Prisia Nasution Miris Banyak Stigma Negatif pada Orang Gangguan Jiwa

Aktris Prisia Nasution. Logo ads
Aktris Prisia Nasution.
Sumber :
  • VIVA/Putri Dwi

VIVA – Aktris Prisia Nasution bersama beberapa rekan sejawatnya aktif mengampanyekan gerakan sosial 'Peduli itu Tidak Diam' yang menyasar pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Berkolaborasi dengan BARDI Smart Home Indonesia, Prisia yang juga merupakan eks atlet pencak silat dan penggemar olahraga bola basket tersebut, rencananya akan menggelar acara Sports Charity Program yang melibatkan ODGJ bersama beberapa komunitas basket yang akan dilangsungkan pada Minggu 23 Januari 2022 mendatang, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan. Agenda ini juga merupakan rangkaian kampanye dari gerakan 'Peduli itu Tidak Diam' di tahun 2022.

Ditemui selepas acara jumpa pers dan technical meeting, wanita berdarah Batak dan Jawa itu mengatakan, ini merupakan kegiatan sosial yang diusung oleh Kopi Panas Foundation (KPF) yang dia dirikan untuk membantu sesama, khususnya ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

"Kegelisahan saya terhadap teman-teman ODGJ itu dimulai pada tahun 2016. Saat itu ada satu momen di mana saya melihat seorang ODGJ sedang berada di jalan dengan kondisi yang sangat memprihatinkan," ujarnya di kawasan Bintaro, baru-baru ini. 

"Hal itu terus membekas dalam memori saya dan kemudian saya terpanggil untuk memberikan perhatian lebih khususnya kepada teman-teman ODGJ. Yang perlu diinformasikan dan diluruskan kepada masyarakat adalah stigma tentang ODGJ itu meresahkan 100 persen tidak benar," tuturnya. 

Menurut Prisia, banyak dari ODGJ yang secara perlahan bisa sembuh walau dengan proses yang membutuhkan waktu lama dan tentunya perhatian dari kita. 

"Mereka bisa berinteraksi dengan kita dan tugas memerhatikan ODGJ jangan lantas ditujukan kepada pemerintah (dinas sosial atau Kementerian Kesehatan) saja. Sebagai sesama umat manusia kita pun bisa membantu meringankan beban mereka, baik dalam bentuk dukungan materi dan non materi," kata dia.