13 Nama Fandom K-Pop Terpopuler, Maknanya yang Menyentuh Hati!

Boyband BTS
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Nama fandom K-Pop adalah sebuah hal yang mesti ada untuk setiap boy band atau girl band, bahkan seorang solois juga mempunyai nama-nama fandomnya tersendiri. Nama fandom ini merupakan sebuah identitas untuk seorang penggemar kepada idol favoritnya. Pemilihan nama fandom ini umumnya ditentukan dengan agensi atau idolnya sendiri. Tapi, tidak sedikit juga yang melibatkan para penggemar untuk membuat nama fandom ini. Adapun untuk pemilihan nama fandom ini harus benar-benar menciptakan keterikatan antara idol dengan penggemar.

Tampil di Coachella 2024, Vokal LE SSERAFIM Kena Kritik Pedas Netizen

Selain itu, dalam dunia K-Pop, fandom ini jga bisa terbentuk ketika ada seorang penyanyi atau idol group melakukan debut. Saking banyaknya grup dan penyanyi K-Pop yang populer sampai sat ini, maka banyak juga nama-nama fandom dari mereka. Nah, untuk lebih memahami lagi tentang nama fandom K-Pop beserta maknanya yang mungkin saja belum kamu ketahui, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Nama Fandom K-Pop?

Jennie BLACKPINK Dikabarkan Bakal Kolaborasi dalam Lagu dan MV Terbaru Zico

1. Army – BTS

Boyband BTS.

Photo :
  • Soompi
Hempaskan Citra Idol K-Pop, Park Ji Hoon Unjuk Bakat melalui Akting di Love Song for Illusion

Nama fandom K-Pop pertama datang dari BTS. BTS adalah salah satu idol grup K-Pop yang tengah naik daun di dunia K-Popers. Grup yang diisi oleh pria-pria tampan ini mempunyai nama penggemar atau fandom yang dikenal dengan sebutan Army. J-Hope BTS, dalam sebuah kesempatan pernah menjelaskan bahwa BTS sendiri adalah kependekan dari Bangtan Sonyeondan dalam bahasa Korea, yang memiliki arti orang-orang tahan peluru. Sehingga nama panggilan untuk para penggemar BTS ini adalah Army yang juga merupakan sebuah singkatan dari Adorable Representative M.C. for Youth. Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka artinya adalah tentara.

2. NCTzen – NCT

NCT Dream.

Photo :
  • Soompi

NCT merupakan salah satu boy grup yang berasal dari Korea Selatan, boy grup ini berada di bawah naungan agensi SM Entertainment. NCT cukup mempunyai banyak penggemar, bukan hanya di Korea yang menjadi basis mereka, tapi sampai ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Untuk para penggemar NCT ini dipanggil dengan sebutan NCTzen yang mempunyai arti fan dunia NCT. Dengan nama tersebut, memiliki harapan supaya terus berhubungan dekat dengan mereka dan selalu hadir untuk NCT.

3. EXO L – EXO

EXO

Photo :
  • Instagram.com/zyxzjs

Boy grup ini pertama kali memulai debutnya tahun 2011 silam dan mereka mempunyai sub unit lagi yaitu EXO-K dan EXO-M. Diantara sub unit tersebut bernyanyai memakai bahasa Korea dan juga bahasa Mandarin. EXO lalu memilih sebutan EXO-L sebagai nama fandom K-Pop mereka. Hal ini karena huruf L terletak di tengah huruf K dan M. Jadi, bisa diartikan bahwa penggemarnya selalu berada di tengah-tengah EXO. Selain itu, huruf L juga mempunyai arti Love atau cinta.

4. ELF – Super Junior

Super Junior

Photo :
  • SM Entertainment

Tentunya banyak orang yang sudah mengenal boy grup asal Korea Selatan ini, Super Junior. Mereka adalah salah satu boy grup Korea yang pernah mendulang kesuksesan luar biasa pada masa kejayaannya. Mengawali debutnya tahun 2005, Super Junior sudah membuat nama untuk para penggemar mereka dengan sebutan ELF yang mempunyai arti Ever Lasting Friends, atau dalam bahasa Indonesia adalah selamanya akan menjadi teman.

5. Reveluv – Red Velvet

Red Velvet menjadi salah satu idul yang bakal tampil di Super K-Pop Festival Indonesia 2019.

Photo :
  • SM Entertainment

Nama fandom K-Pop disebut dengan Reveluv. Reveluv sendiri adalah kombinasi diantara Red Velvet dengan Luv. Girl grup ini memilih nama tersebut karena menginginkan untuk mewakili hubungan cinta dengan para penggemarnya. Red Velvet juga menyebutkan kepada para penggemarnya untuk bisa saling mencintai dan menghargai satu dengan yang lainnya.

6. iGOT7 - GOT7

GOT7

Photo :
  • Instagram.com/got7.with.igot7

Tujuh adalah sebuah angka kebertuntungan yang merupakan jumlah anggota dari boy grup ini. Sementara itu, iGOT7 mempunyai nama arti yaitu beruntung mempunyai satu dengan yang lainnya. Selain itu, di negara asalnya, nama penggemar tersebut disingkat menjadi AhGaSe yang mempunyai arti bayi burung, lantaran seperti apa yang tampak pada lightstick mereka.

7. Moomoos – Mamamoo

Mamamoo

Photo :
  • Kepoper.com

Nama fandom K-Pop berikutnya datang dari girl grup Mamamoo. Mamamoo sendiri memilih nama penggemar mereka dengan menyebutnya sebagai Moomoos. Uniknya, kata tersebut bila diartikan dalam bahasa Korea, arti dari kata Moo adalah lobak. Mereka memilih nama fandom tersebut yang sangat mirip dengan nama girl grup mereka sendiri, yaitu Mamamoo. Selain itu, lightstick mereka juga tampak seperti sayur lobak.

8. Shawol – SHINee

SHINee

Photo :
  • SM Entertainment

Boy grup ini pernah mendulang kesuksesan pada masanya dengan kepopularitasan yang begitu luar biasa ketika mengawali debutnya, yaitu tahun 2008 silam. Mereka juga memperoleh sambutan yang luar biasa, baik di Korea Selatan maupun di luar negeri. Menariknya, SHINee memilih nama fandom untuk para penggemarnya dengan sebutan Shawol yang mempunyai arti SHINee dan World.

9. Blink – BLACKPINK

blackpink

Photo :
  • U-Report

Siapa yang tidak kenal dengan satu grup populer ini. Girl grup yang terdiri dari Jisoo, Jennie, Lisa, dan Rose ini memang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. BLACKPINK sendiri mengawali debutnya pada tahun 2016 silam. Mereka kemudian memilih nama untuk para penggemarnya dengan sebutan Blink. Blink sendiri merupakan sebuah kombinasi dari dari kata black dan pink.

10. MY – aespa

AESPA - SAVAGE

Photo :
  • Instagram/smtown

Girl grup yang baru debut pada tahun 2020 dengan lagu Black Mamba ini berada di bawah naungan agensi SM Entertainment. Nama girl grup ini bersinar dalam sekejap dan disambut baik oleh para penyuka K-Pop. Setelah debutnya tahun alu, aespa sudah mempunyai banyak penggemar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. aespa memilih nama fandom untuk para penggemarnya dengan sebutan MY yang mempunyai arti teman yang paling berharga. Hal tersebut diungkapkan ketika aespa melakukan siaran langsung.

11. Carat – SEVENTEEN

Boyband Seventeen

Photo :
  • Saythename_17

Sebelum mengawali debutnya yang dilakukan tahun 2015 lalu, boy grup yang berada di bawah asuhan Pledis Entertainment ini membawakan sebuah lagu yang bertajuk Shining Diamond. Jadi, guna menghormati momen-momen yang terjadi pada saat mengawali kariernya, mereka kemuidian memanggil para penggemar dengan sebutan Carat karena sudah membantunya untuk bersinar.

12. ONCE – TWICE

TWICE.

Photo :
  • Koreaboo

Girl grup yang berada di bawah naungan JYP Entertainment ini mempunyai nama fandom dengan sebutan ONCE. Dalam sebuah kesempatan, TWICE menjelaskan bahwa para penggemar mencintai mereka hanya sekali saja (dalam bahasa Inggris, once), dan mereka akan membalas cintanya dua kali lipat. Mereka juga menjelaskan bahwa ONCE dan TWICE akan berjalan bersamaan layaknya jarum dan benang.

13. Forever – Everglow

EVERGLOW

Photo :
  • Soompi

Everglow mengawali debutnya menjadi girl grup tahun 2019 lalu. Semenjak penampilannya ke publiK, mereka disambut baik oleh masyarakat. Tidak heran bila penggemar dari girl band yang berada di bawah naungan Sone Music Entertainment ini mempunyai banyak penggemar. Mereka kemudian memilih nama fandom K-Pop dengan sebutan Forever yang mempunyai arti selamanya. Nama fandom tersebut diumumkan setelah beberapa jam comeback dengan lagu Adios.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya