Tak Pulang ke Brunei, Jaz Hayat Nikmati Lebaran di Jakarta

Penyanyi Jaz Hayat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Jaz Hayat memiliki pengalaman baru dengan menjalani perayaan Idul Fitri di Jakarta. Penyanyi asal Brunei Darussalam itu mengaku begitu terpikat dengan perayaan Lebaran di Indonesia serta masih menikmati momen hari kemenangan meski tanpa pulang kampung.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Diakui penyanyi 29 tahun itu, momen Lebaran di Jakarta begitu meriah dengan jutaan muslim yang menjalani ibadah puasa hingga merayakan Idul Fitri. Keunikan lain yang tak sering dijumpainya adalah ketika melihat anak-anak bermain petasan di malam takbiran serta tabuhan bedug yang menggema.

"Yang benar-benar membuat perayaan Idul Fitri di sini begitu menyenangkan adalah menyaksikan sendiri jutaan orang secara bersamaan merayakannya. Hal ini membuat citarasa Ramadan dan Hari Raya menjadi sangat terasa," ujar pelantun Dari Mata itu, dikutip dari berbagai sumber.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Dengan keriuhan yang dijalani umat muslim di perayaan lebaran, membuat Jaz melihat kemiripan dengan tradisi di Brunei. Termasuk dengan pulang kampung alias mudik yang dilakukan jutaan masyarakat serta membeli baju baru untuk menyambut lebaran.

"Ada beberapa kebiasaan mirip sih dari yang aku lihat saat di Brunei dan di Indonesia, misalnya tradisi beli baju baru, tradisi balik kampung, berziarah dan Halal bihalal. Bahkan kalau di Brunei ada yang open house untuk halal bihalal sampai satu bulan penuh," bebernya.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Menurut penyanyi bergenre R&B ini, masih ada keinginannya yang belum kesampaian dalam menilik tradisi lebaran di Indonesia. Seperti momen-momen unik yang dilakukan masyarakat di sekitar Jawa dan Sumatera.

Jaz Hayat

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

"Tradisi yang pingin banget aku lihat jika ada kesempatannya, seperti Grebeg Syawal di Jogjakarta atau Bakar Lemang Bambu di Sumatera," imbuhnya.

Menutup perbincangan, Jaz berharap agar momen lebaran menjadi penanda membaiknya situasi pandemi COVID-19. Hal ini agar ia tetap dapat melihat keinginannya menjalani tradisi lebaran di pulau-pulau lain di Indonesia serta bisa berkarier.

"Semoga keadaan yang makin membaik ini nggak lantas disusul oleh urusan cluster COVID lagi yaa," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya