Psikolog Ingatkan Ivan Gunawan: Kalau Diteruskan Bisa Jadi Gangguan

Ivan Gunawan.
Sumber :
  • Instagram Ivan Gunawan

VIVA – Ivan Gunawan belakangan menjadi sorotan menyusul dengan dirinya yang diketahui menganggap boneka layaknya seperti anak sendiri. Tindakan Ivan Gunawan tersebut pun menuai pro dan kontra di masyarakat.

Detik-detik Mengerikan ODGJ Bacok Tetangganya Pakai Parang di Koja

Ramainya pemberitaan mengenai Ivan Gunawan tersebut membuat psikolog Lita Gading angkat bicara. Melalui akun TikToknya, Lita Gading mengungkap bahwa tindakan Ivan Gunawan tersebut antara sensai, obsesi dan afeksi.

"Kamu mungkin tidak perlu lagi sensasi karena kamu sudah menjadi artis terkenal," kata Lita Gading di akun TikToknya.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Lebih lanjut mungkin saja tindakan Ivan Gunawan yang mengadopsi boneka dan memperlakukannya seperti layaknya manusia bisa saja merupakan obsesi Ivan Gunawan untuk memiliki anak.

"Dan obsesi mungkin saja kamu menginginkan seorang anak, ya nikah saja, susahnya dimana? Atau mengambil dari yatim piatu bisa saja namun mungkin ketidaksiapan mental kamu untuk melakukan itu," kata Lita Gading di akun TikToknya.

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Namun Lita Gading menjelaskan bahwa jika Ivan Gunawan tidak bisa menyamakan boneka dengan manusia hidup untuknya meluapkan emosi.

"Nah yang bisa kamu lakukan untuk luapkan emosi kamu kepada boneka. Namun boneka ini benda mati, tidak bisa kamu samakan dengan manusia hidup, bayi hidup yang mempunyai rohnya yang mempunyai nyawanya" kata dia.

Lita Gading juga mewanti-wanti Ivan Gunawan jika desainer tersebut melakukan hal itu berulang-ulang bisa menjadi tanda-tanda gangguan. Dia juga mengingatkan Ivan untuk berhati-hati dalam bersikap lantaran Ivan Gunawan merupakan public figure yang setiap tindakan bisa dicontoh orang lain.

"Jadi di dalam kajian saya dalam bidang keilmuan saya kalau terus dilakukan bisa masuk ke dalam gangguan, jadi hati-hati dalam melakukan satu tindakan tertentu yang membuat yang menginfluencer terhadap orang lain yang membuat orang lain menjadi ikut-ikutan kamu. Pola tingkah kamu itu akan menjadi sesuatu yang tidak enak lagi di lihatnya, dan tidak baik dampaknya terhadap orang lain," kata dia.

Sebelumnya, Ivan Gunawan tampil di podcast Boy William baru-baru ini. Dalam podcast tersebut Ivan Gunawan sempat memperkenalkan kepada Boy William dengan dua bayi laki-lakinya, yang bernama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan.

Namun saat menunjukkan salah satu bayi laki-lakinya itu, Boy William sempat terkejut lantaran sosok bayi yang dianggap bayi oleh Ivan Gunawan ternyata adalah boneka yang mirip dengan manusia. Ivan Gunawan bahkan bersikeras mengungkap bahwa itu adalah bayi ketika Boy William mengatakan boneka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya