak identitas yang berbeda sehingga secara harfiah ada seluruh organisasi dari inkarnasinya yang berbeda. Banyak di antaranya benar-benar tidak akur, yang disebut Council of Cross-Time Kangs.

4. Immortus

Identitas utama Kang adalah Immortus, versi penjahat yang jauh lebih tua yang sering bersinggungan dengan Fantastic Four dan Avengers, dan yang merupakan agen Time-Keepers, makhluk hidup terakhir di Marvel Universe dan di timeline Immortus.

Dia ditugaskan untuk menjaga integritas garis waktu atau timeline, sesuatu yang sering dia lakukan dengan taktik yang keras dan jahat. Dia tampaknya telah diadaptasi ke MCU dengan nama He Who Remains.

Nah, di Marvel Comics, karakter He Who Remains juga ada namun berbeda dengan yang ada di MCU. Di mana ia dikisahkan bukan varian Kang.

Selain Immortus, ada pula Rama-Tut, musuh awal Fantastic Four, dan identitas jahat pertama Nathaniel Richards. Rama-Tut melakukan perjalanan waktu dalam piramida terbang, sesuatu yang menarik mengingat vibe 'sejarah rahasia' film Eternals yang akan datang.

5. Young Avengers

Selain Immortus dan Rama-Tut, identitas Kang lainnya adalah Iron Lad of the Young Avengers. Ia adalah pahlawan lapis baja yang mengambil inspirasi dari Tony Stark, dan sebenarnya merupakan versi remaja dari Kang yang mencoba mencoba hidup lagi sebagai superhero.

Iron Lad secara tragis kembali ke timeline-nya sendiri karena terlibat masalah dengan mengubah masa lalu. Ia meninggalkan hidup dan ingatannya sebagai superhero untuk memenuhi takdirnya sebagai Kang.

Kemudian ada Centurion Scarlet, seorang prajurit alien yang memiliki hubungan yang kompleks dengan Carol Danvers alias Captain Marvel. Tetapi akhirnya terbukti menjadi identitas lain dari Kang, yang kemudian ia berikan kepada putranya Marcus, seorang penjahat namun pendukung Avengers.

Identitas utama Kang lainnya adalah Victor Timely, seorang pria Amerika Serikat yang tinggal di Illinois pada awal 1900-an. Ia akhirnya menginspirasi Profesor Phineas Horton untuk membangun Human Torch, android asli yang bertempur bersama Captain America dalam Perang Dunia ke-2.

Tubuh android Human Torch kemudian digunakan untuk membangun Vision, yang kemudian mencoba mengalahkan Kang dengan menculiknya saat masih kecil, menghasilkan versi Kang yang lebih jahat dengan lebih banyak identitas.

6. Kekuatan

Kang sebenarnya tidak memiliki kekuatan sendiri. Namun, dia adalah ahli strategi dan pejuang militer yang berbakat dan memiliki akses tidak hanya ke persenjataan yang luas dari semua era sejarah, termasuk masa depan yang jauh, tapi dia juga memiliki teknologi perjalanan waktu yang tak tertandingi.

Persenjataan itu termasuk Pangkalan Damocles miliknya, sebuah kapal luar angkasa besar yang dapat melakukan perjalanan waktu yang berbentuk seperti pedang, yang memiliki gudang senjata yang sangat besar.

Di masa lalu, Kang telah berhasil meluncurkan serangan di beberapa periode waktu sekaligus, termasuk dalam cerita Avengers Forever, di mana Immortus menyatukan tim Avengers dari berbagai era untuk menantang dirinya yang lebih muda.

Selain senjatanya, Kang terkadang didukung oleh pasukan kuat terdiri dari triliunan tentara dari seluruh ruang dan waktu, yang sering ia gunakan untuk melawan musuh-musuhnya.

Demikian juga, Kang varian Loki episode 6, He Who Remains, menunjukkan bahwa dia tampaknya tidak memiliki kekuatannya sendiri, tetapi ia punya pengetahuan lanjutan tentang apa yang akan terjadi di seluruh timeline-nya hingga titik tertentu, dan teknologi untuk memanipulasi waktu.

Kang memiliki satu kelemahan utama, kode kehormatannya yang ketat dan aneh, yang sering menyebabkan kejatuhannya. Meskipun dia terkadang mencoba untuk melanggar aturan ini, namun ia punya kode pribadi di mana ia tak mau mengalahkan musuh-musuhnya melalui pengkhianatan, seperti kembali ke masa lalu dan membunuh mereka saat masih anak-anak.

Bagi Kang, penaklukan hanya diperhitungkan jika dimenangkan melalui pertarungan keras dan hanya jika musuh Anda tahu bahwa Anda telah mengalahkan mereka.

7. Pengaruh Kang di MCU

Kehadiran Kang dapat memengaruhi pengenalan karakter Marvel lainnya ke MCU, yaitu Fantastic Four, atau bahkan X-Men.

Tak menutup kemungkinan bahwa versi Kang/Nathaniel Richards ini sebenarnya adalah ayah dari Reed Richards, yang akan membuka banyak kemungkinan tentang masa depan MCU dan bagaimana Fantastic Four bisa bergabung dengan franchise film.

Dan tentu saja, ada kemungkinan bahwa Kang dan kekacauan Multiversalnya bisa menjadi tiket untuk membawa X-Men ke dalam MCU.

Apa pun itu, berbagai kemungkinan telah terbuka dengan hadirnya salah satu varian Kang di MCU. Ini berarti, apa pun dan siapa pun bisa masuk ke MCU. Termasuk Spiderman versi Tobey Maguire dan Andrew Garfield yang rumornya bakal hadir di Doctor Strange: Multiverse of Madness atau Spider-Man: No Way Home.

Perjalanan waktu dalam genre fiksi sering membuat bingung dan menimbulkan paradoks. Tak terkecuali sejarah Kang. Tokoh ini sudah ada di komik hampir 60 tahun.

Kang juga dianggap sebagai salah satu musuh Avengers terhebat yang punya kaitan kuat dengan Marvel Universe yang lebih luas, termasuk Young Avengers, Iron Man dan terutama Fantastic Four.

Tak heran jika salah satu penjahat penjelajah waktu terbesar sepanjang masa ini bakal menjadi kunci dari fase baru MCU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya