Profil Dorce Gamalama, Meninggal Akibat Alzheimer Hingga COVID-19

Dorce Gamalama
Sumber :
  • Instagram @dg_kcp

VIVA – Dunia hiburan kembali berduka. Kabar duka tersebut datang dari Dorce Gamalama. Setelah sekian lama berjuang melawan penyakitnya, Dorce Gamalama berpulang pada hari ini. Hal itu dikabarkan oleh salah satu anak angkat Dorce Gamalama, Siti Fatimah Tuzzahrah. Ia mengabarkan itu melalui instagram stories. 

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

“Innalilahi wainnailahi rojiun telah meninggal dunia mama kami tercinta Ibu Dorce Gamalama Al-Fatihah, minta doanya untuk mama," tulis Siti fatimah Tuzzahrah. Diketahui jika Dorce disemayamkan di RSPP Simprug.

Dorce Gamalama meninggal dunia usai dirawat intensif selama beberapa hari di rumah sakit. Diketahui jika dirinya menderita diabetes dan sempat tak sadarkan diri. Selain diabetes, Dorce Gamalama juga mengidap sakit batu ginjal pada 2019. Menurut keponakan Dorce yang bernama Mimi, Dorce Gamalama sudah sering bolak-balik rumah sakit sejak pertengahan 2020 hingga puasa 2021.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Profil Dorce Gamalama

Dorce Gamalama

Photo :
  • Aiz Budhi/VIVA
Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

Dorce dilahirkan di Solok, Sumatera Barat, 21 Juli 1963 dari pasangan Achmad dan Dalifah. Dorce terlahir sebagai laki-laki yang diberi nama Dedi Yuliardi Ahadi. Dedi yang masih berusia 1 tahun ditinggal oleh kedua orangtuanya karena meninggal. Ia kemudian diurus oleh neneknya Siti Darama. Menginjak umur 2 tahun, Dedi dibawa neneknya tinggal di Jakarta.

Saat duduk di bangku sekolah dasar (SD), Dedi mulai ikut olah vokal. Ia tampil menyanyi bersama kelompok Bambang Brothers. Saat itu Dedi lebih menekuni dunia Tarik suara disbanding pelajaran sekolah di bangku SMP.

Di tengah menjalani profesinya, Dedi merasakan adanya perubahan pada dirinya sebagai seorang laki-laki. Ia malah tertarik dengan sesama laki-laki dan Dorce merasa sebagai wanita. Sejak saat itulah, ia memposisikan dirinya sebagai wanita dengan segala atribut perempuan yang ia kenakan.

kemudian ia pun dipanggil Dorce Ashadi. Nama ini diberikan oleh Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls. Untuk mendukung totalitas kepribadian dan penampilannya di atas panggung, Dorce melakukan operasi kelamin alias transgender.
Proses mengubah kelamin pria menjadi kelamin perempuan yang dilakukan Dorce Gamalama terjadi pada 1983 di Surabaya, Jawa Timur.

Dorce Gamalama saat itu mempercayakan proses operasi pergantian kelaminnya kepada Prof DR, dr. Johansyah Marzuki yang memiliki keahlian atau spesialis bedah plastik. Dorce dikenal dengan nama populer Dorce Gamalama. Diketahui jika nama Gamalama diambil dari sebuah nama Gunung di Ternate. Setelah pulang haji, ia juga menambakan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Dorce pun mulai populer seiring masuk stasiun TVRI Surabaya dan TVRI Pusat. Dorce makin melambung namanya setelah dibuatkan film, dengan judul Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh.

Bakat Dorce mulai ditunjukkan di layar kaca. Ia memandu acara Dorce Show di TransTV dari tahun 2005 - 2009. Sebelumnya, ia juga menjadi pembawa cara Kencan di Indosiar. Sejak tak lagi memegang acara tv, ia lebih banyak menjadi bintang tamu di acara reality show dan program off air

Biodata Singkat Dorce Gamalama

Dorce Gamalama

Photo :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

Nama        : Dorce Gamalama
Profesi      : Aktris, Pelawak, Penyanyi, Presenter
Nama Asli : Dedi Yuliardi Ashadi
Tgl Lahir   : 21 Juli 1963
Lahir         : Solok, Sumatra Barat, Indonesia
Anak angkat: Siti Fatimah Tuzzahrah, Rizky Sutrisno Kidjo dan Siti Khadijah. Ketiga anak angkat tersebut kini sudah menikah.

Potret Dorce Gamalama

Dorce Gamalama di AMI Awards 2011

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Dorce Gamalama Berhijab

Dorce Gamalama

Photo :
  • Instagram @dg_kcp

Dorce Gamalama tampil apa adanya

Dorce Gamalama

Photo :
  • Instagram @dg_kcp

Dorce Gamalama akrab dengan semua kalangan

Dorce Gamalama

Photo :
  • Instagram @dg_kcp

Potret Dorce sebelum meninggal

Dorce Gamalama

Photo :
  • Instagram @dg_kcp

Itulah profil Dorce Gamalama. Semoga beliau di terima di sisi Allah SWT dan diampuni segala dosanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya