John Lennon Tewas Ditembak Fans Fanatik 41 Tahun yang Lalu

John Lennon dan Yoko Ono
Sumber :
  • Dok.Radiox.co.uk

VIVA – Kematian John Lennon pada 8 Desember 1980 menjadi momen paling mengerikan dalam sejarah panjang musik rock. Telah kehilangan banyak musisi hebat selama bertahun-tahun, tetapi jarang ada seorang bintang yang terbunuh bahkan lebih jarang lagi musisi yang terbunuh adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar pada masyarakat, musik, seni dan budaya seperti John Lennon.

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

The Beatles bukan hanya bintang pop. Mereka bereksperimen dengan musik, mode, obat-obatan, dan agama dengan cara yang berdampak luas. Band favorit kamu tidak akan dapat melakukan setengah hal yang dapat mereka lakukan pada tahun 2020 jika bukan karena cara The Beatles mengguncang dunia pada tahun 1960-an.
Jadi ketika Lennon dibunuh secara brutal, pada usia 40 tahun, di tangga di luar rumahnya di New York, seluruh generasi tercengang. Apa yang terjadi? Siapa yang akan melakukan tindakan mengerikan seperti itu? Berikut rangkumannya yang menyadur dari radiox.co.uk.

John Lennon Comeback tahun 1980

Abeliano Menyemangati Hati dengan Lagu Terbaru, Hoping You'll Be Mine

Foto legendaris The Beatles menyeberangi Abbey Road (kiri-ke-kanan)

Photo :
  • ricespoonandfork.com

Apa yang sangat tragis tentang kematian Lennon adalah bahwa bintang itu baru saja memulai kembalinya ke bisnis musik setelah absen selama lima tahun. Pada tahun 1975, kontraknya dengan EMI telah berakhir dengan kompilasi Greatest Hits, Shaved Fish. Perusahaan The Beatles, Apple, akhirnya dibubarkan pada tahun berikutnya, yang berarti Lennon tidak memiliki komitmen dengan perusahaan rekaman mana pun.

Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"

Dan, untuk sementara waktu, dia menjauh dari bisnis pertunjukan. Dia merawat putranya yang baru lahir, Sean, pada Oktober 1975. Pada Juli 1976, Lennon akhirnya mendapatkan kartu hijaunya, yang memungkinkannya untuk tinggal di Amerika Serikat sebagai penduduk tetap. Saat itu dia bisa datang dan pergi sesuka hatinya, dia meninggalkan AS dan pergi ke Tokyo untuk mengunjungi kerabat istrinya, Yoko Ono. Pada musim panas 1980, saat Sean akan menginjak usia lima tahun, Lennon mulai menulis lagu lagi dan menghabiskan waktu di Bermuda mengerjakan musik baru. Dengan kreativitasnya yang mengalir, John telah menulis cukup banyak lagu untuk dua album baru.

John dan Yoko merencanakan sebuah rekaman yang akan menampilkan kedua ide musik mereka dan album yang akan menjadi Double Fantasy direkam di studio Hit Factory New York antara Agustus dan Oktober 1980.
Single pertama dari album ini adalah (Just Like) Starting Over, yang memiliki nuansa 1950-an dan lirik reflektif. Lennon telah kembali! Single ini diterima dengan baik dan sementara album yang menyertainya dianggap oleh beberapa kritikus sebagai pemanjaan diri setengah baya, penggemar Beatles senang melihat pahlawan mereka kembali ke tangga lagu sekali lagi, bersaing dengan sparring partner lamanya Paul McCartney.

Media penasaran dengan apa yang dilakukan Lennon selama hiatusnya dan mantan Beatle itu memberikan sejumlah wawancara. Sebuah diskusi panjang dengan Playboy melihat Lennon mendiskusikan lagu-lagu band lamanya secara panjang lebar, sambil tetap bersikeras bahwa The Beatles tidak memiliki "jawabannya". Namun, beberapa yang disebut "penggemar" tidak akan melepaskan gagasan The Beatles sebagai pemimpin generasi yang serba tahu.

Peristiwa 8 Desember 1980

John Lennon, The Beattles.

Photo :
  • U-Report

Minat pers terhadap Lennon masih tinggi saat Natal mendekat, Lennon dan Ono mengambil bagian dalam pemotretan dengan Annie Liebovitz untuk majalah Rolling Stone di apartemen mereka di gedung Dakota, tepat di seberang Central Park New York. Lennon dan Ono kemudian memberikan wawancara kepada DJ San Francisco Dave Sholin. Dalam obrolan tersebut, Lennon mengklaim bahwa dia sangat ingin memainkan musik barunya secara langsung, karena tidak pernah melakukan tur dengan benar sebagai artis solo. John mengakhiri diskusi dengan menandatangani tanda tangan untuk DJ.

Sesi Studio Terakhir John Lennon

Setelah wawancara radio selesai, Lennon dan Ono meninggalkan Dakota sekitar pukul 5 sore menuju Hit Factory, studio yang terletak di seberang kota. Yoko telah merekam sebuah lagu berjudul Walking On Thin Ice, yang mengakui band-band "New Wave" seperti The B52s yang dapat didengar di klub malam yang lebih trendi di New York. Tujuan dari sesi ini adalah untuk mencampur rekaman karena Lennon ingin mengeluarkannya sebelum Natal.

Saat pasangan itu meninggalkan Dakota, mereka berjalan melewati kerumunan penggemar yang biasa mulai berkumpul di sekitar gedung di Upper West Side kota, sejak Lennon mulai menjadi figur publik lagi. Salah satu penggemar menawarkan salinan album baru Double Fantasy dan Lennon menandatangani sampul album tersebut. Penggemar itu adalah Mark David Chapman.

Pembunuhan John Lennon

John Lennon.

Photo :
  • U-Report

Mark Chapman lahir di Texas, tetapi pada 1980 tinggal di Hawaii bersama istrinya Gloria. Saat itu berusia 25 tahun, ia telah menjadi penggemar Beatles saat remaja, tetapi sebagai orang Kristen yang dilahirkan kembali, ia marah dengan klaim John Lennon pada tahun 1966 bahwa band Liverpool "lebih populer daripada Yesus".
Permusuhannya terhadap musisi semakin kuat ketika John mulai muncul di media lagi pada tahun 1980. Chapman tidak dapat memahami bahwa pria yang memberitakan "All You Need Is Love" itu sekarang hidup sebagai jutawan di New York.

Chapman melakukan perjalanan ke kota pada Oktober 1980 dengan niat membunuh mantan Beatle, tetapi sesuatu berubah pikiran dan dia kembali ke rumah. Ketika Chapman melakukan perjalanan ke New York lagi pada tanggal 6 Desember lagi dengan revolver kaliber .38, tidak ada yang akan mencegahnya melakukan misinya yang mengerikan.

Chapman meninggalkan barang-barangnya di sebuah hotel bersama dengan salinan buku penulis Amerika J.D. Salinger, The Catcher In The Rye. Pembunuh itu kemudian mengatakan bahwa novel itu akan membentuk "pernyataan" -nya: buku itu pertama kali diterbitkan pada tahun 1951 dan menyangkut seorang remaja bermasalah bernama Holden Caulfield yang menentang semua "kepalsuan" yang dia temui. Novel pendek telah lama menjadi teks populer di kalangan anak muda yang tidak puas di seluruh dunia. Lennon, dalam pikiran Chapman, adalah "palsu".

Hampir sepanjang hari Senin, 8 Desember, Mark Chapman bergabung dengan kelompok obsesif Beatles yang berkeliaran di luar gedung Dakota, menunggu sekilas tentang pahlawan mereka. Dia merindukan Lennon tiba di apartemen pagi-pagi sekali, tetapi kemudian memiliki kesempatan untuk melihat putra John, Sean, muncul dengan pengasuhnya.

Ketika Lennon menandatangani album Chapman saat dia meninggalkan gedung malam itu, si pembunuh terjebak dalam kegembiraan bertemu dengan seorang Beatle. Tapi sore harinya, suasana hatinya berubah.
Sekitar pukul 22.50 malam itu, John Lennon dan Yoko Ono kembali ke Dakota dengan limusin mereka setelah sesi sukses mixing Walking On Thin Ice. John menganggap rekor itu sebagai peluang terbaik Yoko di chart hit. Pasangan itu berjalan melintasi trotoar dan melalui gapura yang menuju ke pintu masuk gedung.
Saat Lennon lewat, Mark Chapman menembakkan lima peluru dari revolvernya ke punggung Lennon. Pelurunya adalah "titik berongga", yang berarti mereka meledak menjadi pecahan peluru begitu mereka mengenai sasarannya.

Ketika Lennon tersandung ke pintu masuk Dakota, penjaga pintu Jose Perdomo mendengar keributan itu dan berlari untuk membantu. Petugas kepolisian New York dengan cepat tiba di tempat kejadian. Salah satu dari mereka, Petugas James Moran, mencoba untuk mendapatkan tanggapan dari sosok yang jatuh, bertanya: "Apakah Anda John Lennon? Lennon dilaporkan menjawab: "Ya."

Chapman, sementara itu, telah melepas mantelnya dan berdiri di bawah lampu, di mana dia ditemukan oleh penjaga pintu Jose Perdomo sedang membaca The Catcher In The Rye. Ketika Jose yang sedih dan bingung menuntut pemuda itu, "Tahukah Anda apa yang baru saja Anda lakukan?", Chapman menjawab dengan tenang: "Ya. Saya baru saja menembak John Lennon."

John Lennon tidak lagi bernapas ketika dia tiba di Rumah Sakit Roosevelt sepuluh menit kemudian, dan dia tidak memiliki denyut nadi. Petugas medis berjuang selama hampir 20 menit untuk menyadarkannya, tetapi peluru telah mencabik-cabik tubuhnya dan Beatle meninggal di ruang gawat darurat. Laporan koroner mengatakan bahwa Lennon telah kehilangan lebih dari 80% suplai darahnya.

Setelah Peristiwa Penembakkan John Lennon

Yoko Ono sangat terpukul ketika dia diberi berita itu. Dia memiliki tugas yang mengerikan untuk memberi tahu putranya yang berusia lima tahun bahwa ayahnya telah meninggal sebelum Sean dapat mendengarnya melalui media. Sebagian besar Amerika menemukan bahwa salah satu The Beatles telah dibunuh ketika berita itu diumumkan pada Monday Night Football, yang ditayangkan di TV malam itu. Berita itu menyebar semalam di negara asal Lennon, Inggris. Putra John yang lain, Julian, Bibi Mimi, dan mantan rekan satu bandnya semuanya diberitahu pada dini hari Selasa 9 Desember 1980.

George Harrison mengeluarkan pernyataan, mengatakan: "Setelah semua yang kita lalui bersama, saya memiliki dan masih memiliki cinta dan rasa hormat yang besar untuknya. Saya terkejut dan terpana." Ringo Starr dan istrinya Barbara Bach bergegas ke Dakota untuk bersama Yoko. Paul McCartney dihadang oleh pers saat keluar dari studio rekaman. Ketika dimintai komentar atas kematian Lennon, McCartney tidak dapat mengungkapkan kesedihannya, dengan melontarkan kata-kata yang kurang ajar: "Seret, bukan?" Ia langsung menyesali pernyataan tersebut namun mampu memberikan penghormatan kepada rekannya yang gugur dengan baik dalam lagu Here Today.

Tidak ada pemakaman untuk John Lennon, hanya kremasi pribadi. Tapi Yoko dan Sean mengadakan vigil untuk The Beatle pada 14 Desember 1980 dengan mengheningkan cipta selama sepuluh menit. Abu Lennon ditaburkan di Central Park, di seberang Dakota, di mana sekarang ada monumen yang disebut Strawberry Fields.

Di Inggris, musik Lennon ada di mana-mana. Natal tahun itu diwarnai dengan kesedihan - (Just Like) Starting Over menempati posisi No 1 di tangga lagu, dengan cepat diikuti oleh Imagine klasik tahun 1971, yang bertahan di puncak selama empat minggu. Kemudian Imagine terlempar dari posisi teratas oleh Woman, sebuah lagu dari Double Fantasy.

Lagu-lagu lainnya yang telah direkam John sebelum kematiannya akhirnya dikeluarkan sebagai album Milk And Honey pada tahun 1984. Dan Yoko mendapatkan hitnya ketika Walking On Thin Ice (subtitle "For John") masuk chart pada awal tahun 1981.

Mark Chapman diwawancarai selama ratusan jam oleh psikiater yang ditunjuk pengadilan atas nama pengacara pembela dan penuntutan. Pembela menyimpulkan bahwa Chapman adalah penderita skizofrenia paranoid, sementara penuntut mengklaim dia kompeten untuk diadili. Chapman sendiri mengambil keputusan untuk mengaku bersalah atas pembunuhan tersebut dan dia dijatuhi hukuman 20 tahun seumur hidup.

Pada tahun 2020, empat puluh tahun setelah pembunuhan itu, Chapman mengajukan pembebasan bersyarat untuk kesebelas kalinya. Hakim menolaknya, mengklaim bahwa pembebasan si pembunuh "tidak akan sesuai dengan kesejahteraan masyarakat". Chapman memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat lagi pada tahun 2022, ketika dia akan berusia 67 tahun. 

Itulah kisah kematian John Lennon yang mengerikan. Hari ini, tepat 41 Tahun Hari Kematian John Lenon yang ditembak Fansnya Sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya