Diduga Menipu, Begini Cara Putri Nia Daniaty Jerat Korbannya

Olivia Nathania, anak Nia Daniaty, dan suaminya.
Sumber :
  • Instagram @niadaniatynew

VIVA – Mantan guru SMA Olivia Nathania alias Oli, Agustine menceritakan kronologi penipuan yang dilakukan putri Nia Daniaty tersebut kepadanya. Menurutnya, awalnya ia sudah lama tak berkomunikasi dan bertemu dengan Oli sejak wanita itu lulus SMA pada tahun 2009.

Jaga Hubungan Baik dengan Nia Daniaty, Farhat Abbas: Sekarang Kakak-Adik

Tiba-tiba, pada akhir 2019, Oli menghubunginya dan menanyakan apakah ada keluargnya yang ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Sambil menunjukkan bukti-bukti chat-nya dengan Oli, Agustine mengatakan bahwa kala itu ia bilang bahwa ia ingin sang anak mengikuti seleksi CPNS.

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

"Intinya dia menawarkan kepada saya, ada yang mau jadi CPNS enggak? Ada, anak saya. Dia mengaku sudah melakukan 4 tahun, ini tahun kelima. Ini yang membuat saya percaya. Tidak mungkin lah seorang murid menipu seorang guru," kata Agustine, dikutip VIVA dari YouTube KH Infotainment.

Saat itu, Agustine juga percaya bahwa Oli karena putri Nia Daniaty tersebut mengatakan bahwa dirinya mungkin adalah murid yang masih peduli pada gurunya setelah sukses. Tidak seperti murid lain. Menurut, Agustine, Oli seolah mau membalas budi kepadanya.

Viral Penipuan File APK Surat Panggilan Polisi, Begini Respons Polda Metro Jaya

"Kemudian anak saya bergabung. Beralih ke tahun 2020, dia menawarkan ada nih calon CPNS prestasi pengganti. Menggantikan orang yang meninggal karena COVID-19, sakit dan sebagainya. 'Bu, tawarkan ke keluarga ibu. Mungkin saya bisa bantu'. Dengan nominal itu awal-awal antara Rp25-30 juta," jelas Agustine.

Akhirnya, Agustine mengajukan keponakan dan sepupunya, juga keponakan dari suaminya. Total jumlah orang yang ia ajukan 16 orang.

"Supaya kita percaya sama dia, dia bahkan menyampaikan baru beli rumah baru yang ditempati sebagai kantor di Kemang 5, itu (harganya) Rp40 miliar," tambah Agustine.

Tak hanya itu, menurutnya, Olivia Nathania juga mengaku kepadanya bahwa ia kenal dengan pejabat-pejabat dan bahkan Oli telah menjadi Direktur Utama KJB Berau Batu Bara.

"Sudah menjadi Direktur Utama KJB Berau Batu Bara, di mana notabene di batu bara itu isinya pejabat," ujar Agustine.

Karena tak kunjung menerima yang dijanjikan, akhirnya kepercayaan Agustine pada Olivia Nathania pun hilang pada awal Agustus 2021. Apalagi putri Nia Daniaty itu sudah tak bisa lagi dihubungi.

"Sebelumnya sudah saya tanyakan melalui chat, telepon. Di pertengahan Juli. Oliv sudah tidak bisa saya hubungi. Saat dia pergi menguirus CPNS di daerah bekasi, di situ lah Allah bukakan ternyata ini ada penipuan," kata Agustine.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Oli dan sang suami yang berinisial RAF dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penipuan modus seleksi CPNS. Tak tanggung-tanggung, ia diduga telah menipu sebanyak 225 korban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya