Profil Indy Rahmawati, Berkarier Jadi Jurnalis Sejak Tahun 90-an

Indy Rahmawati
Sumber :
  • Instagram/indyrahmawati

VIVA – Indy Rahmawati, merupakan presenter tvOne yang telah berkiprah di dunia penyiaran sejak tahun 1999. Meski sosoknya sering menghiasi layar kaca televisi Indonesia, rupanya ia pernah menjajal profesi sebagai karyawati. Bagaimanakah sosok presenter cantik asal Jawa Barat Ini? Berikut profil Indy Rahmawati.

Mengenal Stephanie Susanto, Dari Jurnalis Investigasi ke Dunia Komunikasi

Sosok Indy Rahmawati

Presenter tvOne Indy Rahmawati

Photo :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto
Mau Tingkatkan Kualitas Konten Media, Simak Lensa Olahraga

Indy Rahmawati memiliki nama Panjang Indy Rini Rahmawati. Indy berasal dari Bandung, Jawa Barat, Indonesia, Indy merupakan lulusan magister manajemen ITB. Indy merupakan seorang penyiar berita tvOne.

Perjalanan Karier Indy Rahmawati

Pengakuan Presenter tvOne saat Wawancara Aldi Taher: Jawabannya Diluar Nurul, Gak Abis Fikri

Indy Rahmawati

Photo :
  • Instagram/indyrahmawati

Indy memulai kariernya dengan menjadi penyiar radio di stasiun Radio Ardan dan Pro 2, Bandung. Setelah mendapatkan Gelar Magisternya, Indy sempat menjajal pekerjaan sebagai seorang karyawati. Kemudian ia menjadi presenter di SCTV pada 1999 hingga 2006. Kemudian ia berpindah ke antv pada 2006 sampai 2008. Pada tahun 2008 ia beranjak di TVONE hingga sekarang.

Indy Rahmawati Ditinggal Rekan Siaran, Andrie Djarot Untuk Selamanya

Indy Rahmawati merupakan presenter program acara Apa Kabar Indonesia Pagi (tvOne). Ia sangat bersedih dengan kepergian mantan rekan kerjanya Andrie Djarot pada Selasa (12/5/2015) dini hari. Saat Andrie Djarot meninggal dunia, ia tak sempat melayat karena ia sedang bertugas meliput acara Kongres IV Partai Demokrat di Hotel Shangri La, Surabaya.

Menurut Indy, selama kerja bareng dengan almarhum banyak sekali kesan yang tercipta. Namun dari sekian kesan yang ada cuma satu yang bisa mewakili semua. Indy mengaku jika kerja bareng dengan almarhum Andrie Djarot sangat menyenangkan.

Memiliki Banyak Pengalaman Tentang Mobil

Indy Rahmawati

Photo :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

Pada tahun 2017 lalu, Indy sempat membahas tentang dunia mobil kepada reporter Viva, Hadi Suprapto. Terkait mobil, Indy Rahmawati punya banyak pengalaman. Presenter senior tvOne ini mengaku tiap mobil yang dikendarainya punya aura sendiri. Perempuan yang memulai karier sebagai penyiar radio ini mengaku sudah bolak-balik ganti mobil. Dari mobil biasa hingga mobil mahal. Dari yang kecil sampai yang besar.

Semua dia lahap di jalanan Jakarta, dan sesekali Jakarta-Bandung. Dari pengalaman, dia merasa mobil itu punya aura sendiri. Misalnya, mobil keluarga kelas bawah, atau low MPV itu pekerja keras, butuh cepat, karena perlu menjemput rejeki.  Saat posisi ini, hidup juga hemat, karena bensin irit.

Menjadi Pembicara di Seminar Nasional Television Host Training dan Pameran “Literasi Media” 

Pada tahun 2018, Indy Rahmawati menjadi pembicara di seminar nasional Television Host Training dan Pameran “Literasi Media” di Universitas Islam Negeri (UIN) dalam memperingati Hari Penyiaran Nasional.
Acara berlangsung di Auditorium II kampus III, yang dimoderatori oleh Abdullah Ibnu Thalhah. Seminar tersebut dihadiri Indy Rahmawati, presenter TV one dan Neneng Athiatul Faiziyah, komisioner KPID Jawa Barat sebagai narasumber.
Dalam pemaparannya Indy memberikan tips bagaimana berbicara di depan kamera. Mulai dari persiapan hingga memulai berbicara.  Menurutnya percaya diri dan berani adalah hal yang paling penting ketika berbicara di depan kamera.
Dan juga harus menguasai apa yang akan dibicarakan, seandainya yang akan dibicarakan cukup banyak, cukup menghafal poin-poin pentingnya saja lalu dikembangkan. Indy juga mengatakan jika gesture tubuh memang penting, tapi kecerdasan otak lebih penting. Agar tidak mudah percaya dan ikut menyebarkan berita palsu atau hoax.

Indy Tidak Marah Jika Mobil Barunya Tergores

Indy mengaku jika mobilnya tergores dengan kendaraan lain, ia pasrah dan tidak marah-marah seperti orang pada umumnya. Lalu, jika mengendarai mobil keluarga mewah itu merasa sebagai seorang pelindung. Kalau di jalan ia banyak mengalah, dan mempersilahkan yang lain jalan duluan.

Indy mengatakan jika mobil SUV itu punya kesan kuat, makanya harus menang. Terlihat arogan dan sombong. Namun, sekarang dia berganti dengan Mini Cooper. Aura mobil kecil ini fun, happy, dan tidak perlu menang, atau kalah.

Saat ini, Indy Rahmawati tidak hanya sebagai presenter di tvOne saja. Namun sekarang ini ia disibukkan dengan podcast di kanal youtube VDVC. VDVC merupakan bagian dari Viva.co.id. Salah satu konten VDVC yaitu kanal VDVC Talk, yang hadir menyajikan konten podcast dan talkshow dengan menghadirkan sejumlah bintang tamu menarik. Dipandu oleh host Indy Rahmawati, konten-konten VDVC Talk menampilkan berita dan informasi secara tajam dan faktual. Jangan lupa untuk subscribe, like, komen, share untuk konten-kontennya ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya