Jadi Perempuan Inspiratif, Ini Trik Maudy Ayunda Atasi Stres

Maudy Ayunda.
Sumber :
  • instagram maudy ayunda

VIVA – Stres dapat dialami oleh siapapun, tak terkecuali bagi artis multitalenta Maudy Ayunda. Meski kerap dijuluki sebagai perempuan inspiratif, Maudy Ayunda tak menampik mengalami hal-hal yang memicu stres pada dirinya termasuk di era pandemi COVID-19 ini.

Hari Kartini, Perempuan Bisa Dapat Bunga Kredit BCA 3 Persenan

Lulusan Universitas Oxford ini menuturkan bahwa masa pandemi memang rentan menimbulkan respons emosional negatif pada tiap orang. Hal serupa pun dialami oleh pemain Perahu Kertas tersebut yang mengakui dirinya sebagai seorang introvert sehingga ia memilih mengatasi respons emosional negatif dengan cara menulis atau journaling.

"Kadang-kadang dengan semua hal yang terjadi selama pandemi ini, kayak anxiety dan ketidak jelasan situasi itu kan sebenarnya we're always thinking about the future, the past, whenever present, also anything that bring me to the present moment really helps, including journaling," ujarnya dalam acara virtual AERIS Beauté X Maudy Ayunda Beauty Beyond Skin Deep, beberapa waktu lalu.

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Diakui pemain Trinity Traveller itu, dengan menulis segala hal membuatnya merasa lebih terhubung dengan diri sendiri. Dengan begitu, Maudy melanjutkan, perasaan tersebut membawanya memahami perasaan-perasaan negatif yang dialaminya sehingga membuat pikirannya lebih jernih.

Mantan Pacar Maudy Ayunda

Photo :
  • Instagram Maudy Ayunda
Atta Halilintar Bocorkan Teka-teki Bayi Adopsi Raffi Ahmad, Berasal dari Palestina?

"Pada saat aku menuliskan perasaan-perasaan aku, i just feel more connected dan aku merasa lebih mengerti diri aku dan karena itu walaupun ada masalah apapun, kalaupun lagi down, aku tetap merasa kalau aku bisa, you know, face it all gitu," beber penyanyi 26 tahun itu.

Lebih dalam, Maudy membeberkan dengan menulis membantu ia melepas stres yang melanda saat jauh dari teman dan keluarga serta memberi kenyamanan tersendiri. Selain itu, pemain Untuk Rena itu melakukan hobi lainnya seperti menanam dan bermusik, bahkan mendekatkan diri ke alam.

"Outside of journaling, what I did was…aku mendekatkan diri ke alam, traveling," jelasnya 

"Mungkin agak aneh ya, tapi di masa pandemi ini, itu membuat aku merasa bahagia dan bisa kembali lagi ke diri aku semula," tegas Maudy Ayunda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya