Terkait Kaburnya Rachel Vennya, Kapolda Tegaskan Akan Usut Tuntas

Rachel Vennya
Sumber :
  • Ist

VIVA – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran menanggapi terkait dengan kasus kaburnya selebgram Rachel Vennya dari karantina yang seharusnya ia lakukan sepulang dari luar negeri. Menurut Irjen Pol Fadil, pihaknya akan mengusut tuntas kasus ini.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Terkait karantina, Polda Metro Jaya akan usut tuntas sebagai jawaban. Kami akan usut tuntas tanpa pandang bulu terhadap siapa saja yang terlibat dalam mafia karantina," kata dia kepada wartawan, Senin, 18 Oktober 2021.

Di sisi lain, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan bahwa pihaknya telah melayangkan surat panggilan terhadap selebgram Rachel Vennya, hari ini, Senin, 18 Oktober 2021.  Surat panggilan itu terkait kaburnya dia dari proses karantina di Wisma Atlet, Pademangan, Jakarta Utara belum lama ini.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Hari ini kami layangkan surat klarifikasi RV. Kami jadwalkan Kamis ini," kata Yusri Yunus.

Rachel Vennya.

Photo :
  • Instagram @rachelvennya
PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Dijelaskannya, bukan hanya Rachel Vennya, rencananya manajer dan kekasih Rachel Vennya yakni Maulida Khairunnia dan Salim Nauderer juga akan dimintai keterangan. Namun, dia tidak merinci apakah mereka akan diperiksa bersamaan dengan Rachel.

Yusri menegaskan kalau akan mengusut hingga tuntas kasus ini. Pasalnya, apa yang dilakukan Rachel membahayakan masyarakat banyak.

"Kami akan sidik tuntas bahkan satgas dibentuk untuk awasi karena dampaknya ini sangat berbahaya. Karena ketentuan karantina wajib 8 hari," kata Yusri Yunus.

Kasus Rachel Vennya

Rachel Vennya dan Salim Nauderer.

Photo :
  • Instagram @salimnauderer

Untuk diketahui, Rachel Vennya diduga kabur saat menjalani karantina di Wisma Atlet, Pademangan,Jakarta.

Rachel Vennya diketahui harus menjalani karantina lantaran baru saja pulang dari Amerika Serikat. Setelah tiba di Tanah Air, Rachel harusnya menjalani karantina terlebih dahulu selama delapan hari. Namun, Rachel diduga kabur di hari ketiga karantina.

"OOH DIA YG HARUSNYA KARANTINA DI WISMA ATLET SELAMA 8 HARI EH TAPI BARU 3 HARI LANGSUNG KABUR???” tulis seorang warganet tersebut dikutip VIVA.

Warganet tersebut mengaku sebagai orang yang memasukkan data Rachel Vennya pada saat karantina di Wisma Atlet. Warganet itu juga menyebut jika Rachel berada dalam satu kamar dengan Salim Nauderer.

"KARENA GUA YG NGINPUT DATA DIA DI WISMA ATLET PADEMANGAN, DEMI ALLAH. PUAS? GUA TANYAIN ALAMAT DI MANA SOK SOK BEGO, SAMPE SAMPE SATU KAMAR SAMA SI SALIM PADAHAL BUKAN SUAMI ISTRI. GUE MINTA BUKU NIKAH KATANYA MEREKA BERTIGA KOK SAMA MANAJER RACHEL YANG CEWEK,” tulis netizen itu menambahkan.

Rachel Vennya.

Photo :
  • Instagram/rachelvennya

Padahal, berdasarkan Surat Edaran Satgas Nomor 18 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di mana salah satunya menjelaskan bahwa bagi para pelaku perjalanan internasional diwajibkan menjalani karantina selama 8x24 jam dan wajib melakukan tes RT-PCR di awal dan akhir karantina.

Dalam SE tersebut juga disebutkan bahwa WNI dan WNA yang datang ke Indonesia melakukan tes RT-PCR kedua pada hari ke-7 karantina. Dalam hal tes ulang, RT PCR menunjukkan hasil negatif, bagi WNI dan WNA diperkenankan melanjutkan perjalanan dan dianjurkan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari serta menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan jika hasil positif maka dilakukan perawatan di rumah sakit bagi WNI dengan biaya ditanggung pemerintah dan bagi WNA dengan biaya seluruhnya ditanggung mandiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya