8 Fakta Kasus Gabby Petito, Selebgram AS Hilang Misterius

Gabby Petito dan Brian Laundrie.
Sumber :
  • Instagram @gabspetito

VIVA – Selebgram asal Amerika Serikat (AS), Gabby Petito, dikabarkan hilang misterius. Misteri menghilangnya perempuan berusia 22 tahun itu pun sontak membuat heboh penduduk AS.

Terpopuler: 3 Penyanyi Muslim Suka Lagu Rohani sampai Fakta Meli Joker

Sebelumnya, perempuan asal Florida, AS dengan nama lengkap Gabrielle “Gabby” Petito itu diketahui tengah melakukan perjalanan dengan tunangannya, Brian Laundrie, menggunakan mobil van. Di tengah perjalanan tersebut, Petito mendadak hilang secara misterius.

Untuk mengetahui fakta dan kronologi di balik kasus menghilangnya Gabby Petito, berikut ini deretan rangkumannya, sebagaimana dikutip dari ABC New York.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

1. Gabby Petito dan Brian Laundrie pergi untuk perjalanan lintas negara
Perjalanan lintas negara yang dilakukan oleh Petito dan Laundrie dimulai sejak 2 Juli 2021 lalu dari New York. Saat itu, mereka berencana untuk melakukan perjalanan menggunakan mobil van Ford putih milik Petito. 

Menurut pengacara keluarga Petito, pasangan tersebut sudah bertunangan, tetapi mereka menunda mengadakan acara pernikahan lantaran pandemi COVID-19. Karenanya, mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan tersebut.

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

Berdasarkan unggahan di sosial media Petito dan Laundrie, keduanya sudah melakukan perjalanan dari Florida ke Kansas, Colorado dan Utah, untuk berkemah dan berkunjung ke berbagai taman nasional.

2. Polisi pernah bertemu dengan Gabby Petito dan kekasihnya
Pada bulan Agustus, polisi pernah bertemu dengan Petito dan Laundrie, di mana saat itu mereka terlibat dalam sebuah pertengkaran dan perdebatan. Namun, menurut laporan dari pihak kepolisian, Laundrie dan Petito mengaku tidak ingin memperkarakan masalah tersebut lebih lanjut.

Pertemuan pihak kepolisian dengan sepasang kekasih itu pun terekam oleh kamera CCTV. Dalam rekaman, Petito tampak menangis. Awal mula pertengkaran antara keduanya disebabkan oleh Laundrie yang memanjat ke atas van milik Petito dengan kaki yang kotor.

Tidak suka dengan tindakan Laundrie, Petito pun lantas menampar Laundrie lantaran mengira Laundrie akan meninggalkannya di Moab. 

3. Keluarga hilang kontak dengan Petito pada akhir Agustus
Akhir Agustus, tepatnya tanggal 25 Agustus, Petito mulai hilang kontak. Keberadaan terakhirnya diketahui di Grand Teton, Wyoming menuju Taman Nasional Yellowstone pada 25 Agustus 2021. Ayah tiri Petito, Jim Schmidt, mengatakan kepada awak media bahwa Petito biasanya selalu rutin menghubungi keluarganya.

“Dia akan keluar, berkelana dengan vannya, menjelajah area yang berbeda-beda. Jadi, bukan hal yang aneh baginya untuk pergi selama beberapa hari pada satu waktu, tetapi ia selalu kembali ke tempat di mana ia bisa mendapatkan koneksi WiFi, mengunggah foto ke Instagram, melakukan panggilan telepon, dan video call,” ujar Schmidt.

4. Waktu terakhir berkomunikasi dengan orang tuanya
Ibu Gabby Petito, Nichole Schmidt, mengatakan bahwa pesan terakhir yang diterimanya dari sang putri adalah pada 30 Agustus 2021. Namun, keluarga Petito percaya bahwa pesan tersebut bukan dikirim oleh Petito.

“Pesan terakhir yang aku dapat dari dia adalah pada 30 Agustus. Aku tidak tahu apakah itu dia yang mengirim pesan atau bukan,” tuturnya, dikutip dari FOX 8, Senin, 20 September 2021.

5. Laundrie kembali ke North Port pada awal September
Pada 1 September 2021, Laundrie tiba-tiba pulang ke rumahnya yang terletak di North Port, di mana ia dan Petito tinggal bersama orang tua Laundrie. Menurut keterangan polisi,  Laundrie kembali ke rumah dengan  mobil van milik Petito. Akan tetapi, Gabby Petito tidak bersamanya.

6. Keluarga laporkan hilangnya Gabby Petito
Sepuluh hari usai kembalinya Laundrie, keluarga Petito akhirnya melaporkan hilangnya Petito ke Kepolisian Suffolk County di New York pada 11 September 2021 pukul 18.55 waktu setempat.

Di hari yang sama, polisi Florida langsung mengunjungi rumah Brian Laundrie. Sayangnya, orang tua Laundrie tidak membiarkan pihak kepolisian menemui putranya dan hanya memberikan kontak seorang pengacara. Mobil van milik Petito lalu diambil oleh pihak kepolisian untuk dijadikan barang bukti.

7. Menghilangnya Brian Laundrie
Setelah beberapa hari polisi melakukan pencarian terhadap Gabby Petito, keluarga Brian Laundrie mengajak polisi untuk bertemu dan berkunjung ke rumahnya pada hari Jumat, 17 September 2021. Di sana, keluarga Laundrie mengaku bahwa Laundrie telah menghilang sejak hari Selasa.

“Kami telah mencoba selama seminggu penuh untuk berbicara dengan keluarga Laundrie, untuk berbicara dengan Brian, dan sekarang mereka menelpon kami untuk datang pada hari Jumat, saat kami datang, mereka mengatakan bahwa putra mereka menghilang,” ujar Taylor dari pihak kepolisian.

8. FBI menemukan jenazah Gabby Petito
Tak lama setelah keluarga melaporkan hilangnya Brian Laundrie, pihak FBI menemukan jasad seorang wanita di Wyoming yang diduga merupakan jenazah Gabby Petito pada Minggu, 19 September 2021 waktu setempat.

Pihak berwenang mengatakan bahwa jasad tersebut ditemukan oleh agen mereka yang telah menghabiskan waktu selama dua hari untuk melacak dan mencari Gabby Petito. Seorang agen FBI mengatakan bahwa penyebab kematian belum ditentukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya