4 Seleb Jadi Korban Bully di Forum Online, Kesehatan Mental Terganggu

Rachel Vennya
Sumber :
  • Instagram/rachelvennya

VIVA – Belum lama ini, selebgram Rachel Vennya membuat postingan mengenai masa lalunya yang penuh dengan ketakutan. Sumber ketakutan itu adalah obrolan di sebuah forum online yang menjelek-jelekkan dirinya.

Viral Selebgram Una Dembler Ludahi Penonton Konser Bruno Mars di Singapura

"Sedikit curhat, tentang ketakutanku tahun 2018 lampau, aku sampe archive foto-foto anakku, nangis tiap hari," tulis Rachel.

Tak hanya sosok Rachel, para pengguna forum online itu juga melakukan cyberbullying terhadap anak-anak Rachel. Dia pun merasakan dampak cukup besar karena hal itu selama tiga tahun.

Skandal Baru! Aktris Money Heist Korea Jeon Jong Seo Dituding Terlibat Bullying

Selain membuat ibu dua anak itu sering menangis karena kata-kata kasar di forum online, Rachel bahkan sampai mengalami baby blues.

Setelah sekian lama menjadi korban bullying, Rachel akhirnya berani buka suara dan berniat melanjutkan kasus itu ke ranah hukum. Tindakan Rachel ini pun mendorong beberapa artis lainnya yang juga menjadi korban untuk speak up.

Buntut Dugaan Kasus Bullying, Agensi Jeon Jong Seo Ambil Tindakan Hukum

Mirip seperti Rachel, para artis tersebut mendapat omongan tak menyenangkan, bahkan hingga membuat kesehatan mental mereka terganggu.

Berikut ini, tiga artis lain yang menjadi korban cyberbullying forum online seperti Rachel Vennya.

Nana Mirdad

Meski secara tidak spesifik menyudutkan Nana, namun diduga forum tersebut membicarakan keluarga Mirdad. Merasa geram, Nana sempat mengunggah tangkapan layar obrolan di forum itu.

Dalam obrolan tersebut, keluarga Mirdad dituduh tukang selingkuh hingga fitnah-fitnah lainnya.

"Hey kamu yang enggak kenal Kenang ataupun keluarga kita sama sekali...apa yang tiba-tiba bikin kamu punya hak menghakimi dan menyebar gosip yang enggak benar ini?" tulis Nana dalam postingan Instagramnya.

Gita Savitri

Youtuber Gita Savitri juga menjadi salah satu korban cyberbullying dalam forum online tersebut. Awalnya, dia mengaku tidak tahu hingga akhirnya membuka forum itu dan mendapati dirinya ikut menjadi korban.

Gita menilai, dia menjadi korban karena sering vokal terhadap banyak hal.

"Cerita tentang gua, karena aku menjadi seseorang yang vokal, yang begini dan begitu, pasti jadi sasaran empuk buat orang-orang kayak gitu," ungkapnya.

Selain artis-artis di atas, masih ada korban cyberbullying forum online lain dari kalangan artis. Baca selengkapnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya