Ini Kata Ivan Gunawan soal Identitas Gendernya

Ivan Gunawan
Sumber :
  • ist

VIVA – Ivan Gunawan merupakan salah satu presenter dan juga desainer kenamaan Tanah Air. Sebagai sosok figur publik, Igun, sapaannya, diketahui memiliki gaya  yang cukup unik. Terkait penampilannya yang cukup unik, Ivan pun angkat bicara dalam podcast bersama Denny Sumargo.

Masih Ada Stigma Pemikiran Feminis dan Alergi Perspektif Gender, Menurut Komnas Perempuan

"Lo tipikal laki-laki yang enggak mainstream. Menurut gue lo punya gaya lo sendiri, lo punya visi lo sendiri, lo pengin seperti ini," kata Denny Sumargo dikutip dari tayangan YouTube-nya, Jumat, 25 Maret 2022.

"Itu kalau buat gue personal style, jadi orang lain tidak bisa mengganggu gugat your own personal style. Lo enggak bisa," ungkap Ivan.

Menurut Riset Cowok Cuma Tahan 6 Menit, Ini 4 Posisi Seks Biar Suami Lebih Tahan Lama di Ranjang

Tidak hanya itu, Denny Sumargo juga sempat menyinggung terkait dengan penampilan Ivan Gunawan yang sering membuat publik bertanya-tanya tentang gendernya. Ivan pun mengaku bahwa hal tersebut merupakan ranah privasinya yang tidak perlu diungkap ke publik.

Ivan Gunawan

Photo :
  • IG Ivan Gunawan
5 Alasan Suami Ogah Berhubungan Seks dengan Istri, Nomor 2 Gak Nyangka

"Sebelum lo punya core yang kuat kayak sekarang, pasti banyak banget yang mempertanyakan. Contoh, maaf nih, Ivan nih sukanya ke arah mana sih, ke cewek atau ke cowok? Kok dandannya begitu sih? Gayanya kok begitu sih? Sorry ya Van. Kalau as a normal human pasti ada ofensifnya juga," ungkap Denny.

"Kalau gue ya Den, seks menurut gue bukannya cewek, cowok harus kita patenin di depan. Seks itu berkaitan dengan kenyamanan. Orang juga enggak pernah tau kalau lo pernah Di**sa**n laki. Orang juga enggak akan tahu kalau fetish-nya misalnya lihat laki sama laki main, orang enggak tau. Itu kan masalah pribadi,” ujar Ivan.

“Jadi buat gue itu bukan ranah yang jadi konsumsi publik. Jadi kayak love life, sex life, segala sesuatu yang berkaitan dengan batin, tidak pernah gue share ke publik, arena itu bukan sesuatu yang harus di-share," tambah Ivan Gunawan.

Tidak hanya itu, Ivan menekankan bahwa dirinya yang akan menginjak usia 40 tahun ini belum menikah bukan lantaran adanya sesuatu di dirinya.

Ivan Gunawan

Photo :
  • IG Ivan Gunawan

"Jadi dengan gue belum menikah bukan berarti orang bisa men-judge gue seperti apa. Gue bukan tipe orang yang mau membela diri, tapi gue memang dalam konteks kebutuhan hidup bahwa pernikahan ini belum menjadi satu keperluan dalam hidup gue. Karena itu adalah hak asasi gue yang harus bisa gue pertahanin, karena kalau perkawinan menurut gue belum membawa kebahagiaan, buat apa gue memulai memikirkan kebahagiaan?” jelasnya. 

Desainer kondang ini juga menjelaskan bahwa menurutnya pernikahan itu bukan suatu keharusan baginya saat ini.

"Dan menurut gue, perkawinan itu bukan sebagai keharusan, bukan paksaan. Walau di agama diwajibkan, tapi yang menjalani gue dan gue merasa gue enggak mau pas nikah ada timbul permasalahan baru dalam hidup gue," ujar Ivan Gunawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya