Gunawan Maryanto dan Mimpinya Buat Podcast Bareng Seniman Sepuh

Aktor Gunawan Maryanto
Aktor Gunawan Maryanto
Sumber :
  • IG @infofky

VIVA – Aktor, pemain teater dan penulis, Gunawan Maryanto tutup usia, Rabu 6 Oktober 2021 malam sekitar pukul 20.00 WIB. Gunawan meninggal dunia karena serangan jantung.

Sutradara, aktor dan juga pendiri Teater Garasi, Yudi Ahmad Tajudin menuturkan, sebelum meninggal, Gunawan Maryanto sempat mengikuti rapat di Teater Garasi, Rabu 6 Oktober 2021 malam. Dalam rapat itu, Gunawan sempat membahas program yang ingin dijalankannya bersama jajaran manajemen di Teater Garasi.

"Mas Cindil (Gunawan) saat itu sedang rapat untuk program yang dia gagas. Dia bikin program podcast untuk aktor-aktor sepuh," ujar Yudi di rumah duka, Kamis 7 Oktober 2021.

Yudi menjabarkan, di Teater Garasi, Gunawan menjabat sebagai Direktur Artistik. Gunawan, sambung Yudi mendapatkan dukungan program dari Goethe Institut. Salah satunya membuat dokumentasi berupa podcast dengan aktor-aktor atau seniman sepuh.

Program ini dibuat Gunawan salah satunya untuk membantu para seniman atau aktor sepuh yang terdampak pandemi COVID-19. Yudi menuturkan, program ini dibuat oleh Gunawan yang telah bersamanya selama lebih kurang 27 tahun di Teater Garasi.

"Jadi Cindil (Gunawan) hendak mendokumentasikan. Misal cara baca, estetika, juga sekaligus membantu sedikit karena situasinya sedang sulit. Karena dia berhasil mendapatkan program, support dari Goethe-Institut. Cindil (Gunawan) dan kawan-kawan siapkan fasilitas dan tekniknya, mengundang teater sepuh untuk pembacaan cerpen atau lakon," kata Yudi.

Rumah duka Almarhum Gunawan Maryanto.

Rumah duka Almarhum Gunawan Maryanto.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi (Yogyakarta)