Gunawan Maryanto, Aktor Terbaik FFI 2020 Meninggal Dunia

Gunawan Maryanto.
Sumber :
  • Instagram @nusasonic

VIVA – Kabar duka datang dari kalangan dunia seni budaya Tanah Air. Seniman yang juga merupakan aktor peraih penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2020, Gunawan Maryanto meninggal dunia pada Rabu 6 Oktober 2021.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Gunawan Maryanto mencuat dalam beberapa unggahan di media sosial Instagram, yang salah satunya diposting oleh rekan sesama seniman, Rifqi Mansur Maya atau yang biasa dikenal dengan Kikiretake.

“RIP mas @gunawanmaryanto ???? do'a terbaik buatmu.” tuis penggalan dari caption postingan akun @kikiretake pada Rabu malam 6 Oktober 2021.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Akun Instagram Festival Kebudayaan Yogyakarta, turut mengonfirmasi kabar duka tersebut. Melalui unggahannya, akun tersebut mengumumkan perihal kabar duka tersebut. 

"Turut berduka cita atas meninggalnya Gunawan Maryanto (@gunawanmaryanto). Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa," tulis akun @infofky di Instagram, dikutip VIVA.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Kabar duka tersebut turut diperkuat dengan pesan yang tersebar di kalangan pewarta. 

"Baru saja mendapat kabar sedih, kawan kita yang terkasih Cindhil Gunawan Maryanto telah berpulang. Hari ini, Rabu, 6 Oktober 2021, pk 20.00. Malam ini di RS Ludiro Husodo, Jl. HOS Cokroaminoto, Yogyakarta. Selamat jalan kawan," tulis pesan tersebut.

Sebagai informasi, pada 2020 lalu, Gunawan Maryanto berhasil meraih penghargaan dalam acara Festival Film Indonesia (FFI). Gunawan meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik berkat aktingnya dalam film The Science of Fictions (Hiruk Pikuk Si Alkisah).

Gunawan Maryanto merupakan seorang seniman yang serba bisa. Selain menjadi penulis skenario drama dan menjadi sutradara, ia juga menulis karya-karya sastra antara lain adalah puisi, cerpen, dan kritik sastra.

Gunawan Maryanto merupakan seorang pria kelahiran Yogyakarta, 10 April 1976, saat ini berusia 44 tahun. Selain aktor, Gunawan juga dikenal sebagai seorang penulis dan sutradara teater.

Gunawan Maryanto juga telah mementaskan karya-karyanya tersebut di berbagai negara, pernah menerima hibah seni dari Yayasan Kelola, dan memenangi sejumlah kompetisi.

Tahun 2017, Gunawan Maryanto memenangi penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Usmar Ismail Award melalui film berjudul ‘Istirahatlah Kata-kata’ dengan memerankan sebagai Widji Thukul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya