5 Fakta Kondisi Dorce Gamalama, Terbaring Lemah di ICU

Dorce Gamalama
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Presenter kenamaan Dorce Gamalama diketahui dilarikan ke rumah sakit pada Kamis malam, 7 Oktober 2021. Dorce dirawat di ICU lantaran kondisi kesadarannya yang menurun.

Menteri PUPR: Pembangunan Rumah Menteri di IKN Sudah 80 Persen, Target Rampung Juli

Kabar dirawatnya Dorce di ICU menjadi kabar yang mengejutkan publik. Lantas bagaimana penyebab hingga kondisi terkini Dorce? Berikut ini fakta-faktanya, dikutip dari tayangan YouTube, Jumat, 8 Oktober 2021.

1. Sempat dirawat sepekan

Kemenkes Ungkap Calon Dokter Spesialis Alami Depresi hingga Mau Bunuh Diri

Dorce Gamalama.

Photo :
  • Instagram/dg_kcp

Sebelum dilarikan ke rumah sakit dan dirawat di ICU, Dorce diketahui sempat menjalani perawatan selama sepekan. Hal ini diungkapkan oleh putri Dorce, Siti Khodijah saat ditemui di rumah sakit tempat Dorce dirawat.

Mengejutkan! Banyak Calon Dokter Spesialis Alami Depresi, Kemenkes Ungkap Penyebabnya

"Abis sakit, abis diopname seminggu, terus pulang belum sehari. Makanya masih dalam pantuan dokter. Pas kita kasih tahu dokter, dokter sarankan ke rumah sakit," kata Dijah.

2. Sempat meminta dibuatkan makanan, sebelum akhirnya kesadarannya menurun

Dorce Gamalama

Photo :
  • Aiz Budhi/VIVA

Putri Dorce Gamalama, Siti Khodijah menjelaskan bahwa awalnya sang ibunda sempat meminta diminta dibuatkan makanan. Namun, saat disajikan kepada Dorce, presenter senior itu tidak merespons.

"Kemarin itu, ada janji sama keponakannya mama ada urusan, tapi ternyata ketika dibangunkan disuruh makan, mama enggak respons. Kesadarannya menurun dan kesehatannya. Enggak ada keluhan, malah minta bikinin makanan, terus ngantuk, tidur. Begitu dibangunin untuk makan, enggak respons Dikasih air, ditepuk-tepuk juga enggak ngerespone," kata putri Dorce.

3. Kondisi Dorce saat dilarikan ke rumah sakit

Dorce Gamalama.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Kerabat dan juga sahabat Dorce yang mengantar ke rumah sakit menjelaskan bahwa Dorce sempat merasa gelisah. Tidak hanya itu, kadar gula dalam darah Dorce Gamalama juga sempat drop saat tiba di IGD.

"Malam sangat memprihatinkan, tapi kita masih bisa dikondisikan, tapi saya terima kasih dengan rumah sakit karena penanganannya luar biasa, ketika datang ke IGD langsung dokter suster sangat luar biasa ditangani cepat

"Saya menyaksikan ada sedikit meronta, agak sedikit gelisah. Semua itu dokter luar biasa, jadi saya agak tenang tim medis luar biasa. Langsung ditangani langsung. Ada pasang rekam jantung, infus untuk meninggikan kadar gula, karena gula drop-nya 38 , ensi 21. Tidak naik-naik, kok ini drop tapi dokter luar biasa langsung naik, namun karena beliau itu juga gelisah," kata kerabat Dorce.

4. Kondisi Dorce Gamalama hari ini

Dorce Gamalama di AMI Awards 2011

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Dijelaskan kerabat Dorce tersebut, kondisi presenter itu saat ini sudah membaik, namun belum bisa diajak komunikasi.

"Perubahannya luar biasa, tapi beliau sudah tenang, karena tindakannya luar biasa. Di ICU sudah terkontrol. Tapi kita belum komunikasi, karena kita kan ada jarak di ICU. Enggak bisa sembarangan masuk. Pertama karena privasi, enggak bisa banyak orang masuk dan ada waktu untuk berkunjungnya, tidak bisa," kata dia.

5. Punya riwayat diabetes

Dorce Gamalama

Photo :
  • Nuvola Gloria/ VIVA

Soal penyakit yang diidap Dorce Gamalama sebelumnya diketahui adalah diabetes. Diabetes ini juga diketahui telah diderita oleh Dorce sejak 15 hingga 20 tahun yang lalu.

"Diabet, sudah cukup lama sekitar 15-20 tahun yang lalu," ucap Manager Dorce, Sari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya