6 Artis Muslim Jalani Prosesi Melukat, Netizen Curiga Pindah Agama

Potret Rizky Febian kenakan pakaian adat Bali bersama Mahalini Logo ads
Potret Rizky Febian kenakan pakaian adat Bali bersama Mahalini
Sumber :
  • Instagram @mahaliniraharja

VIVA – Ada beberapa artis muslim Tanah Air yang diketahui pernah melaksanakan prosesi melukat di Bali. Beberapa dari mereka, bahkan sampai membuat media sosial heboh karena diisukan pindah agama dan keluar dari agama Islam. Sebab, banyak orang yang menganggap bahwa melukat adalah salah satu prosesi dalam agama Hindu. Padahal, melukat adalah sebuah upacara yang bertujuan untuk membersihkan pikiran dan jiwa secara spiritual. 

Upacara tersebut sudah dilaksanakan secara turun temurun di Bali. Biasanya, tradisi ini dilaksanakan di pura Tirtha Empul, Tampaksiring, Bali. Melukat sendiri berasal dari kata sulukat, yaitu su yang mempunyai arti baik dan lukat mempunyai arti pensucian. Pada umumnya, melukat akan dipimpin oleh seorang pemangku dan diikuti oleh para artis tersebut. Nah, berikut adalah ulasan tentang artis muslim yang pernah melaksanakan prosesi melukat. 

1. Ariel Tatum

Ariel Tatum

Photo :
  • Instagram

Diberitakan VIVA, khir tahun 2021 lalu, nama Ariel Tatum sempat menjadi perbincangan hangat warganet lantaran mengunggah potret dirinya yang tengah melaksanakan prosesi melukat di Bali. Dalam foto tersebut, artis muslim yang satu ini terlihat mengenakan pakaian adat Bali di sebuah pura sehingga banyak warganet banyak yang menduga dirinya pindah agama. 

Selain itu, Ariel juga terlihat menata rambutnya dengan sanggul dan aksesoris tambahan berupa bunga kamboja. Dalam unggahan tersebut, Ariel menulis tentang perjalanan hidupnya yang kembali terhubung dengan tubuh dan pikirannya. Unggahan ini kemudian membuat warganet heboh tentang kepercayaan yang dianut oleh Ariel Tatum. 

2. Cinta Laura