Siap Dipoligami Irwansyah, Zaskia Sungkar Beri Syaratnya

Irwansyah dan Zaskia Sungkar
Sumber :
  • IG @irwansyah_15

VIVA – Pernikahan Zaskia Sungkar dan Irwansyah selalu terlihat harmonis, terlebih usai dikaruniai seorang putra mungil dan menggemaskan. Siapa sangka, pasangan suami istri itu diam-diam sudah mempelajari banyak ilmu agama, termasuk soal poligami. Sudah siapkah Zaskia Sungkar dipoligami?

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Dalam kanal YouTube terbaru di MAIA ALELDUL Tv, Zaskia Sungkar dan Irwansyah berbincang santai dengan Maia Estianti. Awalnya, pembicaraan mereka hanya seputar kehidupan hingga akhirnya membicarakan soal agama yang terpaut dengan poligami.

Apa saja perbincangan mereka soal poligami? Benarkah Zaskia Sungkar rela diduakan Irwansyah? Berikut rangkuman perbincangan mereka dari video tersebut.

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Belajar Tentang Poligami

Ilustrasi poligami.

Photo :
  • inmagine
Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Di salah satu momen, Zaskia Sungkar sempat tak sengaja menyebutkan suaminya tengah belajar soal poligami. Zaskia pun menuturkan perasaan Irwansyah usai mempelajari ilmu poligami tersebut.

"Kan kamu abis belajar kan tentang itu. Jadi kamu makin takut yah?" tutur Zaskia Sungkar.

Maia kembali menegaskan kebenaran terkait ilmu poligami yang dipelajari oleh pasangan suami istri tersebut. Perancang busana 31 tahun itu lantas membenarkan dan menyebut bahwa ilmu poligami tak main-main hukumnya di dalam agama.

"Iya, tanggung jawabnya besar. Gak boleh enggak adil sama istrinya," imbuh saudara kandung Shireen Sungkar itu.

Zaskia Sungkar Tak Larang Poligami

Zaskia Sungkar

Photo :
  • IG @zaskiasungkar15

Maia yang sudah mendengar terkait poligami pun terbawa rasa penasaran akan respons Zaskia Sungkar. Ternyata tak disangka, Zaskia justru merasa tak memiliki hak untuk melarang namun untuk poligami harus memenuhi syarat.

"Aku gak boleh ngelarang. Cuma kan itu balik lagi kesiapan kita lagi, tanggung jawabnya besar banget," kata Zaskia Sungkar.

Lebih dalam, Zaskia menyampaikan bahwa agar bisa menerima proses poligami, seseorang harus memiliki keimanan yang teguh. Terlebih, ilmu agama yang dimiliki juga harus mencukupi sebagai landasan dari poligami yang sejahtera.

"Mungkin kalau imannya di level yang itu, mungkin siap ya. Wallahu a'lam. Aku berdoa bukannya aku jadi mundur," terangnya.

Sebab, Zaskia merasa, hidup seorang manusia harus memiliki tujuan untuk akhirat kelak. Untuk itu, ia hanya berharap mendapat yang terbaik dari takdir Allah SWT dengan menjalankan perintahnya.

"Aku berdoa supaya suatu saat nanti bisa benar-benar hidup di dunia itu untuk akhirat. Bukan hidup di dunia untuk di dunia. Kan mimpi setiap manusia pasti gitu kan. Jalan hidup kita setelah ini kan ada lagi bukan berhenti di sini saja," katanya.

Siapkah Poligami?

Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

Photo :
  • Instagram @irwansyah_15

Akan tetapi, Zaskia Sungkar merasa belum memenuhi kandidat untuk berpoligami. Sebab, ilmu agamanya masih minim. Namun ia tetap berharap hatinya bisa dilapangkan ke depannya.

“Yah, mudah-mudahan aku bisa sampai ke tahap itu," imbuh Zaskia Sungkar.

Jawaban bijak Irwansyah

Irwansyah Menjalani Pemeriksaan Oleh KPK

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Kendati begitu, Irwansyah yang duduk di sisi Zaskia Sungkar segera memberi jawaban yang bijak. Irwansyah tak ingin disalahpahami dengan meluruskan tengah mempelajari ilmu agama yang kebetulan temanya adalah poligami.

"Pas dengar kajian temanya itu," bebernya.

Irwansyah melanjutkan, untuk berpoligami memang tak dilarang oleh agama. Akan tetapi, butuh banyak tanggungjawab sehingga apabila tak cukup maka balasannya adalah dosa besar.

"Emang boleh, nggak dilarang. Tapi kan setelah itunya, tanggung jawab kita terhadap istrinya. Atau ada ketidakadilan itu dosanya besar banget. Itu salah satu penghalang kita masuk surga," kata Irwansyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya