Tak Dukung Timnas, Presenter Ardes Goenawan Doakan Kekalahan Indonesia

Ardes Goenawan.
Sumber :
  • Instagram @ardesgoenawan

VIVA – Kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura dalam perhelatan semi final Sabtu malam lalu, 25 Desember 2021, tak sepenuhnya didukung penuh oleh seluruh warga Indonesia. Salah satu yang viral usai pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF, yakni presenter Ardes Goenawan.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Nama Ardes mendadak ramai diperbincangkan di hampir semua platform media sosial yang membuat publik murka. Mulanya, Ardes yang merupakan presenter TV tersebut membagikan opini merendahkan Timnas Indonesia di akun media sosial Instagramnya @ardesgoenawan.

Ardes menuliskan pendapatnya tentang kemenangan timnas Indonesia melawan Singapura di putaran kedua semifinal Piala AFF 2020 itu dalam sebuah Instagram Story pada Minggu, 26 Desember 2021.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Dalam unggahan itu, Ardes menyebut jika permainan Timnas Indonesia seakan tak layak dirayakan, meskipun telah membawa mereka lolos ke final Piala AFF 2020. Bagi dia, euforia pasca kemenangan semalam berlebihan.

Ardes Goenawan.

Photo :
  • Instagram @ardesgoenawan
Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

"Masuk final AFF gembiranya serasa pahlawan legenda juara Piala Dunia. Hampir kalah di kandang sendiri melawan 9 pemain. Banyak gaya dan provokatif. Intinya, OVER-RATED," tulis @ardesgoenawan, dikutip Senin, 27 Desember 2021.

"No offense, tapi ini adalah salah atu dari sedikit indikator bahwa Indonesia masih belum matang di cabang sepakbola," sambungnya.

Saking marahnya karena kecewa, Ardes Goenawan bahkan berharap supaya Indonesia kalah di Final Piala AFF 2020. Ia mendoakan supaya tim lawan, yakni antara Thailand atau Vietnam yang masuk sebagai juaranya.

"Apresiasi untuk kerja keras pelatih dan para pemain muda Indonesia, tapi gue harap gak juara sih. Aneh banget tim yang hampir kalah dari 9 pemain bisa juara. Semoga Thailand atau Vietnam aja yang juara," ungkapnya.

Ia juga menyarankan warganet untuk tidak mengaitkan dukungan terhadap tim sepakbola dengan nasionalisme. Bahkan, secara terang-terangan, ia mengaku lebih mendukung Timnas Singapura dan Thailand ketimbang Indonesia.

"And please gak usah mengaitkan keberpihakan tim sepakbola dengan nasionalisme. GAK ADA KORELASINYA. Gue dukung Singapore & Thailand, bukan berarti gue gak cinta negara. Alasannya? Yah ribet... Seribet ngorek hati wanita," tutup @ardesgoenawan.

Diketahui, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Singapura 4-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung dengan sangat dramatis selama 120 menit, di Stadion National, Sabtu malam lalu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengakui kemenangan timnya ini tak lepas dari beberapa keputusan wasit. Salah satunya adalah tiga kartu merah yang diberikan kepada pemain Singapura: Safuan Baharudin, Irfan Fandi dan Hassan Sunny.

Hanya saja, juru taktik asal Korea Selatan itu menegaskan, keputusan yang dikeluarkan oleh wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi tepat dan bukan sengaja untuk menguntungkan Timnas Indonesia.

Kemenangan tersebut membuat Timnas Indonesia menang dengan agregat 5-3 atas Singapura. Skuad Garuda (julukan Timnas Indonesia) berhak melenggang ke partai final Piala AFF.

Squad Timnas Indonesia akan melawan Thailand di final Piala AFF. Thailand menang melawan Vietnam dalam semifinal dengan skor agregat 2-0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya