Sudah Tipu CPNS, Anak Nia Daniaty Minta Traktiran ke Korban

Olivia Nathania, anak Nia Daniaty (kanan)
Sumber :
  • Instagram @niadaniatynew

VIVA – Salah satu korban penipuan anak penyanyi senior Nia Daniaty, yakni Olivia Nathania menyebut tidak benar kalau Olivia menerima uang untuk kegiatan operasional les Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Adalah wanita bernama Agustin yang juga guru Olivia ketika masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas yang menampik pernyataan Olivia itu.

Agustin yang jadi korban menegaskan kalau yang ditawarkan Olivia adalah rekurtmen CPNS jalur pengganti dan jalur prestasi, bukan les CPNS. Dua tahun dia menyerahkan uang yang diminta Olivia.

Viral Penipuan File APK Surat Panggilan Polisi, Begini Respons Polda Metro Jaya

"Tadi saya sampaikan tanggal 28 November 2019, dia chat saya, katanya Bu, ada yang mau masuk CPNS?. Jadi, itu sudah jelas, CPNS. Dia mengaku sudah membawa kurang lebih empat tahun," kata dia di Markas Polda Metro Jaya, Jumat 1 Oktober 2021.

Dirinya menjelaskan saat itu tak ada tawaran les sama sekali dari Oli seperti yang dikatakannya. Hal itu lantaran jalur pengganti dan jalur prestasi yang ditawarkan tidak harus lewat tes CPNS.

Miliarder di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Menipu Bank Rp 697 Triliun

Bahkan, menurutnya Olivia kerap memastikan orang yang mendaftar lewatnya akan diterima jadi CPNS pada jabatan yang dijanjikan. Selain itu, guna lebih meyakinkan rekrutmen itu asli, Olivia minta traktiran apabila para pendaftar sudah mulai bekerja sebagai PNS. 

"Katanya begini 'teman-teman nanti kalau dapet gaji Oli ditraktir makan saja ya, boleh kok di Warteg enggak masalah kata dia gitu," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Putri Nia Daniaty, Olivia Nathania angkat bicara, pasca dilaporkan atas dugaan penipuan modus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terhadap 225 orang. Oi, sapaan Olivia menjelaskan tidak pernah menjanjikan 225 orang itu untuk bisa masuk PNS.

"Tidak pernah (menjanjikan masuk PNS)," kata Olivia Nathania seperti dikutip dari tayangan YouTube.

Lebih lanjut, Oi menjelaskan hanya menyelenggarakan les untuk masuk CPNS

"Perlu saya luruskan adapun saya menyelenggarakan les untuk masuk CPNS les, bisa dicek tempatnya ada pengajarnya pun ada," kata Oi.

Putri Nia Daniaty tidak membantah soal menerima uang Rp25 juta per orang. Menurut Oi, uang itu itu untuk kegiatan operasional les CPNS itu.

"Memang saya terima uang dari situ senilai Rp25 juta per orang tetapi dengan nilai Rp25 juta itu digunakan untuk apa, kalau ditanya saya punya untuk dari situ wajar tetapi Rp25 juta ini untuk pengajar, sewa tempat dan lain-lain," kata Oi.

Untuk diketahui, anak penyanyi lawas Nia Daniaty, Olivia Nathania diseret ke jalur hukum atas tudingan dugaan penipuan dengan modus bisa memasukkan orang jadi pegawai negeri sipil (PNS).

Laporan diterima dengan nomor LP/B/4728/IX/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 23 September 2021. Pengacara bernama Odie Hodianto yang mewakili korban mengklaim ada ratusan korban lain dari penipuan ini.

"Ini ada 225 orang ditipu dengan jumlah kerugian ditaksir mencapai Rp9,7 miliar lebih," tutur dia di Markas Polda Metro Jaya, Jumat 24 September 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya