9 Fakta Unik Olvah Alhamid, Eks Puteri Indonesia Diduga Rasis pada WNA

Olvah Alhamid
Sumber :
  • Instagram/olvaholvah

VIVA – Baru-baru ini, Olvah Alhamid, salah seorang peserta Putri Indonesia 2015 mendadak jadi perbincangan hangat publik usai membuat instastory di akun Instagram pribadinya viral. Sebuah video rekaman Instagram Olvah Alhamid @olvaholvah memperlihatkan bagaimana seorang pemenang ajang kontes kecantikan Putri Indonesia Papua 2015 mengutarakan kata-kata yang diduga berbau rasisme.

Viral Orang India Tidak Boleh Beli Es Krim di Malaysia, Warganet: Ini Sih Rasis Parah!

Video tersebut lantas viral di seluruh media sosial, mulai dari Instagram, TikTok, sampai YouTube. Dalam video tersebut, tampak Olvah sedang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Ia kesal karena banyak warga negara asing (WNA) yang berkunjung ke Tanah Air padahal sedang dalam masa pandemi Covid-19, terutama untuk pendatang dari China. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai fakta menarik Olvah Alhamid.

Lalu, Apa Saja Fakta Menarik Olvah Alhamid?

Rachel Vennya Diusir dari Vila Mewah di Bali, TikTokers Ini Soroti Soal Rasisme dan Diskriminasi

Kerap Ikut Audisi dan Casting

Olvah Bwefar Alhamid

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra
Umat Islam di Bali Desak Polisi Proses Hukum Kasus Dugaan Rasis Arya Wedakarna

Bakat modeling yang dimiliki oleh Olvah Alhamid terus dikembangkan dan melebarkan sayapnya dengan mengikuti casting serta modeling. Hal inilah yang membuat dirinya sukses tampil di New York City, Amerika Serikat sebagai salah satu model Runaway. Bukan hanya itu saja, Olvah juga berhasil memakai busana cantik hasil rancangan designer dunia.

Berasal dari Papua

Olvah Alhamid

Photo :
  • Instagram/olvaholvah

Seperti yang kita ketahui bersama, Olvah Alhamid lahir dan besar di Tanah Papua. Selain itu, ia juga mempunyai warna kulit dan bentuk rambut yang menjadi ciri khas masyarakat Papua dan sangat menawan.

Sudah Menjadi Model

Olvah, finalis Puteri Indonesia.

Photo :
  • Ichsan/VIVA.co.id

Sejak dulu, Olvah Alhamid sudah mempunyai bakat di dunia modeling. Bakatnya tersebut ia perlihatkan melalui pose cantik dan menawan di depan kamera yang diunggah ke dalam akun Instagram pribadinya. Bahkan, wanita asal Papua ini juga pernah menjadi salah seorang model yang berjalan di NYFW Runaway.

Juara Putri Indonesia Papua 2015

Pada tahun 2015 silam, Olvah Alhamid juga pernah mengikuti ajang kontes kecantikan ternama yaitu Putri Indonesia Papua Barat. Karena mempunyai kemampuan di bidang modeling dan juga prestasi yang sangat luar biasa, Olvah berhasil menjuarai kontes kecantikan tersebut.

Masuk 5 Besar Putri Indonesia 2015

Karena sebelumnya sudah menjuarai Putri Indonesia Papua Barat, ia melenggang menuju Puteri Indonesia 2015. Ia sukses mencuri perhatian banyak orang sehingga sukses membawanya untuk menempati posisi 5 besar yaitu Runner-up 4. Bukan hanya itu saja, Olvah juga diberikan gelar sebagai Puteri Intelegensia 3 dalam ajang tersebut.

Perwakilan Indonesia di Miss Eco Universe 2016

Olvah Alhamid Bwefar

Photo :
  • Instagram/olvaholvah

Satu tahun berselang, tepatnya tahun 2016, wanita yang juga mempunyai darah Arab ini kembali mengikuti kontes kecantikan dengan skala yang lebih besar. Dalam ajang tersebut, dirinya berhasil masuk ke dalam 16 besar yang mewakili Indonesia. Bukan hanya itu, Olvah juga menerima sejumlah gelar, mulai dari Miss Digital, Miss Cooking Challenge, dan Best National Costume.

Pendidikan Olvah Alhamid

Olvah Alhamid mengenyam pendidikan di SMA Negeri 5 Surabaya. Setelah lulus dari bangku sekolah menengah, ia kemudian melanjutkan studinya di Universitas Groningen, Belanda, dan kemudian memperoleh gelar sarjana Sains tahun 2013. Bukan hanya itu, ternyata tahun 2012 silam ia juga lulus dari Universitas Indonesia dan mendapat gelar sarjana Ekonomi.

Menganut Agama Islam

Walaupun berasal dari Papua yang notabene menganut agama Kristen, tapi berbeda dengan Olvah Alhamid yang justru mempunyai keturunan Arab. Karena itu, dia dan keluarganya menganut agama Islam.

Pernah Mengalami Diskriminasi

Olvah Alhamid pernah mengatakan bahwa dirinya mengalami diskriminasi di dunia modeling karena warna kulitnya yang dipandang lebih gelap. Pada suatu saat, ia mengikuti sebuah casting film, para pencari bakat mengatakan bahwa Olvah terlalu cantik dan akhirnya gagal untuk mendapatkan peran. Pengalaman pahitanya tersebut lantas membuat Olvah down. Tapi kemudian, ia memutuskan untuk mneyuarakan isi hatinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya