Gitar Kurt Cobain di Video Smells Like Teen Spirit Dilelang Rp73,2 M

Vokalis Nirvana Kurt Cobain
Sumber :
  • VIVA/billboard.com

VIVA – Gitar elektrik mythical  Fender Mustang 1969 milik Kurt Cobain yang dipakai di video klip Nirvana 'Smells Like Teen Spirit' dilelang dengan nilai mencapai USD5 juta atau sekitar Rp73,2 miliar di Julien's Auction pada 22 Mei lalu.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Gitar tersebut terjual kepada Jim Irsay Collection dari Indianapolis setelah memenangkan perang penawaran dengan para kolektor dari seluruh dunia. Mereka berpartisipasi dalam lelang online dan melalui telepon.

Gitar legendaris itu terjual hampir USD4,5 juta, melebihi dari harga estimasi awalnya USD600 ribu.

Mobil Rubicon Mario Dandy Dilelang! Harga Limitnya Rp809 Juta

Cobain menganggap Fender Mustang 1969 sebagai salah satu gitar favorit yang selalu dibawanya.

"Aku kidal, dan tidak begitu mudah untuk menemukan gitar kidal kualitas tinggi dengan harga masuk akal. Tapi dari semua gitar di seluruh dunia, Fender Mustang adalah favoritku. Aku hanya memiliki dua di antaranya," ujarnya dalam wawancara terakhir dengan Guitar World dikutip laman Variety.

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Gitar itu juga digunakan di studio rekaman selama sesi rekaman album Nevermind dan In Utero, begitu juga dengan berbagai pertunjukan live.

Gitar legendaris Kurt Cobain dilelang.

Photo :
  • Variety.

Gitar itu dengan bangga dipamerkan di Experience Music Project Seattle, kini dinamai MoPOP Museum of Pop Culture, dan difoto serta terpilih untuk Guitar Collection yang prestisius.

Sebagai dukungan terhadap Bulan Kesadaran Kesehatan Mental, keluarga Cobain mendonasikan sebgain dari penjualan gitar dan benda-benda Cobain terpilih lainnya untuk Kicking The Stigma, gerakan dari Irsay untuk meningkatkan kesadaran akan gangguan kesehatan mental dan menghilangkan stigma yang terkait penyakit ini.

"Memiliki gitar legendaris ini, salah satu benda seni signifikan dan bersejarah dari Kurt Cobain dan di seluruh sejarah musik rock kembali ke kampung halamanku Indiana, menjadi bagian dari koleksi memorabilia Irsay adalah kehormatan besar dan garis besar dalam hidupku," ujar Darren Julien, presiden dan CEO Julien's Auction.

Saat Nirvana menggebrak dunia musik dengan lagu Smells Like Teen Spirit di tahun 1991, band itu tidak tahu guncangan apa yang telah mereka lepaskan ke dunia musik. Lagu itu akan terus menjadi penanda seni dalam sejarah dengan menggembar-gemborkan era grunge alternatif 90-an dan menjadi salah satu lagu serta video musik ikonik sepanjang waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya