Warkopi Langgar Pidana Hak Cipta, Ini Alasannya

Warkopi
Sumber :
  • IG @warkopifans

VIVA – Akhir-akhir, media sosial dihebohkan dengan munculnya Warkopi yang mirip dengan Warkop DKI yang melegenda. Namun Warkopi langgar pidana hak cipta, ini faktanya.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Warkopi Melanggar hak cipta dan Ditegur Lembaga Warkop DKI
Warkopi sempat mendapat teguran dari Lembaga Warkop DKI dan Indro Warkop beberapa waktu lalu. Warkopi ditegur lantaran melanggar hak kekayaan intelektual. 

Warkopi disebut langgar hak cipta karena menirukan gaya Warkop DKI yang terdiri dari Dono, Indro, dan Kasino. Mereka melanggar hak cipta karena tanpa hak atau tanpa izin dan sudah mendapatkan keuntungan dengan menyiarkan ataupun menyebarluaskan konten dengan menyerupai pelaku Warkop DKI.

Heboh Daud Kim Beli Tanah Untuk Bangun Masjid, Ternyata Hanya Untuk Konten?

Hak Cipta Telah Diatur Dalam Undang-undang
Diketahui bahwa hak cipta sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta). Di dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa hak cipta merupakan bagian dari kekayaan intelektual yang memiliki objek yang dilindungi.

Hilangnya Tata Krama
Hana Sukmaningsih selaku Ketua Lembaga Warkop DKI menganggap masalah yang sedang dialami Warkopi ini sebagai hilangnya tata krama. Pihak Lembaga Warkop DKI menilai jika hal ini terjadi bisa menjelekkan suatu Lembaga lain yang bekerja sama dengan Warkop DKI.

Februari-Maret 2024, Satgas PASTI Blokir 537 Pinjol Ilegal

Warkopi Mengaku Meminta Izin dan Arahan Kepada Indro Warkop
Sebelumnya, mereka juga mengaku sudah meminta izin, dan beritikad baik untuk bertemu Indro Warkop sebelum viral sampai sekarang. Dalam tayangan youtube Langit Entertainment yang dipandu oleh Nikita Mirzani juga meminta maaf kepada Indro Warkop karena kejadian ini.

Awal Mula Warkopi Dibentuk

Warkopi

Photo :
  • Instagram/alfindk

Warkopi merupakan tiga remaja yang bernama Alfin Dwi Krisnandi, Alfred Dimas Kusnandi dan Sepriadi Chaniago. Mereka mengaku bahwa pertemuan dari ketiganya hanya kebetulan saja, yang dipertemukan oleh netizen karena kemiripan dengan anggota Warkop DKI.

Karena kemiripan tersebut, ia diundang oleh salah satu TV digital yaitu Patria TV. Mereka pun kala itu diberi nama Warkopi, membuat sketsa di berbagai media sosial, hingga tampil di televisi.

Diketahui bahwa Patria TV juga baru dibuat pada 4 Januari 2021. Ketiganya pun aktif membuat sketsa komedi di channel tersebut. Selain sketsa, channel tersebut juga memiliki beberapa konten dan promosi kegiatan.

Diundang Berbagai Acara

Karena kemiripannya tersebut, ia sering diundang di berbagai acara di televisi swasta, podcast ataupun untuk konten youtube beberapa artis. Warkopi pernah diundang di youtube HAS Creative yang dipandu oleh Kris Hatta.

Warkopi Akan Membuat Konten Baru
Melihat dari Instagram miliki akun @warkopifans, ketiga tersebut akan membuat sebuah konten yang menarik dan tidak akan mengatasnamakan Warkopi. Konten-kontennya berupa sketsa dan lainnya yang kreatif.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya