Viral Kisah di Balik Cerita Upin-Ipin, Ini Penjelasan Klarifikasinya

Serial kartun Upin Ipin
Sumber :

VIVA – Siapa tak kenal dengan serial animasi asal Malaysia, Upin Ipin. Cerita Upin-Ipin yang telah memasuki season 17 ini selalu menarik perhatian masyarakat termasuk di Indonesia.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Upin Ipin sendiri merupakan serial animasi yang bercerita tentang dua anak kembar bernama Upin dan Ipin yang tinggal di kampung Durian Runtuh bersama dengan sang nenek (Opah) dan kakaknya (Kak Ros). Upin Ipin sendiri merupakan anak yatim piatu.

Upin dan Ipin bersekolah di Tadika Mesra. Mereka berteman dengan banyak teman yang bermacam-macam tingkah lakunya, seperti Mei Mei, Jarjit Singh, Ehsan, Fizi, dan Mail.

Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa, Sudah Ditegur tapi Ngeyel

Namun beberapa hari belakangan ini, sosok Upin Ipin tengah ramai diperbincangkan di media sosial TikTok. Akun TikTok itz.me.andin012 membagikan cerita terkait dengan dua anak kembar tersebut.

Dalam video itu akun tersebut membagikan cerita terkait kabar meninggalnya Upin Ipin yang disertai potret makam mereka. Upin bernama Arufin, sedangkan Ipin bernama Arifin. Upin meninggal pada 1995, sedangkan Ipin meninggal pada 1996.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

Untuk mengenang cucunya itu, Opah membuat cerita khayalan soal mereka. "Upin Ipin di kisah nyata sebenarnya sudah meninggal," tulis akun tersebut.

Lebih lanjut diceritakan bahwa saat perjalanan menuju ke rumah sang nenek, terjadi insiden kecelakaan. Kecelakaan itu diketahui menewaskan satu keluarga itu, termasuk Upin, Ipin, dan Kak Ros.

"Jadi sebenarnya Upin Ipin sebenarnya meninggal. Satu keluarga Upin Ipin, mamaknya, bapaknya, semuanya sama kakaknya kak Ros mau berlibur dan katanya dalam perjalanan itu kecelakaan dan mati semua satu keluarga," kata akun itu.

Disebut juga bahwa cerita mengenai Upin dan Ipin adalah khayalan dari sang nenek Opah. "Jadi cerita upin dan ipin hanya hayalan opah saja," tulis akun itu.


Ramainya cerita mengenai sosok Upin dan Ipin di media sosial TikTok membuat netizen Indonesia dan Malaysia menyerbu kolom komentar dari rumah produksi Upin Ipin, yakni Les'Copaque Production.

"Hi..mohon d jwb ya..aq pggemar upin ipin dr indo.trmsk anak2ku skrh jg suka. Tp ada info yg beredar di indo mngenai kisah asli upin ipin???di fyp tiktok indo rame," tulis netizen.

"Konfirmasi cerite upin ipin lah ini cerita fiktif ke atau khayalan oppa yang viral di tiktok tu," ujar lainnya.

"Admin boleh x buat statement official pasal ad bbrape akaun tiktok post pasal upin ipin dah lama meninggal dn semua adengan tu ilusi dr opah...," ujar lainnya.

"Konfirmasi dong apa bener yang lagi viral di tiktok tentang masa lalu upin dan ipin," ungkap lainnya.

Dan akhirnya, klarifikasi mengenai kabar tersebut pun muncul dari unggahan akun Instagram official Upin & Ipin, Senin 17 Januari 2022, yang menjelaskan terkait mencuatnya konten soal cerita-cerita di balik kisah Upi-Ipin.

“Cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada,” tulis caption dari postingan tersebut.

“Idea asal cerita Upin & Ipin adalah dari Hajah Ainon yang juga pelakon suara Opah. Setiap cerita yang ditulis bukan sahaja mudah difahami tetapi juga sarat dengan mesej yang bermanfaat,” lanjut penjelasan di caption tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya