Ayah Atta Halilintar Dituduh Ikut Aliran Sesat, Ini Reaksi Gus Miftah

Gen Halilintar.
Sumber :
  • Instagram/genhalilintar

VIVA – Keluarga ayah Atta Halilintar kembali menjadi perbincangan hangat warganet karena diterpa isu kurang baik. Kabar ini adalah tuduhan kepada Anofial Asmid ayah dari Atta Halilintar yang disebut-sebut mengikuti ajaran sesat. Disebutkan bahwa Anofial Asmid mengikuti aliran sesat bernama Darul Arqam yang muncul di Negeri Jiran Malaysia.

Deretan Artis Rayakan Idul Fitri di Tanah Suci Mekkah

Keluarga Atta Halilintar tersebut lantas menyita perhatian warganet lantaran tidak kunjung pulang ke Indonesia walaupun kerap berkeliling dunia. Hal ini memunculkan spekulasi yang mengatakan bahwa keluarga Gen Halilintar memiliki masalah besar sampai tidak berani untuk pulang ke Tanah Air, bahkan untuk menjenguk sang cucu pertama. 

Tidak ingin kesalahpahaman ini terus bergulir, adik dari Anofial Asmid yang ada di Indonesia, Febrian Amanda, ikut bersuara mengenai isu yang menimpa sang kakak. Meski belum mendapatkan informasi secara langsung, tapi Febrian yakin kalau Darul Arqam yang diikuti oleh Anofial Asmid bukan sebagai aliran sesat. 

Umrah Ajak Dua Anak, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Langsung Dapet Cobaan

Apa Itu Darul Arqam?

Dihimpun dari berbagai sumber, Darul Arqam merupakan sebuah organisasi keagamaan Islam yang berbasis di Malaysia dan dipimpin oleh Syekh Ashaari atau yang akrab disapa Abuya. Halilintar diketahui pernah menjadi salah seorang pengikut aliran tersebut. Kemudian tahun 1994, pemerintah Malaysia menetapkan bahwa aliran tersebut adalah sekte terlarang. 

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Pernah Putus: Terkadang 2 Orang Perlu Hancur Berantakan!

Ayah Atta Halilintar dikabarkan sudah bergabung dengan organisasi tersebut sejak tahun 1989 yang menjabat sebagai pemimpin Darul Arqam di kawasan Jakarta dan Bogor. Organisasi ini sudah berdiri sejak tahun 1968 silam. Abuya berhasil menjaring 100 ribu orang untuk bergabung dengan organisasi tersebut di wilayah ASEAN, termasuk Indonesia. 

Tanggapan Gus Miftah

Gus Miftah juga tidak ketinggalan untuk menanggapi soal rumor ayah Atta Halilintar mengikuti organisasi terlarang Darul Arqam tersebut. Perihal ini, ia mengatakan tidak tahu menahu. Kemudian, setelah disinggung apakah Atta Halilintar pernah membahas masalah tersebut dengan dirinya, ia membantah dengan tegas. 

"Nah apakah bapaknya Atta itu benar Darul Arqam apa nggak, saya belum tahu faktanya," tutur Gus Miftah seperti disadur dari kanal YouTube OFFICIAL NITNOT.

"Nggak nggak. Jadi kemaren cuma bilang mau ke Yogya mau ke pondok, gitu saja. Setelah pulang dari Singapura. Dia (Atta Halilintar)  bilang cuma bro kapan kita ketemu di Yogya," tambah Gus Miftah.

Mengenai organisasi Darul Arqam ini, Gus Miftah tak mau banyak memberikan komentar. Dia hanya mengatakan bahwa organisasi tersebut termasuk yang dilarang di Indonesia. Selebihnya, ia tidak paham apakah ayah Atta Halilintar tersebut tidak kembali ke Indonesia karena masalah Darul Arqam atau tidak. 

Tanggapan MUI

Berbicara tentang ajaran sesat Darul Arqam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah lama memberikan fatwa yang menyatakan bahwa aliran tersebut menyimpang. Aliran ini kembali menjadi perbincangan hangat warganet setelah ayah Atta Halilintar diduga terlibat di dalamnya. Sejak tahun 1992, MUI sudah mengkaji munculnya aliran ini, terutama soal isi ajarannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya