Dorce Gamalama Tanggapi Ustaz Soal Keinginan Dimakamkan Jadi Perempuan

Dorce Gamalama
Dorce Gamalama
Sumber :
  • Aiz Budhi/VIVA

VIVA – Beberapa waktu belakangan, Dorce Gamalama diketahui tengah menderita sakit. Menurut kerabat, presenter kondang itu menderita demensia serta diabetes.

Dorce pun kini tak lagi beraktivitas di laya kaca. Dia harus duduk di kursi roda dan kondisi fisiknya terlihat semakin kurus.

Beberapa waktu lalu, video Dorce yang meminta bantuan kepada Megawati Soekarno Putri sempat viral. Tak berapa lama, wasiatnya yang meminta diurus sebagai perempuan saat meninggal nanti pun kembali menuai perdebatan.

Dorce kembali membuat video yang menanggapi ucapan para ustaz terkait permintaannya saat meninggal yang diurus sebagai jenazah perempuan.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kepada kyai, ustad-ustad yang telah menerangkan keadaan mati saya, siapa yang akan memandikan saya, siapa yang akan mengubur saya, biarkanlah keluarga nanti yang akan mengurusnya. Mau kain kafan 7 lapis, 8 lapis saya serahkan kepada yang mengurus. Laki-laki boleh, perempuan boleh, jadi siapa saja yang memandikan saya," kata dia dalam video yang diunggah di Instagramnya.

"Kyai udah terkenal sekalipun jangan memberikan komentar yang kurang baik, harusnya Anda sebagai seorang kyai memberikan suguhan dan imbauan kepada seorang siapapun karena saya juga manusia mempunyai tanggung jawab untuk hidup mati kelaknya," lanjut dia.

Video tanggapan Dorce itu pun langsung ramai dikomentari netizen. Sebagian besar ikut mengingatkan lagi dan meminta Dorce untuk tidak tersinggung, bahwa apa yang diucapkan para ahli agama itu adalah nasihat untuk menuntun sesuai ajaran Islam.