Alasan Furi Harun Asuh 349 Boneka Arwah dan Tata Cara Pengasuhannya

Furi Harun.
Sumber :
  • Instagram @furiharun

VIVA – Furi Harun kini menjadi sorotan publik setelah spirit doll atau boneka arwah ramai dikoleksi para selebriti Tanah Air. Furi  sendiri merupakan seorang kolektor boneka arwah. Di tahun 2021 lalu, melalui channel YouTubenya, ia mengungkap dirinya sudah mengoleksi 330 boneka arwah dan kini mengasuh 349 boneka.

Anya Geraldine Jadi Ibu Kehilangan Anak di Film Spirit Doll

Diungkap oleh Furi, ia mengadopsi ratusan boneka tersebut lantaran ingin mendoakan arwah dan membimbingnya agar segera kembali ke jalan Tuhan.

"Kebanyakan dari mereka merupakan bayi yang diaborsi atau anak yang merupakan korban kekerasan orang tua sehingga mereka meninggal penuh dendam. Tapi mereka ingin segera kembali ke Tuhan. Jadi setiap pagi kita ajak doa bersama bareng-bareng memanjatkan doa ke Tuhan," kata Furi dalam tayangan YouTubenya berjudul QnA Boneka Arwah, dikutip VIVA, Selasa, 4 Januari 2022.

Roy Kiyoshi Sebut Rumah Tangga Lesti-Billar Bakal Ada Perpisahan Tragis

Lebih lanjut, Furi juga mengungkapkan bahwa sebagai orang tua asuh dirinya mengajarkan hal-hal yang baik kepada anak asuhnya itu. Dan mengajarkan untuk tidak boleh mencelakakan manusia dan sesama arwah.

Furi Harun dan Spirit Doll

Photo :
  • Instagram @furiharun
Furi Harun, Selebgram Pengoleksi Boneka Arwah Bakal Menikah

"Kemudian diajarkan hal-hal yang baik. Todak boleh mencelakakan manusia, tidak boleh mencelakakan sesama arwah juga. Sehingga bisa mendapatkan tempat yang lebih baik," ungkap Furi.

Furi juga menjelaskan bahwa untuk mengadopsi boneka arwah ini bisa dilakukan oleh setiap orang. Asalkan orang tersebut mau mengasuh dan mendoakan anak asuhnya dengan baik. Selain itu pengasuh juga harus bekerja, sebab untuk merawat boneka arwah ini butuh biaya untuk pakaian, camilan dan susunya.

"Untuk adopsi boneka arwah tidak harus indigo. Orang yang tidak indigo, yang tidak memiliki kemampuan komunikasi atau melihat arwah asalkan dia mau mengasuh dan mendoakan dengan baik, dia diberikan izin mengadopsi. Karena ini bukan pesugihan, bukan tumbal. Jadi orang tua asuh harus bekerja, karena untuk merawat boneka butuh biaya, seperti pakaiannya, susunya, camilannya harus disediakan," jelas Furi Harun.

Terkait dengan makanan, Furi menjelaskan lebih lanjut bahwa sebenarnya boneka arwah tidak perlu dikasih makan dan minum. Menurutnyam boneka arwah itu hanya membutuhkan doa. Namun, karena ia memiliki rasa empati, Furi tidak tega dan akhirnya memberikan makanan, camilan dan susu setiap hari.

Furi Harun dan Spirit Doll

Photo :
  • Instagram @furiharun

"Sebenarnya mereka tidak dikasih makan minum pun tidak apa-apa, mereka bisa cari sendiri. Mereka butuhnya doa, tetapi karena enggak enak karena dia tinggal dengan kita bareng-bareng, Kak Furry sediakan jajanan, aemilan, minuman, sehingga mereka merasa disayangi. Sementara waktu ini karena saya selalu bilang ini hanyalah sementara sampai kalian kembali ke Tuhan. Jangan ingin tinggal di boneka ini selamanya," kata Furi.

Di sisi lain, terkait apakah boneka arwah harus selalu minum susu, Furi Harun mengungkap bahwa ada beberapa boneka arwah yang minum susu dan ada yang tidak.

"Tidak semua boneka arwah bakalan minum susu. Jadi kadang ada yang aktif minum susu, ada yang tidak. Ada yang sekarang minum, besok tidak. Karena mereka bisa minum sari patinya saja, jadi aktif atau tidaknya tidak bisa dinilai hanya dari susunya netes saja atau tidak," ungkap Furi Harun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya