Iklan Dihapus karena Skandal, Kim Seon Ho Bakal Kena Penalti

Kim Seon Ho.
Kim Seon Ho.
Sumber :
  • tvN

VIVA – Kim Seon Ho tengah menjadi pusat perhatian masyarakat luas khususnya para penggemar drama Korea. Hal ini menyusul dengan kasus yang tengah menyeretnya dengan sang mantan kekasih.

Awal pekan ini, seorang wanita A mengunggah sebuah artikel di komunitas online dengan judul 'Saya mengungkap realitas dari aktor populer K'. K ini kemudian diketahui publik merupakan aktor Kim Seon Ho.

Dalam unggahannya itu, A menjelaskan bahwa aktor K, pernah bekencan dengannya dan memaksanya untuk melakukan aborsi dengan alasan palsu, seperti kebohongan tentang biaya penalti yang harus dia bayar dan janji pernikahan palsu, kemudian mengobatinya setelah melakukan aborsi.

Rabu 20 Oktober pagi waktu Korea, Kim Seon Ho mengeluarkan pernyataan dan mengakui bahwa dia adalah aktor K, yang baru-baru ini dituduh berpura-pura menikah dan meminta aborsi, dan membuat permintaan maaf resmi.

Kim Seon Ho.
Photo :
  • Soompi

Kim Seon Ho.



"Saya baru sekarang menulis karena ketakutan yang saya alami untuk pertama kalinya setelah artikel dengan nama saya dipublikasikan beberapa waktu yang lalu. Saya bertemu dengannya dengan perasaan yang baik," tulis dia.

Kim Seon Ho melanjutkan dirinya ingin bertemu dengannya secara langsung dan meminta maaf terlebih dahulu, tetapi sekarang dia tidak dapat memberikan permintaan maaf yang tepat dan saya menunggu saat itu.

"Saya minta maaf karena mengecewakan semua orang yang percaya dan mendukung saya sampai akhir. Karena ada orang yang selalu mendukung saya, saya dapat berdiri sebagai aktor bernama Kim Seon-ho, tetapi aku lupa itu." Saya minta maaf karena menyebabkan masalah bagi orang-orang dan semua orang yang terlibat. Saya ingin meminta maaf dengan tulus kepada semua orang yang terluka," tulis Kim Seon Ho.

Ramainya skandal yang menimpa Kim Seon Ho berdampak pada sejumlah pekerjaannya. Diketahui bahwa  satu per satu iklan yang menampilkan Kim Seon Ho mulai dihapus.

Misalnya saja pada 19 Oktober lalu, Domino's Pizza, di mana Kim Seon Ho menjadi model, telah menghapus iklan yang diposting di situs web dan YouTube pribadi, dan juga menghapus posting iklan yang terkait dengan Kim Seon Ho di layanan jejaring sosial resmi (SNS).

Selain itu, Canon Korea dan Food Bucket, sebuah perusahaan makanan, juga telah menghapus postingan terkait Kim Seon Ho di media sosial resmi mereka. 11th Street juga menghapus spanduk dengan foto Kim Seon-ho.

Meskipun masalah seperti pemutusan kontrak belum dibahas secara resmi, ada suara di industri bahwa Kim Seon Ho mungkin mengalami kesulitan mempertahankan kontrak sebagai model periklanan.

Dilansir dari laman Naver, jika model iklan merek menyebabkan skandal sosial dan berdampak buruk pada citra merek, biasanya model tersebut harus membayar denda 2-3 kali lipat biaya iklan .

Dalam siaran YouTube-nya pada 19 Oktober, Lee Jin Ho, mantan reporter hiburan, mengklaim bahwa biaya model iklan Kim Seon Ho telah meningkat dari sekitar 500 juta won setahun menjadi sekitar 700 juta won baru-baru ini. Jika pernyataan Lee benar, ada juga perkiraan bahwa jumlah penalti yang harus dibayarkan Kim Seon Ho mencapai setidaknya 5 miliar won.

Namun, dalam kasus Kim Seon Ho, karena kontroversi ini adalah masalah yang sangat pribadi, citra produk mungkin telah rusak, tetapi industri menjelaskan bahwa tidak mudah untuk melanjutkan dengan tuntutan hukuman karena sulit untuk melakukannya. membuktikan fakta kerusakan langsung pada produk.