Prisia Nasution Miris Banyak Stigma Negatif pada Orang Gangguan Jiwa

Aktris Prisia Nasution.
Sumber :
  • VIVA/Putri Dwi

VIVA – Aktris Prisia Nasution bersama beberapa rekan sejawatnya aktif mengampanyekan gerakan sosial 'Peduli itu Tidak Diam' yang menyasar pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Berkolaborasi dengan BARDI Smart Home Indonesia, Prisia yang juga merupakan eks atlet pencak silat dan penggemar olahraga bola basket tersebut, rencananya akan menggelar acara Sports Charity Program yang melibatkan ODGJ bersama beberapa komunitas basket yang akan dilangsungkan pada Minggu 23 Januari 2022 mendatang, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan. Agenda ini juga merupakan rangkaian kampanye dari gerakan 'Peduli itu Tidak Diam' di tahun 2022.

Ditemui selepas acara jumpa pers dan technical meeting, wanita berdarah Batak dan Jawa itu mengatakan, ini merupakan kegiatan sosial yang diusung oleh Kopi Panas Foundation (KPF) yang dia dirikan untuk membantu sesama, khususnya ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

"Kegelisahan saya terhadap teman-teman ODGJ itu dimulai pada tahun 2016. Saat itu ada satu momen di mana saya melihat seorang ODGJ sedang berada di jalan dengan kondisi yang sangat memprihatinkan," ujarnya di kawasan Bintaro, baru-baru ini. 

"Hal itu terus membekas dalam memori saya dan kemudian saya terpanggil untuk memberikan perhatian lebih khususnya kepada teman-teman ODGJ. Yang perlu diinformasikan dan diluruskan kepada masyarakat adalah stigma tentang ODGJ itu meresahkan 100 persen tidak benar," tuturnya. 

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Menurut Prisia, banyak dari ODGJ yang secara perlahan bisa sembuh walau dengan proses yang membutuhkan waktu lama dan tentunya perhatian dari kita. 

"Mereka bisa berinteraksi dengan kita dan tugas memerhatikan ODGJ jangan lantas ditujukan kepada pemerintah (dinas sosial atau Kementerian Kesehatan) saja. Sebagai sesama umat manusia kita pun bisa membantu meringankan beban mereka, baik dalam bentuk dukungan materi dan non materi," kata dia. 

"Kita yang normal pun bisa juga mengidap ODGJ karena kita tidak mampu meredam stres dalam keseharian kita. Untuk itu, perlu adanya wadah yang baik guna membantu ODGJ dan juga mencegah orang-orang supaya tidak centering mengidap ODGJ," ujarnya. 

Kolaborasi KPF x BARDI meliputi 5 rangkaian program, di antaranya Sports Charity Program, yang didukung oleh beberapa publik figur yang merupakan KPFriends dan teman-teman ODGJ, di mana mereka akan berolahraga khususnya bermain bola basket bersama. 

"Selain Sports Charity Program, empat rangkaian program lainnya adalah Happy Sharing yakni kunjungan ke Panti ODGJ Mitra KPF. Kemudian ada Rumah Asa program membangun atau merenovasi panti ODGJ mitra KPF, Lalu ada ODGJ berkarya. Yang terakhir Ngopi Bareng ODGJ yang merupakan Talkshow bersama teman-teman ODGJ. Rangkaian program ini baru pertama kali dan akan segera tayang di Channel Youtube Kopi Panas Foundation," tuturnya lagi.

Adapun  beberapa artis yang pernah terlibat di Sports Charity Program sebelumnya dan yang akan datang di antaranya, Augie Fantinus, Uus, Annisa Cikal Rambu, Denny Sumargo, Asri Welas, Reza Nangin, pemain timnas basket Putri Priscilla Karen, dan publik figur lainnya seperti Savira Aliva Sjahril, dan Haris Ilano Virza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya