Terungkap, Cerita Ariel NOAH Pernah Rekaman dalam 'Lemari'

Ariel NOAH.
Ariel NOAH.
Sumber :
  • YouTube/Ariel Noah

VIVA – Popularitas dan torehan prestasi NOAH sebagai salah satu band papan atas Tanah Air tentunya sudah tak diragukan lagi. Berkiprah lebih dari 20 tahun di industri musik, band yang sebelumnya bernama Peterpan itu pun kini makin berkibar dengan besutan karya-karya terbaiknya.

Namun siapa yang menyangka di balik kesuksesannya saat ini, masa-masa penuh tantangan yang luar biasa mengesankan pun harus dilalui dalam perjalanan bermusik mereka.

Hal itu juga yang ternyata pernah dilakoni Ariel, saat harus rela menjalani sesi rekaman suara vokalnya dari dalam sebuah ruang kotak persegi minimalis yang lebih mirip dengan lemari di Rumah Tahanan Kebon Waru, Bandung, Jawa Barat.

Pengalaman itu pun ditulis oleh sang vokalis dalam buku biografi bertajuk “Kisah Lainnya; Catatan 2010-2012 Ariel, Uki, Lukman, Reza, David” terbitan KPG-Musica Studios (2012).

Dalam halaman 160-161, Ariel menuturkan kisah pengalamannya merekam karya lagu ketika masih menjadi warga binaan Rutan Kebon Waru pada tahun 2010-2012 silam.

“Di sudut ruangan Bimker (Bimbingan Kerja) terdapat sebuah kotak kayu dengan bentuk kubus persegi panjang, yang ternyata fungsinya adalah ruang take vocal. Ada perangkat komputer di sampingnya yang fungsinya cukup sebagai peralatan rekaman,” ungkap Ariel yang menuliskan awal mula pengalaman barunya itu.

“Saya yang sudah mempunyai lagu ‘Dara’ di kepala, tergerak untuk mengembangkan lagu tersebut dan ingin merekamnya. Lagu ini sudah memiliki struktur yang saya inginkan, dan sudah pula memiliki lirik. Yang belum saya lakukan adalah merekamnya,” jelas Ariel NOAH.

“Kondisi ruang take vocal tersebut mengharuskan saya pintar-pintar memanfaatkan waktu yang ada agar tidak berulang-ulang masuk ke dalamnya. Soalnya, kotak itu tidak memiliki lubang udara sama sekali. Berada 15 menit saja di dalamnya sudah gerah sekali,” ujar Ariel.

Lagu ‘Dara’ menjadi lagu yang dirilis Ariel sebagai sebuah single pada tahun 2011 yang penggarapannya dilakukan semasa dirinya masih berada dalam masa tahanan di Rutan Kebon Waru.

Startegi tersebut cukup sukses memuaskan dahaga para penggemar saat itu yang dahaga akan karya-karya Peterpan yang terpaksa vakum sebelum akhirnya mengganti nama menjadi NOAH selepas Ariel bebas.

Pada akhirnya lagu ‘Dara’ pun masuk dalam jajaran line up lagu-lagu dalam album NOAH - Second Chance (chanpter I tahun 2014) yang menampilkan sejumlah lagu lawas milik Peterpan, dan berada pada track ke-11.