10 Artis Hollywood Ini Memilih Pindah Agama, Ada yang Mualaf

Julia Roberts.
Sumber :
  • Instagram @juliaroberts

VIVA – Banyak artis Hollywood yang merupakan atheis dan tak mau membicarakan soal kepercayaan mereka pada publik. Namun, sebagian justru blak-blakan soal keputusan mereka untuk pindah agama.

Kisah Mualaf Jeffrey Lang, Profesor Amerika yang Pilih Islam Usai Jadi Atheis

Ya, deretan selebriti seperti Julie Roberts, Katie Holmes, Richard Gere hingga Snoop Dog telah buka suara soal pilihan mereka untuk memeluk agama baru. Ada yang belajar dan pindah agama mengikuti pasangan mereka saat ini, ada pula yang pindah keyakinan setelah hubungan asmara mereka berakhir.

Siapa saja? Berikut ini adalah 10 artis Hollywood yang pindah agama, dilansir dari laman Insider, Jumat, 8 Oktober 2021.

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

1. Snoop Dog

Rapper asal Amerika Serikat, Snoop Dogg

Photo :
  • Daily Record
Salmafina Sunan Ikut Rayakan Idul Fitri, Langsung Didoakan Kembali Peluk Islam

Snoop Dogg telah berganti agama beberapa kali. Rapper itu mengatakan bahwa dia bergabung dengan Nation of Islam pada tahun 2009 saat menghadiri salah satu acara kelompok itu di Chicago.

Meskipun Snoop Dogg tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kapan dia bergabung dengan Nation of Islam, dia mengatakan bahwa dia "sudah di Nation."

"Saya seorang pendukung perdamaian, saya telah berada dalam gerakan perdamaian sejak saya membuat musik," katanya.

"Saya bukan mencoba untuk memaksakan pendapat saya pada Anda. Ini hanya tentang cara saya hidup, dan saya menjalani bagaimana saya seharusnya hidup sejauh melakukan apa yang benar dan mewakili apa yang benar. Itu sebabnya saya ada di sini hari ini." tambahnya.

Pada 2012, ia mengumumkan bahwa ia masuk agama Rastafarianisme, sebuah agama yang berkembang di Jamaika.

Dia mengubah namanya menjadi Snoop Lion, karena menyebut seseorang sebagai anjing dianggap sebagai penghinaan dalam teologi agama, dan merilis sebuah film dokumenter berjudul Reincarnated tentang pengalamannya.

Musisi Bunny Wailer kemudian menuduh Snoop Lion mengambil alih budaya Rastafari, tetapi sang rapper membantah klaim tersebut.

Pada tahun 2018, ia merilis album yang diilhami Injil berjudul Bible of Love dan menyebut dirinya seorang Kristen yang lahir kembali.

2. Katie Holmes

Katie Holmes

Photo :
  • Instagram.com/katieholmes212

Katie Holmes kembali memeluk agama Katolik setelah perceraiannya dengan Tom Cruise. Aktris itu dibesarkan sebagai seorang Katolik, tetapi dia mulai belajar Scientology tak lama setelah dia mulai berkencan dengan Tom Cruise pada tahun 2005.

Pasangan itu menikah dalam upacara Scientologist pada tahun 2006 dan berumah tangga hingga 2012, tahun yang sama ketika Holmes kembali memeluk Katolik.

3. Orlando Bloom

Orlando Bloom

Photo :
  • drfunkenberry.com

Orlando Bloom telah menjadi penganut Buddha sejak ia berusia 16 tahun. Aktor tersebut membahas perjalanannya untuk mempraktikkan agama Buddha dalam sebuah wawancara dengan Sokka Gakkai International (SGI), sebuah jaringan Buddhis global.

Bloom mengatakan, sahabatnya, David, memperkenalkannya pada agama Buddha saat mereka belajar untuk ujian sebagai siswa. Dia kemudian memiliki kesempatan untuk bertemu dengan filsuf Daisaku Ikeda.

"Itu adalah salah satu momen 'Aha' dari 'Wow, ini bertemu mentor saya, bertemu seseorang yang sangat saya kagumi."

Bloom menjelaskan bahwa dia bersyukur atas pembelajaran agama setelah ia mendapat popularitas tinggi di usia muda. Ia jugamenyebut agama sebagai "jangkar" dalam hidupnya.

4. Dave Chapelle

Komedian Dave Chapelle dibesarkan oleh seorang menteri Universalis Unitarian tetapi masuk Islam dan menjadi mualaf pada tahun 1998.

"Saya biasanya tidak berbicara tentang agama saya di depan umum, karena saya tidak ingin orang mengasosiasikan saya dan kekurangan saya dengan hal yang indah ini. Dan saya percaya itu adalah agama yang indah jika Anda mempelajarinya dengan cara yang benar. Ini adalah upaya seumur hidup. Agama Anda adalah standar Anda," katanya saat wawancara dengan Time.

5. Shia LaBeouf

Shia LaBeouf.

Photo :
  • IMDb

Shia LaBeouf masuk Kristen setelah syuting film Fury. Aktor, yang dibesarkan oleh ibu Yahudi dan ayah Kristen itu menjadi Kristen sepenuhnya setelah syuting film Fury tahun 2014.

"Saya menemukan Tuhan melakukan Fury. Saya menjadi orang Kristen, dan tidak dengan cara yang benar-benar nyata. Saya bisa saja mengucapkan doa-doa yang ada di halaman itu. Tapi itu adalah hal yang nyata yang benar-benar menyelamatkan saya," katanya.

LaBeouf mengatakan bahwa lawan mainnya Brad Pitt membantunya memutuskan agama apa yang ia pilih.

"Brad berasal dari kehidupan Sabuk Alkitab yang hiper-religius, sangat Kristen, dan dia menolaknya dan bergerak menuju spiritualitas yang tidak disebutkan namanya," jelasnya.

LaBeouf melanjutkan, "Senang melakukan percakapan dengan Brad tentang keluarga asalnya dan apa yang dia gunakan untuk menjalani hari."

6. Julia Roberts

Julia Roberts.

Photo :
  • Instagram @juliaroberts

Julia Roberts mengatakan bahwa dia adalah seorang penganut Hindu yang taat. Bintang Eat, Pray, Love itu menyebut dirinya sebagai orang Hindu yang taat"selama wawancara dengan Elle tahun 2010.

Roberts, yang dibesarkan sebagai Kristen di Georgia, mengatakan bahwa keluarganya pergi bersamanya untuk "bernyanyi, berdoa dan merayakan."

"Saya jelas seorang Hindu yang taat," ucapnya.

7. Sharon Stone

Sharon Stone.

Photo :
  • Instagram @sharonstone

Sharon Stone juga memeluk agama Buddha. Aktris ini dibesarkan oleh orang tua Methodist di pedesaan Pennsylvania. Namun, dia sekarang mengidentifikasi dirinya sebagai seorang umat Buddha.

"Penting untuk memiliki filosofi atau cara hidup atau keyakinan yang membuat Anda seimbang. Bagi saya, itu adalah agama Buddha. Ini adalah sesuatu yang membawa Anda kembali ke pusat, dan benar-benar merupakan kunci ketenangan dan keindahan, perasaan internal akan bentuk dan keanggunan," ujar Stone.

8. Richard Gere

Richard Gere di Borobudur

Photo :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

Richard Gere telah mempraktikkan agama Buddha selama bertahun-tahun. Aktor ini dibesarkan oleh orang tua Metodis, tetapi ia mulai mempraktikkan agama Buddha di usia 20-an.

"Saya pikir seperti kebanyakan pria muda, saya tidak terlalu bahagia. Saya tidak tahu apakah saya ingin bunuh diri, tetapi saya sangat tidak bahagia, dan saya memiliki pertanyaan seperti, 'Mengapa ada apa-apa?' Menyadari bahwa saya mungkin mendorong batas kewarasan saya sendiri," kata Gere.

Dia melanjutkan, "Saya menjelajahi toko buku larut malam membaca semua yang saya bisa, dalam berbagai arah."

Dia menambahkan bahwa buku-buku antropolog Amerika karangan Walter Evans-Wentz tentang Buddhisme Tibet memiliki "dampak besar" pada dirinya. "Saya baru saja melahap mereka," ucapnya.

Gere telah mempraktikkan agama Buddha selama lebih dari 40 tahun dan telah melakukan perjalanan ke India dan Nepal untuk memperdalam praktiknya.

9. Ice Cube

Rapper yang bernama asli O'Shea Jackson ini menjadi mualaf pada tahun 1990-an.

"Yang saya sebut diri saya muslim alami, karena hanya saya dan Tuhan. Anda tahu, pergi ke masjid, ritual dan tradisi, itu tidak dalam saya lakukan. Jadi saya tidak melakukannya," ucapnya.

10. Zooey Deschanel

Zooey Deschanel

Photo :
  • cnn.com

Zooey Deschanel masuk agama Yahudi. Meski ia dibesarkan oleh seorang ibu Katolik Roma dan ayah Quaker, dia tidak pernah sangat religius.

"Keluarga saya liberal. Saya dibesarkan dengan cara 'Anda bisa menjadi apa pun yang Anda inginkan'. Dan pada akhirnya, saya seperti, 'Eh.' Maksud saya, saya tertarik pada teologi, dan saya suka membacanya. Tapi saya tidak melekatkan diri pada satu agama atau lainnya," ujarnya.

Beberapa bulan setelah pernikahannya dengan Jacob Pechenik, Deschanel masuk agama Yahudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya