6 Selebriti yang Pernah Menistakan Agama, Terbaru Madonna

Madonna
Sumber :
  • aceshowbiz

VIVA – Isu agama memang sangat sensitif dan bahkan pernah dijadikan beberapa candaan. Bahkan ada beberapa selebriti yang pernah menistakan agama. Bahkan, beberapa selebriti tersebut sampai dipidanakan lantaran pernyataannya yang kontroversi. Mereka juga langsung menjadi sorotan semua media dan viral di media sosial lantaran pernyataan tersebut. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan tentang selebriti yang pernah tersandung kasus penistaan agama. 

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

1. Madonna

Madonna

Photo :
  • Instagram
Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Penyanyi Madonna juga pernah tersandung kasus penistaan agama Katolik saat menggelar konser pada tahun 2006. Setelah belasan tahun berlalu, Madonna secara mengejutkan meminta kesempatan kedua dan menginginkan untuk bertemu dengan Paus Fransiskus. Pernyataan ini disampaikan langsung lewat akun Twitter pribadinya. Dalam sebuah cuitan, ia menyapa Paus Fransiskus dan memperkenalkan dirinya sebagai penganut Katolik yang baik. 

Penyanyi berusia 63 tahun itu mengatakan bahwa dirinya telah dijatuhi hukuman ekskomunikasi sebanyak tiga kali. Ekskomunikasi sendiri merupakan sanksi pengucilan yang diberikan Gereja Katolik untuk seseorang yang diduga melakukan pelanggaran berat. Seseorang yang terkena sanksi tersebut, dilarang mengikuti perjamuan kudus dan komuni sampai bertobat. 

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

2. Andre Taulany

Andre Taulany

Photo :
  • Instagram @andrestaulany

Andre Taulany juga menjadi salah seorang selebriti yang pernah menistakan agama. Guyonan yang dilontarkan dalam sebuah acara televisi ternyata dinilai menistakan agama Islam. Dalam lawakan tersebut, Andre menyebut “Nabi Muhammad itu badan apa kebon?” Pernyataan tersebut membuat dirinya dipolisikan oleh PA 212. 

Selain itu, mantan penyanyi grup band Stinky ini juga pernah membuat candaan lain yang mana menyeret nama Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat juga pernah ramai dan menjadi viral lantaran dinilai tidak pantas dan sudah menistakan ulama. 

3. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani

Photo :
  • Instagram @ahmaddhaniofficial

Musisi senior Ahmad Dhani juga pernah terseret dalam kasus penistaan agama. Ia pernah membuat cuitan di akun Twitter pribadinya yang dinilai sudah menistakan agama dan menyebarkan ujaran kebencian. Salah satu twitnya berbunyi, "Siapa saja dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya - ADP".

Setelah melewati proses persidangan, mantan suami Maia Estianty ini akhirnya divonis bersalah lantaran sudah menyebarkan konten berbau ujaran kebencian dan berbau SARA. Ia kemudian harus melaksanakan hukuman penjara selama 1.5 tahun. 

4. Ge Pamungkas

Ge Pamungkas

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Komika jebolan salah satu program pencarian bakat di Tanah Air, Ge Pamungkas, juga menjadi salah seorang selebriti yang pernah menistakan agama. Saat itu, viral unggahan video ketika Ge Pamungkas tampil membawakan materi terkait banjir di Jakarta. Ia mengatakan, "Sesungguhnya Allah memberikan cobaan kepada yang Dia cintai. Cintai apaan?".

Karena omongan tersebut, Ge Pamungkas akhirnya membuat klarifikasi bahwa tidak ada niatan untuk menistakan Allah SWT atau agama tertentu. 

5. Ernest Prakasa

Ernest Prakasa.

Photo :
  • Putri Dwi/VIVA

Ernest Prakasa juga pernah dikecam lantaran pernyataannya yang menyangkut tentang salah seorang tokoh agama terkenal, Zakir Naik. Ketika itu, tengah ramai perbincangan Zakir Naik ke Tanah Air untuk bertemu langsung dengan Jusuf Kalla. Ia menulis di Twiiter. "JK dengan hangat menjamu Zakir Naik, orang uang terang-terangan mendanai ISIS. Sulit dipahami."

Cuitan tersebut berujung pemboikotan terhadap produk yang memakai dirinya sebagai model iklan. Setelah ramai mendapatkan kecaman, Ernest akhirnya meminta maaf dan menghapus cuitan tersebut. 

6. Joshua Suherman

Joshua Suherman.

Photo :
  • nuvola gloria/VIVAlife

Joshua Suherman yang merupakan mantan artis cilik juga menjadi salah seorang selebriti yang pernah menistakan agama. Video yang diunggah di kanal YouTube Majelis Lucu Indonesia memperlihatkan Joshua yang sedang melakukan roasting kepada Cherly, mantan anggota Cherrybelle. 

Dalam video tersebut, ia mengatakan, “Gue mikir kenapa Annisa selalu unggul dari pada Cherly. Ah, sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam. Karena di Indonesia ini ada satu hal yang dengan sebesar apa pun mayoritas." Pernyataan ini membuat Joshua dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Umat Islam Bersatu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya