Gunawan Maryanto Tutup Usia, Ini Profil & Kiprah Prestasinya

Aktor Gunawan Maryanto
Sumber :
  • IG @infofky

VIVA – Insan dunia seni Tanah Air tengah berduka. Salah satu sosok seniman yang juga seorang aktor di pentas perfilman nasional, Gunawan Maryanto pada hari Rabu 6 Oktober 2021 pukul 20.00 WIB.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Gunawan Maryanto berpulang kepada sang khalik di Rumah Sakit Ludiro Husodo, Jl. HOS Cokroaminoto, Yogyakarta dalam usia 45 tahun.

Kabar meninggalnya Gunawan Maryanto pun menjadi perbincangan dalam beberapa unggahan di media sosial.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

Aktor Gunawan Maryanto

Photo :
  • IG @angginoen

Akun Instagram Festival Kebudayaan Yogyakarta, turut mengonfirmasi hal ini. Melalui unggahannya, akun tersebut mengumumkan perihal kabar duka tersebut. 

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

"Turut berduka cita atas meninggalnya Gunawan Maryanto (@gunawanmaryanto). Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa," tulis akun @infofky di Instagram, dikutip VIVA.

Gunawan Maryanto berhasil meraih penghargaan dalam acara Festival Film Indonesia (FFI) 2020. Gunawan meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik berkat aktingnya dalam film The Science of Fictions (Hiruk Pikuk Si Alkisah).

Dalam nominasi kategori tersebut, Gunawan berhasil meraih penghargaan tersebut setelah mengalahkan para nominator lain, mereka adalah Alqusyairi Radjamuda, Ario Bayu, Dion Wiyoko, Ibnu Jamil, dan Reza Rahadian.

Gunawan Maryanto merupakan seorang pria kelahiran Yogyakarta, 10 April 1976 yang aktif sebagai seorang penulis dan sutradara teater, selain keterampilannya juga sebagai aktor.

Gunawan Maryanto merupakan seorang seniman yang serba bisa. Selain menjadi penulis skenario drama dan menjadi sutradara, ia juga menulis karya-karya sastra antara lain adalah puisi, cerpen, dan kritik sastra.

Bersama Teater Garasi, Gunawan Maryanto mendapat hibah seni dari Yayasan Kelola untuk beberapa proyek kesenian yang dilakoninya. Kemampuan yang dimilikinya dalam bidang sastra dan teater membuat Gunawan sering diundang untuk menjadi pembicara dalam berbagai acara, seperti seminar, diskusi, pelatihan, workshop, dan juri festival.

Gunawan juga memenangkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Usmar Ismail Award melalui film berjudul ‘Istirahatlah Kata-kata’. Dalam film itu, Gunawan berperan sebagai Widji Thukul.

Gunawan juga berhasil mendapat sederet penghargaan lain, di antaranya pada tahun 2007 lalu, puisi Jineman Uler Kambang mendapat Anugerah Budaya dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk Media Cetak dan Elektronik kategori puisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya