Profil Bens Leo Pengamat Musik yang Meninggal Dunia karena Covid-19

Bens Leo
Sumber :
  • VIVA/Nuvola Gloria

VIVA – Bens Leo merupakan salah seorang wartawan dan pengamat musik senior. Bens Leo dikabarkan meninggal dunia ketika usianya menginjak 69 tahun karena keganasan Covid-19. Kabar kepergian Bens Leo disampaikan oleh pihak keluarga lewat akun Instagram. Keluarga juga tidak lupa untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang Bens Leo dengan cukuo mendoakannya dari rumah.

Gibran Absen di Upacara Hari Otoda, Tak Dapat Penghargaan Satyalencana

Sebelum kabar meninggalnya beredar, sahabatnya yang bernama Nini Sunny memberitahukan bahwa Bens Leo tengah terinfeksi Covid-19 dan kemudian dirawat di RS Fatmawati, Jakarta. Bahkan, dalam penjelasannya, Nini menyebutkan bukan hanya Bens Leo saja yang terinfeksi, tapi juga sang istri yang bernama Paulline Endang dan salah seorang putranya yang bernam Addo Gustaf.

Lantas, Siapa Bens Leo?

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Perjalanan Karier

Bens Leo

Photo :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria
Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Ia adalah seorang wartawan senior dan perjalanan kariernya memang sulit untuk bisa diikuti oleh jurnalis seusianya. Dirinya bisa bertugas rangkap menjadi seorang penyiar radio, MC, narasumber terkemuka, juri ahli dalam berbagai perlombaan menyanyi dan band, baik tingkat nasional atau internasional.

Karena itu, Henky Herwanto, pendiri Museum Musik Indonesia (MMI) membujuk Bens Leo untuk menulis buku yang terdiri dari tulisan serta foto-fotonya menjadi seorang wartawan musik Aktuil. Akhirnya ia tak kuasa untuk menolak. Apalagi, Mas Bens sudah memasuki usia 50 tahun untuk perjalanan kariernya di industri jurnalistik.

Karena mendengar kabar tersebut, ia merasa tertantang. Karena sangat jelas isi bukunya berbeda dari sekadar buku kisah perjalanan biasanya. Kemudian, Maret 2021, ketika sedang sibuk menjadi juri terbang di Nusa Tenggar timur, ia mulai membuat lebih lengkap dari isi bukunya.

Bens Leo kemudian meminta bantuan salah seorang rekannya yang bernama Nini Sunny. Selain itu, Bens juga mengatakan bahwa Nini sudah memetakan perjalanan jurnalistik Bens, setelah ia keluar dari Aktuil. Ia juga melibatkan berbagai pihak untuk membuat karya tersebut.

Karya Bens Leo

Bens Leo

Photo :
  • VIVAnews/Beno Junianto

Mas Bens pernah menulis sebuah buku yang berjudul Bens Leo dan Aktuil, Rekam Jejak Jurnalisme Musik. Ini adalah buku kumpulan tulisan Bens leo dalam majalah Aktuil. Buku ini menerangkan begitu berharganya profesi sebagai seorang jurnalis musik.

Terdapat pesan tersirat dalam buku tersebut, yaitu menulis musik bukan berada di dalam medan kebisingan, tapi kesunyian yang sublime. Buku ini cukup bisa menerangkan bahwa kehadiran majalah Aktuil adalah katalisator yang memecah kebekuan mengenai musik.

Penghargaan Bens Leo

Ahmad Dhani dan Bens Leo

Photo :
  • Dok.ist

Salah satu penghargaan Ben Leo didapatkan pada Minggu, 7 November 2021 yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap seniman Keroncong dan pengamat musik. Bens Leo adalah salah satu orang yang mendapat penghargaan tersebut ketika tergabung dalam Pagelaran Festival Keroncong 2021 Kota Surakarta di Hall Center Teriman Tirtonadi.

Selain itu, Bens Leo juga pernah meraih penghargaan Anugerah Bhakti Musik Indonesia 2016 yang diberikan oleh Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI). Berdasarkan keterangan Ketua Umum PAPPRI, Tantowi Yahya, penghargaan tersebut adalah apresiasi pada musisi atau pihak yang berpengaruh pada dunia musik Tanah Air.

Profil Bens Leo

Bens Leo

Photo :
  • VIVA/Gestina Rachmawati

Nama Lengkap: Benny Hadi Utomo

Nama Panggilan: Bens Leo

Tempat, tangal lahir: Pasuruan, 8 Agustus 1952

Usia: 69 Tahun

Wafat: 29 November 2021

Pasangan: -

Zodiak: Leo

Instagram: @bensleo52

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya