Bukan Stroke, Ferry Irawan Ungkap Penyakitnya Selama Ini

Aktor Ferry Irawan
Sumber :
  • IG Ferry Irawan

VIVA – Baru-baru ini, aktor Ferry Irawan angkat bicara mengenai penyakit yang diidapnya. Dijelaskan Ferry Irawan dirinya memiliki penyakit yang cukup langka.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

"Jadi sakitnya itu namanya distonia itu sakit yang diderita 1:1 juta orang di dunia, dan itu saya apapun saya lakukan," kata Ferry Irawan seperti dikutip dari tayangan YouTube Melaney Ricardo.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Ferry Irawan penyakit distonia yang diidapnya adalah penyakit langka yang menyerang saraf motoriknya.

Parto Patrio Terbaring dibawa Pakai Ambulans, Sakit Apa?

"Jadi kalau sudah kambuh itu menyebabkan orang tersebut seperti penderita parkinson, tremor menyebabkan tubuh bergerak di luar perintah otak," jelas Ferry Irawan.

Lebih lanjut Ferry Irawan menjelaskan bahwa ketika penyakitnya kambuh gerak tubuhnya bergerak di luar kendali. Misalnya ketika penyakitnya kambuh dirinya akan merasa keleyengan di kepala dan kepalanya menjadi miring.

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

"Kepala sering keleyengan miring, kayak orang, ini juga udah ngeces terus makan ga bisa, aktivitas ga bisa lagi dan itu kalau lagi kambuh sekuat apapun ditekan dia akan terus bergoyang. Kencang kayak orang kejang, tapi lebih kenceng dari kejang," kata Ferry Irawan.

Lebih lanjut, Ferry Irawan menjelaskan bahwa saat ini penyakit distonianya sudah berada di stadium tiga. Dia pun berharap agar penyakitnya tidak semakin memburuk.

"Aku udah stadium tiga jangan sampai ke stadium 4. ada stagenya, kalau sampai stage 4 bisa jadi katatonia, itu bahasa mudahnya hidup segan mati tak mau. jadi posisi aku terakhir duduk stuck seumur hidup seperti ini jadi fisiknya ada nyawa ada tapi otaknya sudah mati," kata Ferry Irawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya