7 Fakta Kasus Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun, Banding?

Gaga Muhammad
Sumber :
  • IG @infotabanan_new

VIVA – Nama seorang selebgram Gaga Muhammad kembali menjadi perbincangan hangat warganet. Setelah resmi dijadikan sebagai tersangka atas kasus kecelakan mobil bersama dengan Laura Anna, sidang kasus kecelakaan lalu lintas tersebut kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, pada Rabu, 19 Januari 2022. Hakim Ketua Lingga Setiawan menyatakan bahwa Gaung Sabda Alam atau Gaga Muhammad secara sah diyakini bersalah melakukan tindak pidana. 

6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

Hal ini karena Gaga Muhammad mengendalikan kendaraan bermotor secara lalai sampai mengakibatkan kecelakaan dengan korban yang mengalami luka berat. Vonis yang dijatuhkan oleh hakim ketua terhadap Gaga Muhammad sama sperti yang telah diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum. Hakim ketua kemudian membacakan putusan yang diawali dengan hasil musyawarah sidang. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kasus Gaga Muhammad, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. 

Lantas, Apa Saja Fakta Kasus Gaga Muhammad?

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

1. Lalai dalam Mengendarai Kendaraan Bermotor

Gaga Muhammad.

Photo :
  • Instagram @gagamuhammad
Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Karena kecelakaan yang dialaminya beberapa tahun yang lalu, membuat Laura Anna harus mengalami kelumpuhan sampai akhirnya meninggal dunia pada 15 Desember 2021. Sebelumnya, JPU menilai bahwa Gaga Muhammad lalai dalam mengendarai mobil sampai akhirnya membuat kecelakaan lalu lintas. Kemudian, pada sidang yang digelar hari ini, Rabu, 19 Januari 2022 hakim ketua juga mengatakan hal yang sama bahwa Gaga Muhammad melakukan kelalaian dalam berkendara sampai korban mengalami luka berat. 

2. Mengonsumsi Alkohol

Gaga Muhammad.

Photo :
  • Instagram @gagamuhammad

Sekitar 2 minggu yang lalu, dalam keterangan sidang, Jaksa mengatakan beberapa fakta mengenai kasus Gaga Muhammad. Salah satunya bahwa pria dengan nama lengkap Gaung Sabda Alam ini terbukti mengendarai mobil dalam keadaan terpengaruh alkohol. Karena itu, membuat dirinya dan Laura kecelakaan. 

3. Mengganggu Psikologis Laura Anna

Gaga Muhammad

Photo :
  • IG @infotabanan_new

Kecelakaan yang sampai membuat Laura Anna mengalami kelumpuhan dan perawatan di rumah sakit dalam waktu yang lama membuat kondisi pikologis Laura Anna terganggu. Bahkan, Laura sampai mengalami trauma yang berat karena kecelakaan tersebut. 

4. Dituntut 4,5 Tahun Penjara dan Denda Rp10 Juta

Sidang vonis Gaga Muhammad

Photo :
  • ANTARA

Dalam persidangan hari ini, hakim ketua membacakan putusan kepada Gaga Muhammad yang menjadi terdakwa. Karena situasi tersebut, Gaga pun pada akhirnya dijatuhi hukuman selama 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp10 juta. Putusan hakim tersebut sama seperti JPU dalam sidang sebelumnya. Saat itu, JPU menuntut pria 22 tahun tersebut dengan pasal 310 ayat 3 UU tentang lalu lintas dan angkutan jalan. 

5. Alasan JPU Meringankan Hukuman Gaga

Selebgram Edelenyi Laura Anna dan Gaga Muhammad

Photo :
  • IG Edelenyi Laura Anna

JPU mengatakan bahwa terdapat sejumlah pertimbangan untuk meringankan hukuman selebgram Sabda Guntur Alam Muhammad. JPU menjelaskan bahwa hal yang meringankan hukuman tersebut adalah bersikap sopan dalam persidangan dan terdakwa menyadari serta menyesali kesalahan yang pernah dibuatnya. Gaga juga belum pernah dihukum dan masih muda sehingga diharapkan bisa memperbaiki prilakunya. 

6. Akan Melakukan Banding

Gaga Muhammad

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

Usai mendengarkan bacaan vonis hukuman selama 4,6 tahun penjara dan denda Rp10 juta, Gaga Muhammad bersama dengan pengacaranya memilih untuk memikirkan terlebih dahulu mengenai banding atas vonis tersebut. 

7. Tanggapan Ibu Gaga Muhammad

Ibunda Gaga Muhammad, Janariyah

Photo :
  • Tangkapan layar

Sementara itu, ibunda Gaga Muhammad, Janariah juga menanggapi vonis hukuman yang dijatuhkan kepada putranya. Janariah mengaku tidak apa-apa dan akan menerima hukuman tersebut karena memang itu yang terbaik. 

Lebih lanjut, Janariah mengatakan bahwa Gaga diadili di dunia, sementara Laura dapat pengadilan di Akhirat. Ia mengatakan bahwa vonis kepada Gaga Muhammad telah menjadi keputusan hakim dan terjadi di dunia sehingga masih bisa dibolak-balik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya