6 Artis Penyintas Pelecehan Seksual, Terbaru Susan Sameh

ilustrasi pelecehan seksual.
Sumber :

VIVA – Pelecehan seksual rentan dialami di berbagai tempat oleh siapa saja, termasuk para artis. Setelah Susan Sameh angkat bicara, kini giliran presenter Angie Ang yang mengaku sering mengalami pelecehan seksual saat siaran langsung di Instagram.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Angie Ang bahkan mengaku kerap melihat momen masturbasi saat melakukan instagram live. Lain lagi dengan Susan Sameh yang justru mendapatkan pelecehan di tempat syuting.

Bukan cuma itu, deret artis lainnya pun pernah mengalami kejadian pahit yang serupa di tempat-tempat terbuka. Seperti Hanna Al Rashid yang justru mendapatkan hal tak senonoh di perjalanannya. Bahkan, penyanyi Dewi Perssik mengaku pernah diraba area sensitifnya saat wawancara terbuka.

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Beruntung, para artis ini berani berbicara dan mengungkap pengalaman pahitnya meski sempat trauma. Lantas, siapa saja para artis yang juga penyintas pelecehan seksual? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber.

1. Susan Sameh

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

Susan Sameh

Photo :
  • instagram Susan Sameh

Baru-baru ini, Susan Sameh ramai diperbincangkan usai mengaku  mengalami pelecehan seksual di lokasi syuting film Dear Nathan: Thank You Salma. Pengalaman buruk itu disampaikan langsung oleh Susan dalam konten YouTube di channel YouTube BACOT TELEVISION.

Di situ, Susan mengungkapkan bahwa pelecehan seksual yang dialaminya dilakukan oleh enam pelaku. Hal tersebut membuatnya tak maksimal saat berakting ketika syuting film Dear Nathan: Thank You Salma.

"Aku tuh kesel banget sama pelecehan seksual. Pas syuting aku dilecehin sama sekitar enam orang. Dan aku jadi gak bisa eksplore banyak (aktingnya),” kata Susan dikutip VIVA, Senin, 31 Januari 2022.

2. Angie Ang

Angie Ang

Photo :
  • Instagram

Angie Ang juga mengalami pelecehan seksual di tempatnya bekerja. Presenter Angie Ang saat itu dilecehkan melalui media sosial dengan dikirim deret gambar tak senonoh.

"Dikirimin foto-foto sering, tinggal block lah," kata Angie Ang.

Pengalaman pahit lainnya yang memicu trauma, ketika Angie Ang sedang siaran langsung di instagram. Saat itu, seorang netizen melakukan masturbasi saat sesi siaran langsung. Bahkan, hal itu diakui Angie, tidak hanya terjadi sekali atau dua kali saja

"Kemarin itu yang ramainya yang join live. Live IG terus join yang namanya itu kayak teman atau saudara kita. Dia akan komen, invite, eh ternyata ada yang dia lagi masturbasi, itu tuh banyak banget," ungkapnya. 

3. Enzy Storia

Enzy Storia

Photo :
  • Instagram

Beberapa waktu lalu, Enzy Storia dibuat geram dengan editan wajahnya dan menjadi objek fantasi seksual. Enzy mengetahuinya saat menerima tautan dari akun tak dikenal di twitter dan segera meminta foto itu dihapus atau akan dibawa ke jalur hukum.

Namun, pengalaman pahit Enzy juga terjadi jauh sebelum namanya tenar. Enzy sempat melakukan kasting iklan sabun namun harus menjalani kastingnya berulang kali dan ternyata Enzy ditipu. Sebab, itu ternyata hanya trik mereka untuk 'menikmati' lekuk tubuh Enzy.

4. Ni Made Ayu Vania Aurellia JKT48

Ni Made Ayu Vania Aurellia

Photo :
  • IG @made.aurellia

Salah satu member grup musik JKT48, Ni Made Ayu Vania Aurellia membuat laporan polisi ke Polda Metro Jaya terkait dugaan tindak pidana asusila. Hal ini diketahui dari akun Twitter resmi @officialJKT48. Dalam cuitan tersebut, dijelaskan tindakan kurang menyenangkan itu terjadi pada Selasa, 3 November 2020.

Dalam cuitannya, Aurel merasa banyak pesan pribadi yang mengarah seksual. Ia keberatan menerima hal tersebut. Aurel merasa tidak sanggup untuk menahannya sendiri hingga memilih untuk mengadukan ke manajemen JKT48 dan membawa ke jalur hukum

"Tolong! Aku sangat menghargai direct message dari kalian, tpi kalau DM yg masuk itu konteksnya sudah ke arah sexual harassment aku marah banget , tolong yah saling menghargai,” tulis Aurel.

5. Hanna Al Rashid

Hannah Al Rashid.

Photo :
  • Instagram @hannahalrashid

Lain lagi dengan Hanna Al Rashid yang harus mengalami pelecehan saat sedang berjalan kaki ke kediamannya. Saat itu, mendadak ada kendaraan bermotor dengan dua penumpang laki-laki tak dikenal, meraba payudaranya. Sontak, Hanna berteriak dan mengejar. 

Rupanya, dua pria itu lantas memutar balik dan bersiap melakukan hal yang sama. Hanna pun bersiaga melindungi diri dan berhasil menangkis tangan pria yang duduk di belakang sebelum keduanya kabur. Kejadian di tahun 2018 itu membuat Hanna sampai mengalami trauma selama berbulan-bulan.

6. Dewi Perssik

Dewi Perssik

Photo :
  • Instagram @dewiperssikreal

Bagi Dewi Perssik, menjadi penyintas kekerasan seksual membuatnya justru menjadi berani. Awalnya, Dewi Perssik mengalaminya melalui media sosial sejak dulu. Namun beberapa waktu lalu, mantan istri Saipul Jamil itu harus merasakan hal tak etis ketika sedang diwawancara.

Dewi Perssik merasakan area sensitifnya diraba oleh seorang pria hingga membuatnya mengejar dan menghajar orang itu. Sementara itu, gambar tak senonoh pun diterimanya melalui pesan di instagram namun tak pernah ia gubris meski ingin sekali untuk melaporkannya pada polisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya