Sebulan Setelah Operasi, Begini Kondisi Terkini Tukul Arwana

Tukul Arwana.
Sumber :
  • Laras Devi Rachmawati/VIVA

VIVA – Komedian Tukul Arwana sempat jalani operasi karena pendarahan di otak. Tukul menjalani perawatan beberapa hari di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional. Kini, sudah sebulan sejak Tukul selesai menjalani operasi tersebut, bagaimana kondisinya?

Tukul Arwana Masih Rutin Jalani Terapi, Anak Minta Doa

"Kondisi Mas Tukul saat ini, satu bulan pasca operasi, 22 September. Jadi beliau, dalam rentang satu bulan ini alhamdulillah berangsur membaik," kata sang manajer, Rizki Kimon saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin malam, 25 Oktober 2021.

Kimon mengaku, sebelumnya Tukul belum bisa beri banyak respons. Kini, Tukul Arwana membawa banyak kemajuan. Ia sudah merespons bunyi dan orang di sekitarnya. Selain itu, Tukul juga sudah bisa mengenali orang-orang di sekitarnya.

Anak Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana

Tukul Arwana.

Photo :
  • Instagram @tukul.arwanaofficial

"Kemaren-kemaren belum ada respon, (misal ada yang) buka pintu, sekarang dia udah nengok, 'ini siapa', gituu. Kalau kemaren kan masih sedikit cuek," ujar Kimon.

Inilah yang Bakal Terjadi saat Seseorang Koma, Lengkap dengan Penyebabnya

Selain itu, Tukul terus jalani fisioterapi. Dari hasil yang dijalani, Tukul kembali bawa kemajuan. Kimon melihat Tukul setidaknya sudah bisa untuk berdiri dan kini memperlancar langkah kakinya. Kimon melihat semangat untuk sembuh yang besar dari Tukul Arwana.

"Beliau benar-benar punya semangat, punya keberanian untuk memberikan tenaganya, dia juga pengin berdiri, berusaha berdiri," ucapnya.

Tukul Arwana

Photo :
  • Ig @tukul.arwanaofficial

Kimon memberi kabar baik lainnya. Sebelumnya, Tukul harus menerima asupan gizi atau makanan melalio selang nasogastrik atau NGT. Kini, Tukul sudah bisa mengunyah makanannya.

"Beliau sudah bisa mengunyah. Kemarin-kemarin kan belum bisa susah untuk mengunyah. Masih pakai selang NGT yang dari hidung," katanya.

Hanya saja Tukul masih diberi makanan yang tidak kasar, contohnya, puding, buah, jus dan bubur. Kondisi Tukul juga masih dipantau oleh RS PON. Hari ini, rencananya Tukul akan kembali memerikasakan kesehatannya. Kontrol tersebut merupakan pemeriksaan rutin yang harus dijalani Tukul.

"Rencana besok, saya, Mas Ari, keluarga, mendampingi beliau untuk cek up kontrol ke RS," ucap Kimon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya