Ibunya Lakukan Penipuan Uang, Han So Hee Angkat Tangan?

Han So Hee.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Beberapa waktu lalu, ramai dikabarkan bahwa nyonya A, ibu dari seorang selebriti Korea Selatan dituding telah melakukan penipuan senilai 85 juta won atau sekitar Rp 998 juta. Korban mengaku uang itu akhirnya dikirim ke rekening bank atas nama selebriti yang disebut-sebut adalah Han So Hee.

Ryu Jun Yeol Ramai Dijuluki "Medium Ugly", Apa Itu?

Kabar mengenai ibu yang dimaksud itu adalah ibu dari Han So Hee berawal dari sosok YouTuber Lee Jin Ho yang kerap mengunggah video tentang skandal para selebriti Negeri Gingseng. Sabtu lalu, Lee Jin Ho menyebut bahwa nyonya A adalah ibu dari Han So Hee.

Minggu, 6 Maret kemarin, Lee Jin Ho membagikan video bertajuk “Ini sangat tidak adil untuk Han So-hee, Kisah kejam yang mengejutkan tentang keluarganya?.”

Bukti Han So Hee Putus dengan Mantan Pacarnya Demi Ryu Jun Yeol Terbongkar

“Selebriti terkenal dalam kasus ini adalah Han So Hee. Nyonya A adalah ibu dari Han So Hee,” tutur Lee Jin Ho.

Diketahui, ibu Han So Hee sempat meminjam uang senilai 85 juta won kepada kenalannya dari Februari 2018 sampai September 2019. Ia berjanji akan membayar 2 juta won per bulan, namun tidak melunasi pembayarannya.

Buntut Skandal Kencan dengan Ryu Jun Yeol, Dua Brand Besar Tak Perpanjang Kontrak Han So Hee

Kepada Lee Jin Ho, nyonya A mengaku tengah berusaha mendapatkan 55 juta won atau sekitar Rp 645 juta untuk melunasi sisa hutangnya. Namun, kenalannya tersebut menuntut sebesar 100 juta won atau Rp1,1 miliar sebagai uang penyelesaian.

Diketahui, nyonya A membuka akun atas nama Han So Hee dalam proses peminjaman uang. Hal ini dilakukannya karena saat itu bintang drama Nevertheless tersebut masih di bawah umur.

“Aku membuka rekening bank karena dia (Han So Hee) masih di bawah umur saat itu. Aku membukanya tetapi Han So Hee kehilangannya. Aku menyimpan rekening dan ada saatnya aku tidak dapat menggunakan rekening bank milikku sendiri, jadi aku menggunakannya (rekening Han So Hee) selama beberapa bulan,” ujar nyonya A dalam wawancaranya bersama Lee Jin Ho.

Karena hal ini, Lee Jin Ho mengklaim bahwa Han So Hee berkemungkinan turut terkena hukuman terkait Undang-Undang Transaksi Keuangan Elektronik yang berlaku di Korea Selatan.

Agensi buka suara

Ramainya pemberitaan mengenai tindakan ibu dari Han So Hee, agensi Han So Hee, 9ATO Entertainment, angkat bicara. Dalam pernyataan yang dirilis pada Senin 7 Maret 2022, agensi mengklarifikasi bahwa Han So Hee tidak terlibat dalam kasus ini, dan ibunya melakukan ini beberapa kali dalam upaya untuk mengambil keuntungan dari nama dan identitas putrinya.

"Halo, ini adalah 9ATO Entertainment. Kami ingin mengungkapkan posisi kami terkait laporan yang berkaitan dengan ibu Han So Hee. Nyonya Shin, ibu Han So Hee, menggunakan rekening bank atas nama Han So Hee saat meminjam uang. Nyonya Shin membuka rekening bank atas nama Han So Hee saat Han So Hee masih di bawah umur, dan menggunakannya untuk meminjam uang tanpa sepengetahuan Han So Hee," bunyi pernyataan 9ATO Entertainment dikutip dari laman Koreaboo.

Lebih lanjut, agensi Han So Hee juga membeberkan beberapa tindakan ibu dari Han So Hee yang juga memalsukan dokumen pribadinya untuk meminjam uang. Namun, berdasarkan keputusan pengadilan, Han So Hee tidak terlibat dalam kasus itu.

"Ada beberapa insiden lain juga. Bahkan ada kasus dimana Ny. Shin memalsukan dokumen pribadi. Pengadilan perdata diadakan sehubungan dengan kasus ini, dan pengadilan memutuskan bahwa tindakan ini dilakukan tanpa sepengetahuan Han So Hee. Putusan Pengadilan Distrik Ulsan pada tanggal 8 April 2021 menyatakan 'Dia meminjam uang menggunakan rekening atas nama Han So Hee, tetapi tidak dapat diakui bahwa Han So Hee harus bertanggung jawab atas hutang tersebut, karena tidak ada bukti yang mengikatnya. ke rekening'," lanjut pernyataan agensi Han So Hee.

Lebih lanjut, agensi juga mengungkap bahwa Han So Hee tidak memiliki rencana untuk bertanggung jawab atas hutang ibunya. Hal ini lantaran ibunya mencoba menggunakan namanya untuk meminjam uang.

"Han So Hee juga menyatakan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk bertanggung jawab atas hutang ibunya, karena ibunya mencoba menggunakan namanya untuk meminjam uang. Ia berniat mencoba menghentikan serangkaian tindakan dimana seorang individu mencoba untuk mendapatkan uang dengan menyalahgunakan status selebriti anak-anak mereka," lanjut pernyatan.

Pihak agensi juga meminta maaf atas insiden yang menyeret nama artisnya yang mengganggu masyarakat. Pihak agensi berharap ke depannya tidak ada lagi korban dari ibunda Han So Hee.

"Kami mohon maaf atas kekhawatiran yang disebabkan oleh urusan pribadinya, bukan pekerjaannya, tetapi sekali lagi kami memberikan penjelasan ini dengan harapan tidak ada korban lain di masa depan. Memang benar bahwa hubungan antara ibu dan anak tidak akan berakhir. Kami minta maaf kepada mereka yang secara tidak sengaja akan terluka oleh ini. Namun demikian, kami berharap hal seperti ini tidak akan pernah terulang melalui respons yang kuat ini. Tolong mengerti," bunyi pernyataan agensi Han So Hee.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya