Curhat Ahmad Dhani, Momen Luar Biasa Mencium Tangan KH Zainuddin MZ

Pentolan band Dewa 19, Ahmad Dhani
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Perjalanan spiritual seorang Ahmad Dhani selalu menyuguhkan deretan kejutan dan pengalaman mengesankan. Berbagai kejadian pun kerap dialami pentolan band Dewa 19 dalam mengisi memorinya tentang luhurnya nilai-nilai keimanan dan kemanusiaan.

Terungkap, Hal Ini Bikin Ahmad Dhani Masih Pilih Maia Estianty Ketimbang Mulan Jameela

Seperti yang pernah diungkapkan suami Mulan Jameela ini pada tayangan podcast di channel YouTube Sujiwo Tejo.

Tampil dalam konten bertajuk “Ladies & Gentlecuk : Ahmad Dhani!!! - Rahwana Gugat”, pemimpin Republik Cinta Manajemen itu menuturkan salah satu pengalaman hidup paling berkesannya.

Komeng Raih Suara Terbanyak, Ini 10 Artis Indonesia Terpilih Jadi Anggota DPR di Pemilu 2024

Kepada mbah Tejo, Ahmad Dhani mengaku dirinya dididik oleh sang ayah dengan ‘gaya’ Muhammadiyah tapi saat SMA justru dirinya sangat mengagumi almarhum KH Zainuddin MZ.

Tak cuma itu, Dhani menyebut bahwa dai sejuta umat tersebut menjadi satu-satunya sosok selain orangtuanya yang pernah ia cium tangannya. Sebelumnya, musisi asal Surabaya tersebut mengaku dirinya tak pernah melakoni budaya mencium tangan orang lain, selain orang tuanya.

22 Caleg Artis yang Lolos Jadi Anggota DPR RI, dari Verrell Bramasta sampai Uya Kuya

"Aku belum pernah cerita sih ke tempat lain ya, bapakku mendidik aku itu Muhammadiyah, sekolah Muhammadiyah. Tapi nggak tahu kenapa waktu aku SMA, aku tuh ngefans sama Zainuddin MZ, dia kan NU. Wah aku koleksi itu kasetnya," ungkap Ahmad Dhani.

"Jadi memang aku dari SMA penggemar KH Zainuddin MZ. Zainuddin MZ kan orang tahu NU. Aku dulu tuh nggak ada yang ngajari, jadi ayah ku itu tidak mengajari saya untuk cium tangan ke manusia, karena bapakku nggak pernah cium tangan sama manusia," jelas Dhani.

"Jadi tangan manusia pertama yang aku cium selain bapakku (itu tradisi keluarga), itu yaa Zainuddin MZ," tegas Ahmad Dhani.

"Ketemu dimana itu?" tanya Sujiwo Tejo.

"Aku naik motor datengin ceramah-ceramahnya waktu SMA itu, niat.. padahal nggak ada temen, jadi sendiri aja aku. Ada ceramha Zainuddin MZ dimana di lapangan mana (Brawijaya waktu itu aku inget), nyelinap masuk bisa salaman, nggak ada yang ngajarin aku," ucap Dhani.

"Di lapangan bisa nyelinap masuk.. berarti perjuanganmu luar biasa?? apalagi itu dai sejuta umat," sahut mbah Tejo.

"Luar biasa! sendirian lho. Jadi tangan orang lain yang (pertama) pernah aku cium itu Zainuddin MZ," jawab Dhani.

"Setelah itu, yaa itu Habieb kan tangannya pasti kecium. Itu nggak tahu kenapa," ujar Dhani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya