Positif COVID-19 Usai Pulang dari Turki, Begini Kondisi Ashanty

Ashanty.
Sumber :
  • Instagram/ashanty_ash

VIVA – Ashanty diketahui terkonfirmasi positif COVID-19 usai menjalani tes PCR saat tiba di pintu masuk kedatangan luar negeri. Ashanty diketahui baru saja melakukan perjalanan ke Turki bersama dengan keluarganya.

Kondisi Terkini Anang Hermansyah dan Ashanty di Dubai, Kepulangan Tertunda Akibat Badai

"Memang, ada Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) salah satunya inisial A saat entry tes didapatkan hasil PCR positif (COVID-19) dan saat ini sedang menjalani karantina di hotel karantina," kata Nadia saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 7 Januari 2021.

Lebih lanjut, Nadia menjelaskan bahwa berdasarkan prosedur Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang hasil PCR positif akan menjalankan pemeriksaan tes PCR S Gene Target Failure (SGTF) dan whole genome sequencing.

Momen Menegangkan Anang Hermansyah dan Keluarga Terjebak Banjir di Dubai

Tes ini dilakukan untuk mendeteksi varian Omicron secara akurat. Hal ini harus dilakukan dengan tes khusus yakni dengan whole genome sequencing. Namun, tes PCR S Gene Target Failure (SGTF) juga kemungkinan besar dilihat melalui tes ini.

Ashanty

Photo :
  • IG @ashanty_ash
Terungkap! Keajaiban yang Dialami Ashanty Saat Umrah, Kisahnya Bikin Merinding

"Sesuai prosedur yang ada semua kasus positif PPLN kita lakukan pemeriksaan SGTF dan Whole Genom Sequencing untuk memastikan variannya," kata Nadia.

Namun hingga saat ini, pihak Kementerian Kesehatan belum bisa memastikan apakah Ashanty benar terpapar varian Omicron. Sebab saat ini masih dalam proses pemeriksaan.

"Saat ini sedang dalam proses pemeriksaan keduanya. Hasilnya maksimal dua hari," kata dia.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan kalau Ashanty sendiri mengalami gejala ringan yakni batuk dan pilek.

“Batuk dan pilek ringan,” kata Nadia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya