Warganet Minta Dorce Gamalama Tak Tersinggung dengan Ucapan Ustaz

Dorce Gamalama
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Dorce Gamalama yang tengah terbaring sakit, sempat mengutarakan wasiatnya yang ingin dimakamkan secara perempuan. Para ulama pun merespons dan menyarankan agar komedian sekaligus presenter itu dimakamkan sesuai dengan kodratnya yang terlahir sebagai laki-laki.

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Beberapa ulama dan ustaz sepakat bahwa seseorang yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki, maka harus meninggal dengan cara yang sama. Ketentuan tersebut dikatakan sudah sesuai dengan syariat Islam dan dijelaskan dalam Alquran.

"Yang saya dengar tentang Bunda Dorce ini, beliau terlahir sebagai laki-laki, kemudian dioperasi transgender menjadi perempuan. Nah, bagaimana kalau kondisi seperti ini? Secara fiqih, dia tetap laki-laki," kata Gus Miftah dalam sebuah wawancara, dikutip VIVA dari YouTube Official Nitnot, Senin, 31 Januari 2022. 

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

"Artinya pengebumiannya (pemakamannya) yang sepanjang yang saya tahu, yaitu kembali ke kodrat awal dia dilahirkan. Artinya, kalau beliau dulu dilahirkan dalam keadaan laki-laki, sebaiknya dimakamkan dalam keadaan laki-laki," lanjut dia.

Dorce Gamalama

Photo :
  • Tangkapan layar
Heboh Warga Dubai Asyik Main Jet Ski saat Kebanjiran, Warganet: Baru Mau Kirim Mi Instan

Namun rupanya, tanggapan dari pendakwah kondang itu kurang ditanggapi dengan baik oleh Dorce Gamalama. Melalui video di akun Instagram pribadi, dia memberikan respons yang tak sejalan dengan saran para ulama. 

Bahkan, warganet menilai, presenter itu tersinggung dengan ucapan para ulama dan ustaz mengenai keinginannya tersebut. 

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kepada kyai, ustad-ustad yang telah menerangkan keadaan mati saya, siapa yang akan memandikan saya, siapa yang akan mengubur saya, biarkanlah keluarga nanti yang akan mengurusnya. Mau kain kafan 7 lapis, 8 lapis, saya serahkan kepada yang mengurus. Laki-laki boleh, perempuan boleh, jadi siapa saja yang memandikan saya," ujar dia dalam video yang diunggah di Instagramnya.

"Kyai udah terkenal sekali pun jangan memberikan komentar yang kurang baik. Harusnya Anda sebagai seorang kyai memberikan suguhan dan imbauan kepada seorang siapa pun, karena saya juga manusia mempunyai tanggung jawab untuk hidup mati kelaknya," lanjut dia.

Dorce Gamalama

Photo :
  • Aiz Budhi/VIVA

Tanggapan Dorce itu pun langsung ramai dikomentari warganet. Sebagian besar mengingatkan Dorce Gamalama dan meminta dia agar tidak tersinggung. Sebab, apa yang diucapkan para ahli agama itu adalah nasihat untuk menuntunnya sesuai ajaran Islam. 

"Apa yg disampaikan oleh para ustad, ulama, adalah yg benar," kata netizen. 

"Mereka mengingatkan bunda karena sesama Muslim, justru itu tanda sayang mereka ke bunda.. semoga Allah lekas angkat penyakit bunda," timpal yang lain.

"Assalamualaikum bunda jangan tersinggung dengan omongan orang2 baik beliau hanya menyampaikan sesuatu berdasarkan pertanyaan dan menjawab sesuai sm ajaran akidah agama kita seperti yg mereka sudah pelajari dan sesuai sm ketentuan NYA. Semoga bunda sehat selalu ya aamin," ucap warganet. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya