Omicron Melonjak di Amerika, Grammy Awards Ditunda April 2022

Grammy Awards.
Sumber :
  • Grammy

VIVA – Grammy Awards 2022 ditunda hingga 3 April di Las Vegas menyusul lonjakan infeksi COVID-19. Acara yang semula dijadwalkan pada 31 Januari besok itu ditunda mengingat kasus meningkat akibat badai Omicron. Seperti diketahui, kasus Omicron melonjak di Amerika Serikat, membuat sejumlah acara yang dijadwalkan dihelat awal tahun terpaksa harus tertunda.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Dikutip dari E!Online, Recording Academy mengumumkan bahwa acara tersebut akan pindah ke Las Vegas dan berlangsung pada 3 April 2022 di MGM Grand Garden Arena. Komedian Trevor Noah akan kembali sebagai pembawa acara.

Upacara tahunan, untuk menghormati para musisi bertalenta di industri musik, tidak akan berlangsung pada tanggal yang dijadwalkan sebelumnya pada 31 Januari 2022. Langkah ini dilakukan di tengah lonjakan global yang dipicu oleh munculnya varian virus Omicron yang lebih menular.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

"Setelah pertimbangan dan analisis yang cermat dengan pejabat kota dan negara bagian, pakar kesehatan dan keselamatan, komunitas artis dan banyak mitra kami, Recording Academy dan CBS telah menunda Pertunjukan Penghargaan GRAMMY Tahunan ke-64," kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan kepada E! News.

Proyeksi tersebut muncul meskipun data yang berkembang bahwa varian Omicron tidak menunjukkan gejala parah dari varian pendahulunya. Bahkan, data yang diungkapkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit minggu lalu menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi Omicron memiliki kemungkinan 91 persen lebih kecil untuk meninggal dibandingkan orang yang tertular Delta.

Diduga Sakit Jiwa, Bule Amerika di Bali Nekat Culik Bocil Perempuan

Tetapi, dalam perkembangannya semakin terlihat perubahan. Menurut data yang dirilis oleh agensi Selasa, varian Omicron membuat 99,5 persen kasus aktif di Amerika. Data terbaru di Amerika Serikat mencatat 1.060.547 kasus baru COVID-19.

Meski begitu, Direktur CDC, Dr Rochelle Walensky, mengatakan pekan lalu bahwa varian Delta bahkan masih bertanggung jawab atas peningkatan kematian baru-baru ini yang diderita oleh AS meskipun merupakan proporsi kasus yang minimal.

"Kesehatan dan keselamatan orang-orang di komunitas musik kami, penonton langsung, dan ratusan orang yang bekerja tanpa lelah untuk menghasilkan pertunjukan kami tetap menjadi prioritas utama kami," lanjut keterangan pers tersebut.

Ini menandai tahun kedua berturut-turut bahwa tanggal Grammy, yang biasanya diadakan pada Januari atau Februari, telah diundur karena lonjakan virus corona sejak pandemi dimulai pada Maret 2020. 

Grammy Awards sebelumnya akan ditayangkan langsung di depan penonton di tempat biasanya, Crypto.com Arena, yang sebelumnya dikenal sebagai Staples Center, di Los Angeles. Sumber mengatakan bahwa meskipun stadium memiliki pertandingan bola basket atau hoki atau konser yang dipesan hampir setiap malam hingga pertengahan April, cukup banyak artis dan eksekutif yang menyuarakan keengganan untuk tampil di Grammy.

"Mengingat ketidakpastian seputar varian Omicron, mengadakan pertunjukan pada 31 Januari mengandung terlalu banyak risiko. Kami berharap dapat merayakan Malam Terbesar Musik di tanggal mendatang, yang akan segera diumumkan," pungkasnya.

Tahun lalu, Grammy 2021 ditunda dari Januari hingga Maret di tengah lonjakan COVID-19 yang dimulai pada musim gugur sebelumnya. Trevor Noah dari The Daily Show menjadi pembawa acara upacara dan seharusnya mengulangi perannya tahun ini.

Nominasi Grammy 2022 diumumkan pada bulan November dan termasuk artis seperti Taylor Swift, Olivia Rodrigo dan Lil Nas X. Drake dinominasikan untuk dua penghargaan tetapi kemudian menarik nominasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya