Deretan Artis Ini Mengidap Gangguan Mental OCD, Siapa Saja?

Prilly Latuconsina.
Sumber :
  • Instagram @prillylatuconsina96

VIVA – Deretan sosok pesohor Tanah Air diketahui pernah mengidap kondisi gangguan mental yang disebut Obsessive Compulsive Disorder atau biasa dikenal dengan OCD. Sontak kabar itu pun menjadi perbincangan publik yang cukup dibuat terkejut usai mengetahui nama-nama selebriti yang pernah mengidap penyakit tersebut.

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?

Namun sepertinya tak banyak yang tahu bahwa kondisi gangguan mental OCD tersebut kerap diidap para penderitanya yang tidak sadar dirinya telah terindikasi mengidap gangguan mental tersebut.

Melansir psychiatry.org, OCD merupakan gangguan di mana orang memiliki pikiran, ide, atau sensasi yang berulang dan tidak diinginkan atau seperti obsesi yang membuat mereka merasa terdorong untuk melakukan sesuatu secara berulang (kompulsi).

Prilly Latuconsina Didapuk Jadi Ketua Pelaksana Festival Film Indonesia 2024-2026

Salah satu contohnya adalah mengenai menjaga kebersihan yang berlebihan dengan mencuci tangan berulang kali. Dan ternyata, ada beberapa selebriti juga pernah mengaku bahwa mereka mengidap gangguan mental OCD.

Siapa sajakah artis yang pernah mengidap gangguan OCD tersebut?

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Aliando Syarief

Aliando Syarief

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Yang paling anyar soal kabar telah mengidap OCD tak lain adalah aktor sinteron Aliando. Bintang yang pernah ngetop dalam sinetron ‘Gantemg-ganteng Serigala’ dan ‘Keajaiban Cinta’ itu terang-terangan membeberkan kondisi yang dialaminya.

Pria berusia 26 tahun ini juga mengaku merasa sangat terganggu dengan penyakit mental yang diidapnya selama 2 tahun terakhir ini. Terlebih, OCD yang diidapnya termasuk jenis OCD ekstrem. Karena hal ini pula ruang geraknya dalam berekspresi di dunia hiburan menjadi terbatas.

Rina Nose

Rina Nose.

Photo :
  • Instagram @rinanose16

Pelawak wanita berusia 38 tahun asal Bandung tersebut rupanya juga pernah didiagnosa mengidap OCD pada beberapa waktu lalu. Rina diketahui memiliki rasa cemas berlebih saat melihat sesuatu yang kotor.

Bahkan, ia juga akan melakukan suatu tindakan secara berulang, seperti menata barang, membersihkan, dan memastikan semua tertata rapi.

Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina

Photo :
  • Instagram @prillylatuconsina96

Prilly Latuconsina ternyata juga sempat mengaku jika dirinya pernah mengidap OCD. Artis yang baru saja menjadi pemilik klub Persikota Tangerang itu memiliki kondisi mental yang harus memastikan sendiri segala sesuatu agar tertata dengan rapi.

Gawatnya, bila kondisi itu tidak bisa diatasi, maka akan membuat Prilly menjadi tidak tenang. Hal itu terungkap ketika Aurel Hermansyah berkunjung dan kagum dengan kerapian salah satu ruangan di rumah Prilly yang merupakan tempat penyimpanan koleksi tas dan sepatu milik Prilly.

Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca.

Photo :
  • Instagram @zaskiadyamecca

Istri sutradara Hanung Bramatyo ini ternyata juga sudah pernah mengetahui ternyata dirinya mengidap OCD.Hal tersebut diungkapkannya di Instagram ketika salah satu rekannya menanggapi pernyataan Zaskia.

Saat itu Zaskia mengatakan bahwa dirinya stres bila melihat anaknya bermain pasir, yang tak sesuai dengan standar kebersihannya. Zaskia seolah mengalami semacam guncangan mental bila melihar sang anak bermain pasir.

Ari Lasso

Ari Lasso.

Photo :
  • Instagram @ari_lasso

Sama seperti beberapa seleb sebelumnya, musisi Ari Lasso juga mengaku mengidap OCD. Hal ini terang-terangan diakuinya saat berbincang dengan Daniel Mananta di kanal YouTube sang presenter beberapa waktu lalu.

Dalam video tersebut, Ari Lasso mengaku sangat terobsesi pada kerapihan. Ia juga mengaku biasanya tak bisa tidur sebelum rumahnya terlihat rapi.

Selain nama-nama di atas, deretan artis lain yang juga pernah mengaku mengidap OCD antara lain adalah Afgan Syahreza, Sandra Dewi dan Steve Emmanuel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya