8 Artis Jalani Ritual Adat Khas Bali, No 1 Dikira Pindah Agama

Raline Shah
Sumber :
  • Instagram @ralineshah

VIVA – Ritual adat khas Bali memang sangat sakral dan terkenal. Biasanya, ritual ini merupakan ritual untuk masyarakat Bali disana yang memegang kepercayaan Hindu. Salah satu tradisi ritual adat khas Bali yaitu Melukat. Melukat merupakan upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia. Upacara ini dilakukan secara turun-temurun oleh umat Hindu hingga saat ini. Sejumlah artis tanah air ini juga mengikuti ritual adat khas Bali yaitu Melukat. Siapa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

1. Pevita Pearce

Pevita Pearce

Photo :
  • IG @pevpearce
4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Baru-baru ini artis tanah air yang melakukan ritual adat khas Bali yaitu Pevita Pearce. Pevita Pearce melakukan prosesi melukat untuk membersihkan diri dari energi negatif. Pevita Pearce mengunggah foto dirinya sedang menjalani upacara Melukat. Menurut Pevita, melukat dijalani untuk mengatasi traumanya. Pevita Pearce memang merasa lebih tenang setelah menjalani ritual ini. Namun, saat melihat Pevita menjalani ritual adat Bali ini, sejumlah komentar warganet justru mengira, Pevita sudah berpindah agama.

2. Nikita Willy

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

Nikita Willy dan Indra Priawan

Photo :
  • Instagram @nikitawillyofficial94

Nikita Willy menjalankan prosesi melukat saat bulan madu bersama suaminya Indra Indra Priawan. 
Saat Nikita Willy liburan di Pulau Dewata pada tahun 2020 lalu, tak hanya sekedar berbulan madu tapi ia dan suami menyempatkan diri mempelajari budaya di Bali. Nikita dan suaminya pun mengikuti tradisi Melukat di Air Terjun Sebatu, Ubud. Usai melukat, Nikita merasa lebih segar dan mendapatkan energi positif.

3. Cita Citata

Cita Citata.

Photo :
  • Instagram @cita_citata

Cita Citata menjalani tradisi melukat bersama Mario Lawalata saat liburan di Bali pada tahun 2019 silam. Namun sayangnya, ia justru dihujat oleh warganet dan ada yang sampai menyuruhnya rukiah. Cita Citata mengatakan bahwa dirinya mengikuti ritual tersebut demi mengetahui budaya-budaya kental yang ada di Pulau Dewata.

4. Cinta Laura

Cinta Laura.

Photo :
  • Instagram @claurakiehl

Pelantun lagu Markisa, Cinta Laura juga pernah menjalani tradisi Melukat ketika liburan di Bali. Cinta Laura menunjukan toleransi berbudaya lewat potret yang diunggahnya ketika jalani tradisi Melukat. Tak seperti artis lain yang memakai kebaya, Cinta Laura memilih memakai tank top hitam dengan kain batik biru yang dililitkan di leher dan tubuhnya.

5. Raline Shah

Raline Shah

Photo :
  • Instagram @ralineshah

Artis cantik pemeran film 5 cm ini juga mengikuti tradisi melukat dari mulai menyusuri sungai hingga ke pertemuan dua sungai atau campuhan dan terus berjalan hingga ke air terjun yang dianggap suci. Di sana ia merasa energi negatif telah keluar dari tubuh dan pikirannya.

6. Jessica Iskandar

Jessica Iskandar

Photo :
  • Instagram @inijedar

Sebelum memutuskan untuk tinggal di Pulau Dewata, Jessica Iskandar menjalani prosesi melukat untuk membersihkan diri sekaligus minta izin dan memohon agar senantiasa diberkati Tuhan selama tinggal di Bali.

7. Ariel Tatum

Ariel Tatum

Photo :
  • Tangkapan Layar

Saat ulang tahunnya yang ke-25 pada November lalu, Ariel Tatum yang berada di Bali juga turut menjalani tradisi melukat. Ia membagikan potret dirinya yang sedang khusyuk menjalani tradisi umat Hindu itu dengan dipandu pemangku. Saat mengikuti tradisi melukat, Ariel Tatummengenakan kebaya putih dengan kain batik biru rancangan Didiet Maulana yang memang dibuat khusus untuk hari ulang tahunnya. Sayangnya karena hal ini Ariel Tatum dituding pindah agama.

8. Tamara Bleszynski

Tamara Bleszynski

Photo :
  • Instagram @tamarableszynskiofficial

Pertengahan tahun 2020 lalu, artis yang sudah tinggal di Bali ini tertangkap kamera menjalani ritual melukat bersama seorang pria bule. Warganet pun bertanya-tanya apakah Tamara kini punya kekasih seorang bule. Tamara pun mengunggah momen tersebut bersama seorang bule di laman instagramnya. Dalam foto bersama bule itu, keduanya tampak masuk ke sebuah kolam yang disebut sebagai tempat upacara melukat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya